RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : 2 / 1
Tema / Topik : Tema 1 =
Hidup Rukun
Sub Tema : HidupRukun di Masyarakat
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan ( 5 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerimadanmenjalankanajaran
agama yang dianutnya
2.
Memilikiperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, santun, peduli,
danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, dan guru.
3.
Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati
(mendengar, melihat, membaca) danmenanyaberdasarkan rasa
ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang
dijumpainya di rumahdan di sekolah
4. Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang jelasdanlogis,
dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkananaksehat,
dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia
B. KOMPETENSI
DASAR / IDIKATOR
1. PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku
toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai
perwujudan moral Pancasila
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah dan sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.4.6 Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama
teman di sekitar rumah dalam keragaman kegemaran/hobi.
4.4.13
Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis
kelamin,kegemaran, dan sifat/karakter.
2. MTK
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,
tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah
dalam mengerjakan tugas.
3.1 Mengenal bilangan aslisampai 500 dengan
menggunakan blok Dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
Indikator
3.1.7 Mengurutkan bilangan sampai 500.
3.1.8 Membilang loncat.
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana
dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.
3. Bahasa Indonesia
1.1
Menerima anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki
perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa
daerah
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5 Menggunakan
teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan
teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.7 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun
dalam kemajemukan teman.
4.5.4
Membaca teks pemintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan
teman.
4. SBDP
1.1 Menikmati keindahan alam
dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide
dalam berkarya seni
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya
dalam membuat karya seni rupa.
4.1 Menggambar ekspresidengan mengolah
garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan
sekitar.
Indikator
3.1.1 Megidentifikasi bahan-bahan dalam membuat
karya seni rupa.
4.1.1 Menggambar bermacam-macam garis.
4.1.2 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis.
4.1.3 Mewarnai gambar ekspresi.
D. TUJUAN
1. Denganmendengarkanbacaan “MembuangSampah di
TempatSampah”,
siswamengenalkalimatpermintaanmaafuntukmenjagasikaphiduprukundalamkemajemukantemandenganpercayadiri.
2. Denganmembacateksbacaan “MembuangSampah di
TempatSampah”, siswadapatmengidentifikasicontohsikaphiduprukundalamkemajemukantemandenganteliti.
3. Denganmemperhatikangambarpembagiankelompokgotongroyong,
siswadapatmembilangloncatdenganteliti.
4. Denganmengamatiangka yang
terdapatdalamgambarpembagiankelompokgotongroyong, siswadapatmengurutkanbilangansampai
500 denganteliti.
5. Denganmengamatibarisanbilangan,
siswadapatmenentukanpola-polabilangansederhanadenganmenggunakanbilangankurangdari
100 denganteliti.
6. Denganmengurutkangambaracak,
siswadapatberperilakurukundengansetiapteman di sekitarrumah yang
berbedajeniskelamin, kegemaran, dansifat (karakter) dengansantun.
7. Denganmenggunakanalattulis,
siswadapatmenggambarbermacam-macamgarisdenganteliti.
8. Denganmenggambarbermacam-macamgaris,
siswadapatmenggambarekspresidenganmengolahgarissecarateliti.
9. Denganmenulisceritatentangpengalaman,
siswadapatmenyebutkanbentuk-bentukkegiatanbersamateman di
sekitarrumahdalamkeragamankegemaran/hobidengansantun.
10. Denganmenggambarekspresiberdasarkanolahangaris,
siswadapatmewarnaigambarekspresidenganteliti.
11. Denganmengamatigambarekspresi,
siswadapatmengidentifikasibahan-bahandalammembuatkaryasenirupadenganteliti.
E. MATERI
1. Membaca lancar teks permintaan maaf untuk
menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
2. Membilang loncat.
3. Mengurutkan bilangan sampai 500.
4. Berperilaku rukun dengan setiap teman di
sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat (karakter).
5. Menggambar bermacam-macam garis.
6. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis.
7. Mewarnai gambar ekspresi.
8. Megidentifikasi bahan-bahan dalam membuat
karya seni rupa.
F. METODE
dan PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
Media danAlatPembelajaran
•
Gambarlingkunganperumahan yang kotor.
• Teksbacaan
“MembuangSampah di TempatSampah”.
•
Gambarpembagiankelompokgotongroyong.
• Gambaracak.
• Alattulis.
• Bukugambar.
SumberBelajar
BukuTematikTerpaduKelas II Kurikulum
2013 KementerianPendidikandanKebudayaan
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
þ
Mengajaksemuasiswaberdo’amenurutAgamadankeyakinanmasing-masing (untukmengawalikegiatanpembelajaran)
þ
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
þ
MengamatigambartentangHidupRukun
þ
Dilanjutkandenganbertanyajawabtentanggambar.
þ
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang “HidupRukun di Sekolah”
|
10 menit
|
Inti
|
Ø
Guru
membimbingsiswauntukmengamatigambarlingkunganperumahan yang
kotordenganteliti(mengamati).
Ø
Siswamengamatigambarlingkunganperumahan
yangkotor (mengamati).
Ø
Siswamengamatigambarwarga
yang bergotongroyongmembersihkanlingkungan (mengamati).
Ø
Siswamenanyatentanggambarlingkunganperumahanyang
kotor (menanya).
Ø
Siswamenanyatentanggambarwarga
yang bergotongroyongmembersihkanlingkungan (menanya).
Ø
Siswamenceritakantentanggambarlingkunganperumahanyang
kotor (mengomunikasikan).
Ø
Siswabolehmenggunakanbahasadaerahnya.
Ø
Guru
membimbingsiswauntukmendengarkanteks “MembuangSampah di TempatSampah” yang
dibacakanguru denganpercayadiri (mencoba).
Ø
Siswamendengarkan guru
membacakanteks “MembuangSampah di TempatSampah” (mencoba).
Ø
Siswamembacalancarteks
“MembuangSampah di TempatSampah” (mencoba).
Ø Siswamembuatkalimatpermohonanmaafsesuaiteksbacaan
“MembuangSampah di TempatSampah” (mencoba).
Ø
Siswamengidentifikasicontohsikaphiduprukundalamkemajemukanteman
(menalar).
Ø
Siswamemperhatikangambarberangkapembagiankelompokgotongroyong
(mengamati).
Ø
Siswamemperhatikanangka
yang adapadagambar (mengamati).
Ø
Siswamenyebutkanangka
yang adapadagambarsecaraberurutanyaitubilanganloncat 2 (menalar).
Ø
Siswamengerjakanlatihandenganmengisibilangan
yang hilangdariurutan yang sudahditentukanpadagarisbilangan (mencoba).
Ø
Siswamengurutkanbilangansampai
500 (menalar).
Ø
Siswamengurutkanbilangandari
yang terbesarsampai yang terkecil (menalar).
Ø
Siswamemperhatikangarisbilangan
yang terdapatpadaBukuSiswa (mengamati).
Ø
Siswamenentukanbilanganloncat
(menalar).
Ø
Siswamenuliskanbilangan
yang hilang (mencoba).
Ø
Siswamenentukanpolabilanganpadabarisbilangan
(menalar).
Ø
Siswamemperhatikangambar
(mengamati).
Ø
Siswamembacatekspercakapansederhanapadaketerangangambar
(mencoba).
Ø
Siswamengurutkangambar
(menalar).
Ø
Siswaberperilakurukundengansetiapteman
di sekitarrumah yang berbedajeniskelamin, kegemaran, dansifat/karakter
(mencoba).
Ø
Guru
membimbingsiswauntukbercerita di depankelasdenganbahasa yang santun.
Ø
Siswamengingatpengalaman
yang pernahdialami (mengamati).
Ø
Siswamembacapertanyaan
yang bisamemanduberceritadenganurut (mencoba).
Ø
Siswamenjawabpertanyaan
yang bisamemanduberceritadenganurut (menalar).
Ø
Siswamenuliscerita
yang dibuatnya (mencoba).
Ø
Siswaberceritadi
depankelas (mengomunikasikan).
Ø
Guru
membimbingsiswauntukmenggambarekspresidenganmengolahgarisdenganpercayadiri.
Ø
Siswamempersiapkanalattulisdanbukugambar
(mencoba).
Ø
Siswamenggambarbermacam-macamgaris
(mencoba).
Ø
Siswamenggambarekspresidenganmengolahgaris
(mencoba).
Ø
Siswamewarnaigambarekspresi
(mencoba).
Ø
Siswamengidentifikasibahan-bahandalammembuatkaryasenirupa
(menalar).
Ø
Siswabertanyajawabtentangmateri
yang belumdipahami (menanyadanmenalar).
Ø
Guru
memberikanpenghargaanterhadapprestasibelajarsiswa,
misalnyadenganpenghargaansecara verbal.
Ø
Siswadiarahkanmenyimpulkanpelajaran
(mengomunikasikan).
|
150 menit
|
Penutup
|
þ
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
|
15 menit
|
þ
Melakukanrefleksidengancarabertanyajawabtentangmateri
yang telahdipelajari
þ
Melakukan penilaian
hasil belajar
|
|
|
þ
Mengumpulkanhasilkerjasebagaibahanforto folio
þ
Melaksanakantindaklanjut
þ
Mengajaksemuasiswaberdoamenurut agama
dankepercayaanmasing-masing
|
|
|
·
Mengamatisikapsiswadalamberdo’a (sikapduduknya,
caramembacanya, caramelafalkannyadsb)
·
Apabilaadasiswa yang kurangbenardankurangsempurnadalamberdo’a,
makasetelahselesaikegiatanberdo’a, langsungdiberinasehat agar
besokkalauberdoalebihdisempurnakan
|
|
I. PENILAIAN
1. Teknik
Penilaian
a. Penilain
Sikap
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b. PenilaianPengetahuan
( testertulis)
Menggunakaninstrumenpenilaianhasilbelajardengantestulisdanlisan
(terlampir)
c. Penilaianketerampilan
(UnjukKerja)
BENTUK INSTRUMEN
1. PenilaianSikap
No
|
Nama Siswa
|
PerubahanTingkahLaku
|
|||||||||||
PercayaDiiri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
Instrumenpenilaian:
testertulis (isian)
TesTertulis:
Skor
1. Menentukanbilanganloncat.
2. Menulisbilangan yang hilang.
3. Menentukanpoladeretbilangan .
BanyakSoal:
1. 2 soal
2. 2 soal
3. 2 soal
1.
1. Bilangan 101 loncatmaju 10 menjadi .
. . .
2. Bilangan 101 loncatmaju 11
menjadi . .
. .
2.
1. 37 48 . . . . 70
81
2.
58 69 . . . . . . . . …..
3.
KunciJawaban
3. Keterampilan
a. Penilaian: unjukkerja
RubrikPenilaianKemampuanMembacaLancar
b. Penilaian:
Pengamatan
PenilaianMenggambarEkspresidenganMengolahGaris
RubrikPenilaianMenyanyiLaguPeramahdanSopandenganMemainkanAlatMusikRitmik
HasilPengamatanMenggambarEkspresidenganMengolahGaris
c. Penilaian:
UnjukKerja
RubrikPenilaianKemampuanMembuatCeritatentangKegiatanBersamaTeman
di sekitarRumahdalamKeragamanKegemaran
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Nina Nurhayati, S.Pd.
NIP -
|
|
Cipatat,
2014
Guru Kelas 2
Nina Nurhayati, S.Pd.
NIP -
|