SEMAPHORE

SEMAPHORE
BELAJAR SEMAPHORE

Kamis, 02 Oktober 2014

KLS 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan           :  SD
Kelas / Semester              :  2 / 1
Tema / Topik                   :  Tema 1 = Hidup Rukun
Sub Tema                         :HidupRukun di Masyarakat
Pembelajaran                   :  5
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan  ( 5 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI
1.       Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya
2.       Memilikiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, dan guru.
3.       Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati (mendengar, melihat, membaca) danmenanyaberdasarkan rasa ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumahdan di sekolah
4.       Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang jelasdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia

B.     KOMPETENSI DASAR / IDIKATOR

3. Bahasa Indonesia
1.1          Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5         Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.5         Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5         Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.11    Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan.
4.5.10    Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan.

2. PKN
1.2       Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1       Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.4   Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4  Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.4.8  Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keberagaman suku bangsa.
4.4.13 Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat (karakter).

1.       PJOK        
1.1.    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
          2.2   Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.6  Mengetahui konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6  Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
Indikator
3.6.2 Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai  irama dengan iringan musik dalam aktivitas gelak ritmik.
3.6.4 Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6.1  Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan)
4.6.2 Mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai irama.

D.     TUJUAN
1.  Denganmengamatigambargerakansenam, siswadapatmengidentifikasipenggunaanvariasipolagerakdasarlokomotorsesuaiiramadenganiringanmusikdalamaktivitasgelakritmikdenganteliti.
2.  Denganmengamatigambargerakansenam, siswadapatmengidentifikasipenggunaanvariasipolagerakdasar non-lokomotorsesuaiirama (ketukan) denganiringanmusikdalamaktivitasgerakritmikdenganteliti.
3.  Denganpemodelan, siswadapatbergerakbebasmengikutiirama (ketukan) denganpercayadiri.
4.  Denganpemodelan, siswadapatmengayunkanlengankeberbagaiarahsesuaiiramadenganpercayadiri.
5.  Denganmembacatekspercakapan, siswadapatmenjelaskanmanfaathiduprukundalamkemajemukantemandenganpercayadiri.
6.  Denganmenjawabpertanyaan, siswadapatmenerapkanpermintaanmaaf demi menjagakerukunanhidupdalammenyikapikemajemukantemandenganpercayadiri.
7.  Denganmembacateks “HariSenamBersama”, siswadapatmenyebutkanbentuk-bentukkegiatanbersamateman di sekitarrumahdalamkeragamansukubangsadenganmenggunakanbahasa yang santun.
8.  Denganpenugasan, siswadapatberperilakurukundengansetiapteman di sekitarrumah yang berbedajeniskelamin, kegemaran, dansifat (karakter) denganpercayadiri.

E.     MATERI
1.    Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor.
2.    Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor.
3.    Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan).
4.    Mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai irama.
5.    Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan teman.
6.    Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup.
7.    Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah.
8.    Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah.

F.         METODE dan PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan         : Scientific
Strategi               : Cooperative Learning
Teknik                : Example Non Example
Metode               : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

Media danAlatPembelajaran
  • Gambarberbagaigerakanlokomotordalamaktivitassenam..

SumberBelajar
BukuTematikTerpaduKelas II Kurikulum 2013 KementerianPendidikandanKebudayaan

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ  Mengajaksemuasiswaberdo’amenurutAgamadankeyakinanmasing-masing (untukmengawalikegiatanpembelajaran)
þ  Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ  MengamatigambartentangHidupRukun
þ  Dilanjutkandenganbertanyajawabtentanggambar.
þ  Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang HidupRukun di Masyarakat
10 menit
Inti
Ø  Guru membimbingsiswauntukmengamatiberbagai
gambartentangberbagaigerakanlokomotordenganteliti
(mengamati).
Ø  Siswamengamatiberbagaigambartentangberbagai
gerakanlokomotor (mengamati).
Ø  Siswamenanyatentangberbagaigambartentangberbagai
gerakanlokomotor (menanya).
Ø  Siswa lain mendapatkankesempatanuntukmenjawab
pertanyaan yang diajukkantemannya (menalar).
Ø  Siswamembacatekstentangkegiatanolahragaperumahan
Udin (mencoba).
Ø  Siswamengamati guru memberikancontohberbagai
gerakanlokomotor (mengamati).
Ø  Siswamenirukangerakansesuai yang dicontohkan guru
(mencoba).
Ø  Setelahmelakukangerakan, siswakemudianmenjawab
pertanyaansesuaikegiatan yang telahdilakukan (menalar).
Ø  Siswamenyampaikanjawaban yang telahditulismasing-
masingsiswa (mengomunikasikan).
Ø  Siswa yang lain mengomentarijawaban yang disampaikan
temannya (mengomunikasikan).
Ø  Siswamembacapercakapan (mengamati).
Ø  Bertanyajawabtentangtekspercakapan (menanyadan
menalar).
Ø  Siswamenjawabpertanyaanberdasarkantekspercakapan
yangtelahdibaca (menalar).
Ø  Menyampaikanjawaban yang telahditulis
(mengomunikasikan).
Ø  Guru membimbingsiswauntukbermainmenangkapekor
ularnaga.
Ø  Siswadiajakuntukbermainmenangkapekorularnaga
(mencoba).
Ø  Siswamelakukanpermainan (mencoba).
Ø  Siswadiajakmembacabalonpercakapanpadagambar
ketikasiswasedangbermain (mengamati).
Ø  Siswadiajakmenjawabpertanyaansesuaiisibalon
percakapan (mengomunikasikan).
Ø  Siswasalingmemeriksajawabanberdasarkanpertanyaan
yangtelahdijawab (menalar).
Ø  SiswamembacapengalamanUdindenganlancar
(mengamati)
Ø  Bertanyajawabtentangteks yang telahdibaca (menalar
danmenanya).
Ø  Guru membimbingsiswauntukmenulispengalamannya
sesuaidenganteks yang telahdibacadenganbahasa yang
santun.
Ø  Masing-masingsiswamenulispangalamannyasesuai
denganteks yang telahdibaca (mencoba).
Ø  Siswamembacakanpengalaman yang telahditulis
(mengomunikasikan).
Ø  Siswa yang lain menanggapiceritapengalamansiswa
(mengomunikasikan).
Ø  Bertanyajawabtentangmateri yang belumdipahamisiswa
(menanyadanmenalar).
Ø  Guru memberikanpenghargaandanpenguatanterhadap
prestasibelajarsiswa, misalnyadenganpenghargaan
verbal.
Ø  Siswamenyimpulkanpelajarandenganbahasasendiri
(mencoba).
150 menit
Penutup
þ  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
15 menit
þ  Melakukanrefleksidengancarabertanyajawabtentangmateri yang telahdipelajari
þ  Melakukan penilaian hasil belajar

þ  Mengumpulkanhasilkerjasebagaibahanforto folio
þ  Melaksanakantindaklanjut
þ  Mengajaksemuasiswaberdoamenurut agama dankepercayaanmasing-masing


·       Mengamatisikapsiswadalamberdo’a (sikapduduknya, caramembacanya, caramelafalkannyadsb)
·       Apabilaadasiswa yang kurangbenardankurangsempurnadalamberdo’a, makasetelahselesaikegiatanberdo’a, langsungdiberinasehat agar besokkalauberdoalebihdisempurnakan


I.       PENILAIAN
1.   Teknik Penilaian
a.   Penilain Sikap
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   PenilaianPengetahuan ( testertulis)
Menggunakaninstrumenpenilaianhasilbelajardengantestulisdanlisan (terlampir)
c.    Penilaianketerampilan (UnjukKerja)

BENTUK INSTRUMEN
1.     PenilaianSikap
No
Nama Siswa
PerubahanTingkahLaku
PercayaDiiri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













2.     Pengetahuan
Instrumenpenilaian: testertulis
TesTertulis: Skor
Penilaian: DaftarPeriksa
PenilaianMengajukanPertanyaandenganDaftarPeriksa
HasilPenilaianMengajukanPertanyaandenganDaftarPeriksa
3. Keterampilan
Penilaian: Observasi (pengamatan)
LembarPengamatanKegiatanMembuatPertanyaantentangPercakapan
KegiatanBersamaTeman
HasilPengamatanMembuatPertanyaandariGambar yang Diamati


Penilaian: UnjukKerja
RubrikPenilaianMenulisCerita
RubrikPenilaianMenggambarEkspresidenganMengolahBentukdanTekstur

                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar