RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : 2 / 1
Tema / Topik : Tema 1 = Hidup Rukun
Sub Tema :HidupRukun di Masyarakat
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
( 5 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya
2.
Memilikiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun,
peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, dan guru.
3.
Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati
(mendengar, melihat, membaca) danmenanyaberdasarkan rasa
ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang
dijumpainya di rumahdan di sekolah
4.
Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang
jelasdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkananaksehat,
dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia
B. KOMPETENSI DASAR / IDIKATOR
3. Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di
tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan
jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.5 Mengenal teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan
teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan
teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.11 Menjelaskan manfaat hidup rukun
dalam kemajemukan.
4.5.10 Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup
dalam menyikapi kemajemukan.
2. PKN
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih
sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral
Pancasila.
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah dan sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.4.8 Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama
teman di sekitar rumah dalam keberagaman suku bangsa.
4.4.13 Berperilaku rukun dengan
setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat
(karakter).
1.
PJOK
1.1. Menghargai tubuh
dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri
sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan
prasarana pembelajaran.
3.6 Mengetahui konsep penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak
dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan
musik dalam aktivitas gerak ritmik.
Indikator
3.6.2
Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama dengan iringan musik dalam aktivitas
gelak ritmik.
3.6.4
Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama
(ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6.1 Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan)
4.6.2
Mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai irama.
D. TUJUAN
1. Denganmengamatigambargerakansenam,
siswadapatmengidentifikasipenggunaanvariasipolagerakdasarlokomotorsesuaiiramadenganiringanmusikdalamaktivitasgelakritmikdenganteliti.
2. Denganmengamatigambargerakansenam,
siswadapatmengidentifikasipenggunaanvariasipolagerakdasar
non-lokomotorsesuaiirama (ketukan)
denganiringanmusikdalamaktivitasgerakritmikdenganteliti.
3. Denganpemodelan,
siswadapatbergerakbebasmengikutiirama (ketukan) denganpercayadiri.
4. Denganpemodelan,
siswadapatmengayunkanlengankeberbagaiarahsesuaiiramadenganpercayadiri.
5. Denganmembacatekspercakapan,
siswadapatmenjelaskanmanfaathiduprukundalamkemajemukantemandenganpercayadiri.
6. Denganmenjawabpertanyaan, siswadapatmenerapkanpermintaanmaaf
demi menjagakerukunanhidupdalammenyikapikemajemukantemandenganpercayadiri.
7. Denganmembacateks “HariSenamBersama”,
siswadapatmenyebutkanbentuk-bentukkegiatanbersamateman di
sekitarrumahdalamkeragamansukubangsadenganmenggunakanbahasa yang santun.
8. Denganpenugasan,
siswadapatberperilakurukundengansetiapteman di sekitarrumah yang
berbedajeniskelamin, kegemaran, dansifat (karakter) denganpercayadiri.
E. MATERI
1. Mengidentifikasi penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor.
2. Mengidentifikasi penggunaan variasi pola
gerak dasar non-lokomotor.
3. Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan).
4. Mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai
irama.
5. Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam
kemajemukan teman.
6. Menerapkan permintaan maaf demi menjaga
kerukunan hidup.
7. Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama
teman di sekitar rumah.
8. Berperilaku rukun dengan setiap teman di
sekitar rumah.
F. METODE dan
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
Media danAlatPembelajaran
• Gambarberbagaigerakanlokomotordalamaktivitassenam..
SumberBelajar
BukuTematikTerpaduKelas II Kurikulum 2013
KementerianPendidikandanKebudayaan
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
þ
Mengajaksemuasiswaberdo’amenurutAgamadankeyakinanmasing-masing (untukmengawalikegiatanpembelajaran)
þ
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
þ
MengamatigambartentangHidupRukun
þ
Dilanjutkandenganbertanyajawabtentanggambar.
þ
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “HidupRukun di Masyarakat”
|
10 menit
|
Inti
|
Ø Guru
membimbingsiswauntukmengamatiberbagai
gambartentangberbagaigerakanlokomotordenganteliti
(mengamati).
Ø Siswamengamatiberbagaigambartentangberbagai
gerakanlokomotor (mengamati).
Ø Siswamenanyatentangberbagaigambartentangberbagai
gerakanlokomotor (menanya).
Ø Siswa lain
mendapatkankesempatanuntukmenjawab
pertanyaan yang diajukkantemannya (menalar).
Ø Siswamembacatekstentangkegiatanolahragaperumahan
Udin (mencoba).
