RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN CILENGGANG 2
Kelas : 5
Tema / Topik : Hidup Rukun
Minggu ke : 1

Alokasi Waktu : Pembelajaran
A. KOMPETENSI INTI
þ Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
þ Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah
þ Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
KOMPETENSI DASAR KI 1
dan KI 2 TEMA 3. SUB TEMA 1
|
|
Bahasa Indonesia
KI 1 dan KI 2
|
1.1 Meresapi
makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui
sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu
pengetahuan
1.2
Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus
makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata
surya
2.1
Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan
lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.2
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran
panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia
2.3
Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan
serta layanan masyarakat daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4 Memiliki
kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
|
KI3 dan KI 4
|
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor
sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3 Menyajikan teks
paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
|
Matematika
KI 1 dan KI 2
|
2.1 Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan
mengikuti prosedur dalam mencari akar bilangan sederhana
2.2 Menghargai pendapat atau gagasan teman tentang
usulan memecahkan masalah, penyajian data atau pekerjaan matematika lainnya
2.3 Menunjukkan perilaku adil dalam membuat pola
pergeseran tempat duduk secara bergiliran dengan menggunakan gambar denah
tempat duduk di kelas
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin dan
bertanggung jawab dalam melakukan pengumpulan data, pengolahan data, dan
melaporkan hasil pengamatan
2.5 Menunjukkan perilaku jujur dalam melaporkan
hasil pengamatan/melakukan percobaan menemukan hubungan keliling, luas dan
diameter lingkaran dengan apa adanya
2.6 Menunjukkan prilaku disiplin tepat waktu
dengan berdasar pada pengelolaan waktu untuk pergi ke tempat tertentu dengan
mempertimbangkan kondisi lalu lintas, jarak, dan kecepatan
2.7 Menunjukkan perilaku cermat dalam mendata
jarak dan waktu yang diperlukan oleh tiap teman sekelas dari rumah
masing-masing ke sekolah
2.8
Menunjukkan perilaku cermat dalam mendata jarak dan waktu yang diperlukan
oleh tiap teman sekelas dari rumah masing-masing ke sekolah
|
KI3 dan KI 4
|
3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala
4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model
matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan
antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya
|
IPA
KI 1 dan KI 2
|
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur;
teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri
maupun berkelompok
|
KI3 dan KI 4
|
3.4 Mengenal
rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
4.3 Merancang dan
membuat rangkaian seri dan parallel menggunakan sumber arus searah
|
IPS
KI 1 dan KI 2
|
1.1
Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala
perubahannya
1.2
Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk
Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan
politik dalam masyarakat
1.3
Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.1
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab, peduli, santun dan
percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan
dan gerakan kebangsaan dalam menumbuhkan rasa kebangsaan
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal
ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3
Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi
penanggulangan permasalahan lingkungan hidup
|
KI3 dan KI 4
|
3.4 Memahami
manusia Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan peran
kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia
4.4 Menceritakan
secara tertulis pemahaman tentang manusia Indonesia dan aktivitasnya yang
yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya,
dalam masyarakat Indonesia
|
PPKN
KI 1 dan KI 2
|
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan
dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan
bermasyarakat
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan
berbangsa
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung
jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi
maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat
perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan
moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban
dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam
kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945
2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan
atas dasar musyawarah mufakat
2.4 Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam
kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat
|
KI3 dan KI 4
|
3.4 Memahami
nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah,
sekolah dan masyarakat
|
SBdP
KI 1 dan KI 2
|
1.1
Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1
Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
2.2
Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
2.3
Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam
sekitar melalui berkarya seni
2.4
Menunjukkan kemampuan bekerja sama dan berinteraksi dengan menggunakan
bahasa daerah di lingkungan sekitar
|
KI3 dan KI 4
|
3.2 Mengenal harmoni
musik dan lagu daerah
4.6 Memainkan alat
musik ritmis secara berkelompok dengan iringan vokal lagu anak-anak dua suara
|
INDIKATOR TEMA 3 SUB TEMA 1. HIDUP
RUKUN PB 4
|
PPKN
3.4
Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
Mengelompokkan
contoh dan bukan contoh tentang perilaku yang mencerminkan persatuan dan
kesatuan di sekolah.
4.4
Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan
masyarakat
Memeragakan
aktivitas siswa yang mencerminkan penerapan nilai-nilai persatuan dan
kesatuan.
|
BAHASA INDONESIA
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor
impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku
Mengidentifikasi
unsur-unsur dalam iklan.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor
impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Menjelaskan
unsur-unsur dalam iklan.
|
IPS
3.4 Memahami manusia Indonesia dalam aktivitas yang
yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya,
dalam masyarakat Indonesia
Mengenal
bentuk, fungsi, dan peran lembaga budaya yang ada di masyarakat
4.4 Menceritakan secara tertulis pemahaman tentang
manusia Indonesia dan aktivitasnya yang yang terkait dengan fungsi dan peran
kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia
Menceritakan
bentuk, fungsi, dan peran lembaga budaya yang ada di masyarakat.
|
MATEMATIKA
3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala
Memecahkan
masalah sederhana yang melibatkan perbandingan
4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model
matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan
antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya
Menuliskan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan.
Menerapkan
strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep
perbandingan
Memeriksa
kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep
perbandingan
|
MATERI
PPKN
|
Contoh
perilaku kesatuan dan Persatuan
|
Bahasa
Indonesia
|
Unsur –unsur
Iklan
|
IPS
|
Fungsi lembaga
budaya / kebudayaan
|
Matematika
|
Melibatkan
pemecahan masalah perbandingan
|
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya
Jawab, Diskusi Dan Ceramah
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
|
Pendahuluan
|
Menanyakan keadaan siswa dan berdoa
Apersepsi , motivasi dan menginformasikan tujuan
pembelajaran, serta penilaian yang akan dilakukan
|
|
|
Inti
|
Mengamati
lingkungan sekitarnya dan melakukan wawancara, untuk mengenal bentuk, fungsi
dan peran lembaga budaya yang ada di masyarakat
Menulis laporan
hasil wawancara siswa dan menceritakan peran dan fungsi lembaga budaya
Menggali
informasi dari teks bacaan dan menjelaskan kegiatan ekspor dan impor
Berhitung, dan
memecahkan masalah perbandingan
Berhitung, dan
menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep
perbandingan
Berhitung, dan
menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan konsep perbandingan
Berhitung dan
memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
konsep perbandingan
Menggali
informasi dari teks bacaan dan menceritakan pentingnya menjaga kerukunan
Mengamati
gambar, dan menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan persatuan dan
kesatuan dengan teliti
Mengamati
gambar, dan menjelaskan manfaat iklan dengan percaya diri
Merancang
pembuatan iklan ekspor impor
|
|
|
Penutup
|
Kesimpulan tentang pembelajaran hari ini
Pemebrian tugas dan kesiapan belajar esok hari
Doa
|
|
|
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal
sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir)
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
ü Penilaian Kinerja
ü Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar
ü Pilihan ganda
ü Isian singkat
ü Esai atau uraian
SOAL
1. Sebutkan
produk ekspor yang kamu ketahui!
2. Apa
yang dimaksud dengan ekspor budaya?
3. Apakah
arti kata nasionalisme?
4. Apa
fungsi lembaga budaya?
5.
Sebutkan perilaku yang tidak mencerminkan
persatuan dan kesatuan!
PENGAYAAN
1. Mengapa
Negara Indonesia melakukan ekspor budaya?
2. Apa
keuntungan dari ekspor budaya?
3. Mengapa
kita harus merasa bangga dengan kebudayaan Indonesia?
4. Bagaimana
cara kamu agar kebudayaan Indonesia dikenal negara lain?
5.
Sebutkan kesenian budaya yang kamu ketahui!
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
........, ...................... 20....
Guru Kelas V
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar