RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SD
Tema
: Hidup Rukun
Kelas/Semester : II/1
Sub Tema :
Hidup Rukun dengan Teman Bermain
Pembelajaran : 1
Alokasi
Waktu : 6 X 35 Menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur ,tanggung jawab,
santun,peduli,dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman dan
guru
3. Memahami pengatahuan factual dengan cara mengamati (
mendengar,melihat,membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya ,mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya.
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis , dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat ,d,an dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
PJOK
1.
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh
perangkat gerak dan kemampuannya
sebagai
anugerah Tuhan (KD pada KI-1)
2.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain(KD
pada KI-2)
3.
3.1 Mengetahui konsep gerak variasi
gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan yang sederhana atau
tradisional
4.
3.3 Mengetahui konsep gerak variasi pola
gerak dasar manipulatife dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau
permaianan tradisional
5.
4.1 Mempraktikan variasi pola gerak
dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana atau tradisional
6.
4.3 Mempraktikan variasi pola gerak
dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana atau permainan tradisional
MATEMATIKA
1.
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya(KD pada KI-3)
2.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti,
jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli,disiplin waktu serta tidak mudah
menyerah dalam mengerjakan tugas
3.
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500
dengan menggunakan blok dienes ,pengelompokan benda-benda di sekitar
rumah,sekolah atau tempat bermain
Indikator
3.113
Membaca lambang bilangan sampai 500
3.114
Menulis lambang bilangan sampai 500
4.
4.1 Memprediksi pola-pola sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
Indikator
4.1.2
Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan
yang
kurang dari 100
SBDP
1.
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya
seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk
berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda
birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat music ritmis
Indikator
3.2.1
Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat music ritmis
4.
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana
dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna
Indikator
4.7.1
Membuat lagu anak-anak sederhana dengan
kata-kata sendiri yang bermakna
4.7.2
Menyanyikan lagu anak-anak sederhana
dengan kata-kata sendiri yang bermakna
BAHASA INDONESIA
1.
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa Indonesia yang
dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar ditengah keberagaman bahasa daerah.
2.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur
dalam percakapan tentang hidup rukun
dalam kemajemukan keluarga melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan
bahasa daerah.
3.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kema-
jemukan keluarga dan teman dalam bahasa
Indoneia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
Indikator
3.5.7 Mengidentifikasi contoh sikap
hidup rukun dalam kemajemukan teman
4.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam
Kemajemukan keluarga dan teman secara
mandiri bahasa Indonesia lisan
dan tulisan yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk mem-
bantu penyajian.
Indikator
4.5.4
Membaca teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam kema-
jemukan
teman
PPKN
1.
1.2 Menerima kebersamaan dalam
keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa di lingkungan rumah dan
sekolah
2.
2.1Menunjukkan perilaku toleransi, kasih
saying, jujur, ,disiplin, tanggung
jawab, santun,peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru sebagai perwujudan moral
pancasila
3.
3.3Memahami makna keberagaman
karakteristik individu di rumah dan di se-
kolah
Indikator
3.3.9Mengidentifikasi keberagaman teman
barmain di sekitar rumah berdasar-
kan kegemaran
4.
4.3Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah
Indikator
4.3.7Menceritakan perilaku rukun dengan teman
bermain di sekitar rumah
Catatan:
KD-1
dan KD-2 dari KI-1 dan KI-2 tidak harus dikembangkan dalam indikator karena
keduanya dicapai melalui proses pembelajaran yang tidak langsung. Indikator
dikembangkan hanya untuk KD-3 dan KD-4 yang dicapai melalui proses pembelajaran
langsung.
C. Tujuan Pembelajaran
a. Dengan
teks percakapan tentang hidup rukun , siswa dapat membaca teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti,cermat,peduli
,tanggung jawab
b. Dengan
membaca teks percakapan , siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun
dalam kemajemukan teman dengan teliti
c. Dengan
membaca teks percakapan , siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman
bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran dengan teliti
d. Dengan
kegiatan menulis cerita tentang hidup rukun , siswa dapat menceritakan perilaku
rukun dengan teman bermain di sekitar rumah dengan bahasa yang santun
e. Dengan
memperhatikan demonstrasi guru tentang pola irama lagu , siswa dapat
mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis
dengan teliti,cermat
f. Dengan
bimbingan guru dan mengamati contoh syair lagu ,siswa dapat membuat lagu
anak-anak sederhana menggunakan kata-kata sendiri yang bermakna dengan percaya diri,cermat.
g. Dengan
lagu yang dibuat , siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak sederhana menggunakan
kata-kata sendiri yang bermakna dengan percaya
diri, cermat,sportif.
h. Dengan
mengamati beberapa lambang bilangan yang ada pada gambar, siswa dapat membaca
lambang bilangan sampai 500 dengan percaya diri
i. Dengan
penugasan, siswa dapat menulis lambang bilangan sampai 500 dengan teliti,jujur.
j. Dengan
mengamati contoh deret bilangan,siswa dapat membuat pola-pola bilangan
sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti,jujur.
D. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi
Pokok)
Hidup Rukun dengan Teman Bermain ( pembelajaran 1)
E. Metode Pembelajaran (Rincian dari
Kegiatan Pembelajaran)
-tanya jawab,
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :Gambar
2.
Alat/Bahan :
3.
Sumber Belajar : Buku guru dan buku siswa hal: 52-62
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan
Kesatu:
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 15 menit)
Salam pembuka dan
memulai kegiatan dengan berdoa.
Apersepsi:
Siswa menirukan tepuk IKROM
yang dicontohkan guru.
b. Kegiatan
Inti (180 menit)
-siswa mengamati
gambar tentang bermain sepeda
-Siswa bertanya jawab
dengan guru tentang gambar tersebut
- siswa
mendeskripsikan gambar yang diamati (mengamati)
-Siswa membuat kalimat
yang sesuai dengan gambar tersebut
-Guru
memberikan contoh percakapan tentang bermain dalam kerukunan
- siswa membaca
percakapan tentang bermain dalam kerukunan dengan memperhatikan EYD
- siswa membuat
pertanyaan dari teks bacaan teks percakapan
-
siswa mengajukan pertanyaan berdasarkan pertanyaan yang dibuat dengan temannya
di depan kelas
- siswa
menjawab pertanyaan yang diajukan temannya[menalar]
-siswa
kembali mengamati gambar yang mencerminkan hidup rukun dalam keberagaman
[mengamati]
-siswa
mengidentifikasi gambar berdasarkan gambar yang diamati[menalar]
-siswa
membaca balon percakapan berdasarkan gambar yang diamati
-siswa
bertanya jawab tentang balon percakapan yang dibaca [menalar dan
mengkomunikasikan]
-siswa
diarahkan menuli isi cerita balon percakapan yang dibaca[mengkomunikasikan]
-guru
mengarahkan siswa agar menulis dengan ejaan yang benar
-siswa
membaca tulisan yang telah dibuat [mengomunikasikan]
-setelah
membaca tulisan yang telah dibuat ,siswa menceritakan pengalamannya tentang
kerukunan ketika bermain dengan bahasa yang santun[mengomunikasikan]
-siswa
menjawab pertanyaan dari cerita yang didengar[menalar]
-siswa
menjelaskan manfaat hidup rukun ketika bermain di sekitar rumah
teman[mengomunikasikan]
-siswa
menjelaskan akibat tidak bersikap rukun ketika bermain di sekitar
rumah[mengomunikasikan]
-siswa
menyanyikan lagu “ Di Sini Senang Di Sana Senang” sesuai dengan teks lagu yang
dengan memperhatikan tempo dan irama[mencoba]
-guru
membimbing siswa agar dapat menyanyi dengan percaya diri dan semangat
-siswa
membuat syair lagu tentang kerukunan [mencoba]
-syair
lagu adalah kata-kata di dalam lagu
-syair
lagu yang dibuat disesuaikan dengan irama lagu “ Di Sini Senang Di Sana Senang”
-apabila
siswa mengalami kesulitan ,berilah contoh atau mulailah dengan kalimat yang
dibuat oleh guru atau ditambahkan siswa yang lain
-siswa
juga dapat hanya dengan mengganti beberapa kata saja sesuai dengan lagunya
-siswa
diarahkan mencari pasangan untuk saling bertanya tentang syair yang dibuat
-siswa
membuat pertanyaan berdasarkan lagu teman pasangannya (menalar dan
mengomunikasikan)
-siswa
kemudian saling menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan yang diajukan
temannya[menalar dan mengomunikasikan]
-siswa
membaca teks bacaan yang memuat nomor rumah (mengamati)
-siswa
mengamati gambar dua rumah yang ada nomor rumahnya(mengamati)
-siswa
membaca lambang bilangan yang diamati(mengamati)
-siswa
menulis lambang bilangan dari soal yang ada pada bukunya( mencoba)
-siswa
menulis bacaan lambang bilangan dengan tulisan tegak bersambung pada lembar
kerja yang ada di bukunya (mencoba)
-Siswa
mengamati pola barisan bilangan [mengamati]
-Siswa
membuat pola-pola bilangan sederhana yang ada pada lembar bilangannya[mencoba]
-Siswa
diarahkan mengajukan pertanyaan tentang materi yang belum dipahami [menanya]
-Siswa
menyimpulkan pelajaran dengan bahasa sendiri.
c. Penutup
(15 menit)
-Siswa membuat kesimpulan dalam bentuk tulisan
sederhana
-Siswa
membuat kesimpulan dalam bentuk lisan dengan cara bercerita tentang hasil
mengamati gambar,identifikasi masalah sampai pengolahan data
H.
Penilaian
1.
Jenis/teknik penilaian
a.
Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Perubahan
|
Tingkah
|
Laku
|
|
|
|
|
|
|
|
Percaya
|
Diri
|
Teliti
|
|
Santun
|
|
|
|
|
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Pengetahuan
Membaca
lambang bilangan
Tes
tertulis : Skor
Jumlah
soal : 5 soal
Contoh
intrumen Matematika:
Bacalah
bilangan di bawah ini dengan teliti !
1.
234 4. 274 7. 299
2.
188 5. 173 8. 147
3.
199 6.
123
Menulis
lambang bilangan
Tes
tulis : skor
Jumlah
soal : 5 soal
Contoh
Instrumen Bahasa Indonesia :
1.
Amatilah gambar anak bermain sepeda!
2.
Buatlah beberapa kalimat sesuai gambar
tersebut!
Kunci
Jawaban :
1.
Kebijaksanaan guru
2.
-Ada 2 anak sedang bermain sepeda
-mereka
menggunakan sepeda kecil dengan bersama-sama
-mereka
kelihatan sangat senang sekali
Contoh
Instrumen SBDP :
1.
Nyanyikanlah lagu “ Disini Senang Di Sana
Senang” secara berpasangan!
2.
Buatlah pertanyaan dan jawaban sesuai
dengan syair lagu “ Disini Senang Di Sana Senang”!
Kunci
Jawaban:
1.
Kebijakan Guru
2.
Bagaimana irama lagu “ Disini Senang Di Sana
Senang”? dua perempat
Contoh Instrumen PPKN:
1.
Sebutkan contoh hidup rukun dengan teman
bermain di rumah!
Kunci
Jawaban:
1.
-Saling meminjamkan barang milik ke
teman
-Saling
tolong menolong
c.
Keterampilan
1.
Membuat pertanyaan tentang kerukunan
Udin dan Edo
Penilaian
: Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Membuat pertanyaan tentang kerukunan Udin dan Edo
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Keesuaian pertanyaan
dengan tema
|
Pertanyaan
sesuai dengan tema lebih variatif
|
Pertanyaan
sesuai dengan tema
|
Pertanyaan
kurang sesuai dengan tema
|
Pertanyaan
tidaksesuai dengan tema
|
2
|
Penggunaan
huruf besar,dan tanda baca
|
Menggunakan
huruf besar(awal kalimat,nama orang,tanda Tanya di akhir kalimat
|
Terdapat 1
kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda tanya
|
Terdapat 2
kesalahan
dalam penggunaan huruf besar dan tanda tanya
|
Mengabaikan
huruf besar dan tanda tanya
|
2.
Menulis Cerita Berdasarkan Urutan Gambar
Penilaian
: untuk kerja
Rubrik
Penilaian Menulis Cerita Berdasarkan Urutan Gambar
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Penggunaan
huruf besar, dan tanda baca
|
Menggunakan
huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di
akhir kalimat
|
Terdapat 1-2
kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
|
Terdapat lebih
dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
|
Tidak satu pun
kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik
|
2
|
Kesesuaian
cerita yang ditulis dengan tema dan urutan gambar
|
Seluruh isi
cerita yang ditulis sesuai tema dan urutan gambar
|
Setengan atau
lebih isi cerita sesuai dengan tema dan urutan gambar
|
Hamper
keseluruhan cerita kurang sesuai dengan tema dan urutan gambar
|
Cerita tidak sesuai
tema dan urutan gambar
|
3
|
Penulisan
|
Penulisan kata
yang sudah tepat
|
Terdapat 1-2
kata yang belum tepat penulisannya
|
Terdapat lebih
dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Seluruh kata
belum tepat dalam penulisan
|
4
|
Penggunaan
kalimat yang efektif
|
Seluruh
kalimat menggunakan kalimat yang efektif
|
Terdapat 1-2
kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif
|
Terdapat lebih
dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif
|
Seluruh
kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif
|
3.
Membuat syair lagu tentang kerukunan
Penilain:
Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Membuat pertanyaan tentang kerukunan Udin dan Edo
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Keesuaian
syair dengan tema
|
Seluruh isi
syair sesuai tema
|
Setengah atau
lebih isi syair sesuai tema
|
Hampir
keseluruhan isi syair kurang sesuai tema
|
syair tidak
sesuai tema
|
2
|
Kesesuaian
syair dengan irama lagu
|
Seluruh
kalimat pada syair sesuai irama lagu
|
Terdapat 1-2
kalimat pada syair kurang sesuai irama lagu
|
Lebih dari 2 kalimat
pada syair kurang sesuai irama lagu
|
Seluruh
kalimat pada syair kurang sesuai irama lagu
|
Skor Penilaian = Skor Perolehan X 100%
Skor Maximum
(sumber:
Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013: Lampiran IV)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar