RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN CILENGGANG 2
Kelas : 5
Tema / Topik : Hidup Rukun
Minggu ke : 1

Alokasi Waktu : Pembelajaran
A. KOMPETENSI INTI
þ Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
þ Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah
þ Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
KOMPETENSI DASAR KI 1
dan KI 2 TEMA 3. SUB TEMA 1
|
|
Bahasa Indonesia
KI 1 dan KI 2
|
1.1
Meresapi makna anugerah Tuhan
Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih
unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang
Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi
listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung
jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin
tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan
perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.3 Memiliki sikap disiplin dan rasa
cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4 Memiliki kesetiaan,
dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
|
KI3 dan KI 4
|
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor
sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3 Menyajikan teks
paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
|
Matematika
KI 1 dan KI 2
|
2.1
Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam mencari akar
bilangan sederhana
2.2
Menghargai pendapat atau gagasan teman tentang usulan memecahkan masalah,
penyajian data atau pekerjaan matematika lainnya
2.3
Menunjukkan perilaku adil dalam membuat pola pergeseran tempat duduk secara
bergiliran dengan menggunakan gambar denah tempat duduk di kelas
2.4
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin dan bertanggung jawab dalam melakukan
pengumpulan data, pengolahan data, dan melaporkan hasil pengamatan
2.5
Menunjukkan perilaku jujur dalam melaporkan hasil pengamatan/melakukan
percobaan menemukan hubungan keliling, luas dan diameter lingkaran dengan
apa adanya
2.6
Menunjukkan prilaku disiplin tepat waktu dengan berdasar pada pengelolaan
waktu untuk pergi ke tempat tertentu dengan mempertimbangkan kondisi lalu
lintas, jarak, dan kecepatan
2.7
Menunjukkan perilaku cermat dalam mendata jarak dan waktu yang diperlukan
oleh tiap teman sekelas dari rumah masing-masing ke sekolah
2.8
Menunjukkan perilaku cermat dalam mendata jarak dan waktu yang diperlukan
oleh tiap teman sekelas dari rumah masing-masing ke sekolah
|
KI3 dan KI 4
|
3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala
4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model
matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan
antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya
|
IPA
KI 1 dan KI 2
|
1.1 Bertambah keimanannya dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah
dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri
maupun berkelompok
|
KI3 dan KI 4
|
3.4 Mengenal
rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
4.3 Merancang dan
membuat rangkaian seri dan parallel menggunakan sumber arus searah
|
IPS
KI 1 dan KI 2
|
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang
telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam
berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang
telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.1 Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggungjawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan
oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan kebangsaan dalam
menumbuhkan rasa kebangsaan
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, sopan,
estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga
sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3
Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi
penanggulangan permasalahan lingkungan hidup
|
KI3 dan KI 4
|
3.4 Memahami
manusia Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan peran
kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia
4.4 Menceritakan
secara tertulis pemahaman tentang manusia Indonesia dan aktivitasnya yang
yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya,
dalam masyarakat Indonesia
|
PPKN
KI 1 dan KI 2
|
1.1
Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa
pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat,
sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
1.2
Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.1
Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui
kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan
kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela
berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2
Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi,
budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai
Pancasila dan UUD 1945
2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan
atas dasar musyawarah mufakat
2.4 Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam
kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat
|
KI3 dan KI 4
|
3.4 Memahami
nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah,
sekolah dan masyarakat
|
SBdP
KI 1 dan KI 2
|
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman
karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri
dalam mengolah karya seni
2.2 Menghargai alam dan lingkungan
sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin,
tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
2.4
Menunjukkan kemampuan bekerja sama dan berinteraksi dengan menggunakan
bahasa daerah di lingkungan sekitar
|
KI3 dan KI 4
|
3.2 Mengenal
harmoni musik dan lagu daerah
4.6 Memainkan alat
musik ritmis secara berkelompok dengan iringan vokal lagu anak-anak dua suara
|
INDIKATOR TEMA 3 SUB TEMA 1. HIDUP
RUKUN PB 1
|
BAHASA INDONESAI
3.3 Menguraikan
isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi
antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
ü
Mencari
iklan tentang ekspor impor.
ü
Mengamati
iklan tentang ekspor impor.
ü
Menuliskan
kosakata baru yang digunakan dalam iklan dan artinya.
4.3 Menyajikan
teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
ü Menjelaskan
isi iklan
|
MATEMATIKA
3.4
Mengenal konsep perbandingan dan skala
ü
Menjelaskan
perbandingan
ü
Memecahkan
masalah sederhana yang melibatkan perbandingan
4.13
Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih
strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang
berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas,
serta memeriksa kebenaran jawabnya
ü
Menuliskan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan.
ü
Menerapkan strategi yang tepat untuk
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
ü •
Memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
konsep perbandingan
|
MATERI
Bahasa Insonesia
|
Iklan
|
Matematika
|
Konsep perbandingan
|
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya
Jawab, Diskusi Dan Ceramah
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
Menanyakan keadaan siswa dan berdoa
Apersepsi , motivasi dan menginformasikan tujuan pembelajaran, serta
penilaian yang akan dilakukan
|
|
Kegiatan inti
|
Mengamati
gambar dan berdiskusi, untuk mencari iklan tentang ekspor impor
• Menggali informasi dari teks bacaan
dan mengamati iklan tentang ekspor impor
• Mencermati sebuah iklan, dan
menuliskan kosakata baru yang digunakan dalam iklan dan mendefinisikan
artinya
• Mencermati iklan dan berdiskusi untuk
menjelaskan isi sebuah iklan dengan percaya diri
• Mengolah informasi dari sebuah cerita
kontekstual, dan menjelaskan tentang perbandingan dan menuliskan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
• Mencermati tabel informasi harga, dan
menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan konsep perbandingan
• Berlatih menyelesaikan soal cerita,
dan memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan dan memeriksa
kebenaran jawabannya
|
|
Penutup
|
Kesimpulan tentang pembelajaran hari ini
Pemebrian tugas dan kesiapan belajar esok hari
Doa
|
SUMBER DAN MEDIA
þ Bukupaket
þ Pengamatansiswa
þ Pengamatan lingkungan
þ Bukupaket
þ Internet
þ Alatukur
þ Buku ajar
þ Peraga macam aktivitasfisik
þ Teks lagu satunusa satu bangsa, teks sumpah pemuda, peta Indonesia, buku teks
þ Contoh kartuu capan
þ Teks cerita, gambar-gambar binatang
PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal
sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir)
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
ü Penilaian Kinerja
ü Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar
ü Pilihan ganda
ü Isian singkat
ü Esai atau uraian
SOAL
1. Apakah
yang dimaksud ekspor itu?
2. Apakah
yang dimaksud dengan import itu?
3.
Bagaimanakah bentuk perbandingannya jika harga
sepatu A Rp. 100.000,- dan sepatu B Rp. 150.000,-?
4. Analisalah
peryantaan berikut:
“Jumlah
ekspor suatu negara mempengaruhi jumlah pendapatan negara.”
5. Amatilah
lingkungan sekitarmu.
Temukan
3 contoh perbandingan
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
........, ...................... 20....
Guru Kelas V
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar