RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Kelas :I
(Satu)
Tema :2.
Kegemaranku
Subtema : 2. GemarBernyanyidanMenari
Pembelajaran ke- : 1
Alokasi
Waktu : 4
x 35 menit
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menerimadan menjalankanajaran agamayangdianutnya.
KI
2 :Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tangggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan pendidik.
KI
3 : Memahami
pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah, .dan tempat bermain.
KI
4 :
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis
dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi DasardanIndikator
1. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
KompetensiDasar
3.1 Mengenalteksdeskriptiftentanganggotatubuhdan pancaindra,wujud dan sifatbenda, sertaperistiwa
siangdan
malamdenganbantuanguru atau teman dalambahasaIndonesia
lisandan
tulisyangdapat
diisidengan
kosakatabahasadaerah untuk membantupemahaman
3.5 Mengenalteksdiagram/labeltentanganggota
keluargadankerabatdengan bantuanguru atau temandalambahasa Indonesialisan dan tulisyang dapatdiisidengan kosakatabahasa daerahuntuk membantupemahaman
4.1 Mengamatidan menirukanteksdeskriptiftentang
anggotatubuh danpancaindra,wujud dan sifat benda,serta peristiwa siang
danmalam secara mandiridalambahasa
Indonesialisan dan tulisyang dapatdiisidengan kosakatabahasa daerahuntuk membantupenyajian
Indikator
·
Mengidentifikasiteksdeskriptiftentanganggotatubuhdanpancaindra.
· Mempraktekanisiteksdeskriptiftentanganggotatubuhdanpancaindra.
2. Mata
Pelajaran Matematika
KompetensiDasar
3.12Mengenallambangbilangandan mendeskripsikan
kemunculan bilangandenganbahasa yang sederhana
4.6 Membacadan
mendeskripsikandatapokok
yang
ditampilkanpada grafikkonkritdan
piktograf
Indikator
·
Menyajikaninformasidalambentuktabel
·
Menuliskanhasilpendapatdalam
diagram / grafikgambar
· Mengidentifikasigrafikberdasarkanlebihbanyakdanlebihsedikit
3.
Mata PelajaranPPKn
KompetensiDasar
3.3 Mengenalkeberagamankarakteristikindividu di
rumahdan di sekolah
4.4
Mengamatidanmenceritakankebersamaandalamkeberagaman di rumahdansekolah
Indikator
·
Mengidentifikasiperbedaankesukaanindividuterhadapsebuahlagu
·
Menunjukansikapmenghargaiperbedaankarakteristikindividu
di sekolah
· Menceritakanperbedaanantaraduakarakteristikindividusecaralisan
4. Mata Pelajaran Seni Budaya dan
Prakarya
KompetensiDasar
3.2 Mengenal
pola iramalagubervariasimenggunakan
alatmusikritmis
4.7 Menyanyikanlagu
anak-anak dan berlatih
memahamiisi lagu
Indikator
·
Mengamatipolairamalagu
·
Menceritakanisilagu
·
Menyanyikanlagu
C.
Tujuan
Pembelajaran
·
Denganmemperhatikan
guru menyanyikanlagu, siswamampumenyanyikanlagu. “BurungKakakTua” dengan lancar dan
percaya diri.
·
MelaluikegiatanBrainstroming,
siswa dapat mengumpulkan informasi lagu kesukaandengan santun.
·
Setelahmengumpulkan
informasi, siswa mampu
melengkapi grafik gambar datahasil wawancara dengan tertib.
·
Dengan melakukan kegiatan tentang lagu kesukaan
dan keras lembut suara, siswadapat menyimpulkan beberapa perbedaan yang mereka
pelajari dengan percaya diri.
·
Dengan mendapatkan langsung pengetahuan tentang
perbedaan lagu kesukaan,siswa dapat menghargai perbedaan sebagai karunia Tuhan
dengan jujur.
·
Dengan mengamati teks lagu, siswa dapat
menebalkan syair lagu dengan tertib.
·
Dengan membaca teks, siswa dapat menceritakan
isi teks dengan percaya diri.
·
Dengan mengamati gambar pada buku teks, siswa
dapat mempraktikkan isi teksdengan percaya diri.
·
Dengan mengamati teks, siswa dapat menuliskan
kembaliisi teks dengan tertib.
·
Dengan melakukan pengamatan, siswa mampu
mengidentifikasi perbedaan suara keras, suara sedang,dan suara lembut dengan
percaya diri.
·
Dengan kemampuan mengidentifikasi suara, siswa
dapat melengkapi tabel dengan teliti.
D. Materi Pokok
(terlampir)
·
Mengenal
lagu“BurungKakakTua”
·
Manalebihbanyakdanlebihsedikit
(Grafikgambar / piktograf)
·
Mengidentifikasiperbedaansuara
E. Alokasi Waktu
4
jp (4
x 35 menit)
F. Model, Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
1)
Model Pembelajaran : Brainstorming
2)
Pendekatan Pembelajaran :
Keterampilan Sains
3)
Metode :
Ceramah, demonstrasi, tanya-jawab, danpemberiantugas
G. Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam.
2.
Guru melakukanpembiasaandenganmengadakando’asebelumbelajar.
3.
Pengecekan kehadiran siswa.
4.
Siswa bertanyajawab berkaitan dengan tata tertib di
sekolah.
5.
Guru
melakukanapersepsidenganbertanyakepadasiswakesenangansiswabernyanyi.
6.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dipelajari.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Guru membuka pelajaran dengan menanyakan kepadasiswa
siapa di antara mereka yang suka bernyanyi.
2.
Guru menyampaikan bahwa setiap orang
memilikikelebihan yang berbeda-beda. Ada yang pandai bernyanyi,ada juga yang
pandai dalam hal yang lain.
3.
Siswa mengikuti guru membacakan isi teks lagu
dengannyaring.
4.
Siswa mengidentifikasi isi lagu dengan bantuan guru.
5.
Siswa menyanyikan lagi “BurungKakakTua” bersama-samadengan bimbingan guru.
6.
Guru
membuat tabel dipapan tulis seperti yang tertera di buku.
7.
Guru
mengajak siswa untukmenyebutkanlagu-lagu kesukaannyadanmenuliskanpendapat-pendapatsiswa
di papantulis.
8.
Guru
memilihbeberapapendapatmaksimallimalagu.
9.
Siswa menyalin nama-nama lagu pada tabel di
bukusiswa.
10. Kemudian
setiap siswa bertanya kepada 5-10 orang temandi kelasnya tentang lagu
kesukaannya dan mencatatnyapada tabel di buku siswa dengan membuat tanda bintanguntuk satu pemilih.
11. Guru
berkeliling untuk mengamati kerja siswa.
12. Setelah
semua siswa selesai, siswa mengamati hasilpekerjaannya.
13. Guru
bertanya, ”Apa lagu yang paling banyak disukaisiswa?”, “Apa lagu yang paling
sedikit disukai siswa?”.
14. Guru
menjelaskan bahwa informasi yang dibuat dalambentuk seperti itu disebut
dengan piktograf atau grafikgambar.
15. Selanjutnya
siswa menebalkan tulisan yang ada di bukusiswa tentang lagu kesukaan.
16. Usai
mengerjakan latihan di buku, siswa bersama gurumenyanyikan kembali lagu “BurungKakakTua”.
17. Guru mengarahkansiswa menyanyikan lagudengan tiga
jenis suara, pertama-tama menyanyi dengansuara keras, lalu dengan suara
sedang dan terakhirdengan suara lembutdenganmembagikelompoksesuaibarisan.
18. Siswadapat menjelaskan
perbedaan antara caramenyanyi yang pertama, kedua dan ketiga. Yang
pertamadengan suara keras, yang kedua dengan suara sedang,dan yang ketiga
dengan suara pelan/lembut.
19. Kemudian
siswa diminta untuk mendengarkan suara-suaradi sekitar dengan semua siswa diam, suara-suarabuatansepertitepuktangan,
pukulanmejasuaraalam yang ada di sekitarsekolah.
20. Siswa
dan guru mendiskusikan suara-suara tersebut,hingga akhirnya guru menjelaskan
bahwa suara itu adayang keras, sedang, dan ada yang lembut.
21. Siswa
mengamati teks di buku siswa tentang suara.
22. Siswa
melakukan percobaan seperti yang tertera padateks, yaitu mengamati teman yang
bicara berhadap-hadapan,teman yang berbicara
dengan berbisik, danteman yang sedang memanggil teman lain yang jauhdari dia.
23. Setelah
melakukan percobaan dan memperhatikan suara-suaradi sekitar, siswa diminta melakukan latihan di bukusiswa
memberi tanda √ pada tabel yang tersedia di bukusiswa.
24. Jika
terdengar suara keras, memberi ceklis pada kolom K, memberi tanda ceklispada
kolom L, jika terdengar suara pelan/lembut dan S pada kolom sedang.
25. Dari
seluruh data yang ada pada tabel siswa diminta untuk menuliskan suara
yangpaling keras dan yang paling lembut.
|
120 menit
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuan
hasil belajar selama sehari.
2.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar.
4.
Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
5.
Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap
duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya)
6.
Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang
kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, agar besok kalau berdo’a
lebih disempurnakan.
|
10 menit
|
H. Sumber Belajar, danMedia
a.
Sumber Belajar
o Buku guru
o Bukusiswa
o Bahan
ajar yang telah disusun oleh pendidik
o Lingkungan
b.
Media
o
Tekslagu“BurungKakakTua”
o
LKS
Menebalkansyairlagu
I.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian
a. PenilaianSikap
b. Pengetahuan/LKS (terlampir)
c. Keterampilan
2.
BentukInstrumen:
a. PenilaianSikap
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
|||||||||||
PercayaDiri
|
Tertib
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Pengetahuan (terlampir)
c. Keterampilan
No
|
Kriteria
|
Terlihat
|
BelumTerlihat
|
1
|
SiswamampumenyanyikanlaguBurungKakakTua.
|
|
|
2
|
Siswamampumenampilkaninformasidalamtabel/
piktograf
|
|
|
3
|
Siswamampumenebalkantulisan
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah,
|
Bandung, 09 September
2014
Guru Kelas 1,
|
¨ Liriklagupotongbebekangsa
“BurungKakakTua”
Cipt:
BurungKakakTua
Hinggap Di Jendela
NenekSudahTua
GiginyaTinggalDua
TekDungTek Dung
La LaLa
BurungKakakTua
Ayo, menebalkan kalimat!
Tebalkan syair di bawah ini!
burung kakak tua
hinggap di jendela
nenek sudah tua
giginya tinggal dua
tekdung tek dung
la la la
burung kakak tua
¨
Lebihbanyakdanlebihsedikit
Dari data yang dikumpulkanolehanak-anak yang dibuatmenjaditabelgambar,
dapatterlihatbahwa:
Anak yang menyukailaguBalonkusayaada 8 orang
Anak yang menyukailaguNaikKepuncakGunungada 15 orang
Anak yang menyukailaguPelangiada 20 orang
· Penggunaanistilahlebihbanyak:
Dari kalimatdiatasterlihatbahwaanak yang menyukaiPelangilebihbanyakdarianak
yang menyukailaguBalonku.
Dan anak yang menyukailaguNaikKepuncakGununglebihbanyakdaripadaanak yang
menyukailaguBalonku.
· Penggunaanistilahlebihsedikit
Dari kalimatdiatasterlihatbahwaanak yang
menyukailaguBalonkusayalebihsedikitdarianak yang
menyukailaguNaikKepuncakGunung.
Dan anak yang menyukailaguNaikKepuncakGununglebihsedikitdaripadaanak
yang menyukailaguPelangi.
¨
Mengidentifikasiperbedaansuara
Saatbernyanyikitamengeluarkansuara.
Ada suaralembutsepertisuara orang berbisik.
Ada suarasedangseperti orang berbicara.
Ada suarakerasseperti orang berteriak.
Begitupundengansuara-suara yang
dikeluarkanolehbenda-benda, ada yang kerassedanglembut.
LembarKerjaSiswa
Nama :
Ayo, menebalkan kalimat!
Tebalkan syair di bawah
ini!
b u r u n g k a k a k t u a
hi n g g a p d i j e n d e l a
n e n e k s u d a h t u a
gi g i n y a t i n g g a l d u a
t e k d u n g t e k d u n g
l a l a l a
b u r u n g k a k a k t u a
Tidak ada komentar:
Posting Komentar