Ø Siswamengamati
guru memberikancontohberbagai
gerakanlokomotor (mengamati).
Ø Siswamenirukangerakansesuai
yang dicontohkan guru
(mencoba).
Ø Setelahmelakukangerakan,
siswakemudianmenjawab
pertanyaansesuaikegiatan yang telahdilakukan (menalar).
Ø Siswamenyampaikanjawaban
yang telahditulismasing-
masingsiswa (mengomunikasikan).
Ø Siswa yang lain
mengomentarijawaban yang disampaikan
temannya (mengomunikasikan).
Ø Siswamembacapercakapan
(mengamati).
Ø Bertanyajawabtentangtekspercakapan
(menanyadan
menalar).
Ø Siswamenjawabpertanyaanberdasarkantekspercakapan
yangtelahdibaca (menalar).
Ø Menyampaikanjawaban
yang telahditulis
(mengomunikasikan).
Ø Guru membimbingsiswauntukbermainmenangkapekor
ularnaga.
Ø Siswadiajakuntukbermainmenangkapekorularnaga
(mencoba).
Ø Siswamelakukanpermainan
(mencoba).
Ø Siswadiajakmembacabalonpercakapanpadagambar
ketikasiswasedangbermain (mengamati).
Ø Siswadiajakmenjawabpertanyaansesuaiisibalon
percakapan (mengomunikasikan).
Ø Siswasalingmemeriksajawabanberdasarkanpertanyaan
yangtelahdijawab (menalar).
Ø SiswamembacapengalamanUdindenganlancar
(mengamati)
Ø Bertanyajawabtentangteks
yang telahdibaca (menalar
danmenanya).
Ø Guru
membimbingsiswauntukmenulispengalamannya
sesuaidenganteks yang telahdibacadenganbahasa yang
santun.
Ø Masing-masingsiswamenulispangalamannyasesuai
denganteks yang telahdibaca (mencoba).
Ø Siswamembacakanpengalaman
yang telahditulis
(mengomunikasikan).
Ø Siswa yang lain
menanggapiceritapengalamansiswa
(mengomunikasikan).
Ø Bertanyajawabtentangmateri
yang belumdipahamisiswa
(menanyadanmenalar).
Ø Guru
memberikanpenghargaandanpenguatanterhadap
prestasibelajarsiswa, misalnyadenganpenghargaan
verbal.
Ø Siswamenyimpulkanpelajarandenganbahasasendiri
(mencoba).
|
150 menit
|
Penutup
|
þ
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama
sehari
|
15 menit
|
þ
Melakukanrefleksidengancarabertanyajawabtentangmateri yang
telahdipelajari
þ
Melakukan penilaian hasil belajar
|
|
|
þ
Mengumpulkanhasilkerjasebagaibahanforto folio
þ
Melaksanakantindaklanjut
þ
Mengajaksemuasiswaberdoamenurut agama dankepercayaanmasing-masing
|
|
|
·
Mengamatisikapsiswadalamberdo’a (sikapduduknya, caramembacanya,
caramelafalkannyadsb)
·
Apabilaadasiswa yang kurangbenardankurangsempurnadalamberdo’a,
makasetelahselesaikegiatanberdo’a, langsungdiberinasehat agar
besokkalauberdoalebihdisempurnakan
|
|
I. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilain Sikap
Menggunakan format
pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal
sampai dengan kegiatan akhir
b. PenilaianPengetahuan
( testertulis)
Menggunakaninstrumenpenilaianhasilbelajardengantestulisdanlisan
(terlampir)
c. Penilaianketerampilan
(UnjukKerja)
BENTUK INSTRUMEN
1.
PenilaianSikap
No
|
Nama Siswa
|
PerubahanTingkahLaku
|
|||||||||||
PercayaDiiri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Pengetahuan
Instrumenpenilaian: testertulis
TesTertulis: Skor
Penilaian: DaftarPeriksa
PenilaianMengajukanPertanyaandenganDaftarPeriksa
HasilPenilaianMengajukanPertanyaandenganDaftarPeriksa
3. Keterampilan
Penilaian: Observasi
(pengamatan)
LembarPengamatanKegiatanMembuatPertanyaantentangPercakapan
KegiatanBersamaTeman
HasilPengamatanMembuatPertanyaandariGambar yang Diamati
Penilaian: UnjukKerja
RubrikPenilaianMenulisCerita
RubrikPenilaianMenggambarEkspresidenganMengolahBentukdanTekstur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar