SEMAPHORE

SEMAPHORE
BELAJAR SEMAPHORE

Kamis, 02 Oktober 2014

RPP KELAS 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         : SD
Kelas                               :I (Satu)
Tema                               :2. Kegemaranku
Subtema                          : 2. GemarBernyanyidanMenari
Pembelajaran ke-          : 1
Alokasi Waktu               : 4 x 35 menit

A.    Kompetensi Inti
KI 1              : Menerimadan menjalankanajaran agamayangdianutnya.
KI 2              :Memiliki perilaku jujur, disiplin, tangggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan pendidik.
KI 3              : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,  membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, .dan tempat bermain.
KI 4              : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis dalam karya yang  estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi DasardanIndikator
1.     Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
KompetensiDasar
3.1 Mengenalteksdeskriptiftentanganggotatubuhdan pancaindra,wujud dan sifatbenda, sertaperistiwa siangdan malamdenganbantuanguru atau teman dalambahasaIndonesia lisandan tulisyangdapat diisidengan kosakatabahasadaerah untuk membantupemahaman
3.5 Mengenalteksdiagram/labeltentanganggota keluargadankerabatdengan bantuanguru atau temandalambahasa Indonesialisan dan tulisyang dapatdiisidengan kosakatabahasa daerahuntuk membantupemahaman
4.1 Mengamatidan menirukanteksdeskriptiftentang anggotatubuh danpancaindra,wujud dan sifat benda,serta peristiwa siang danmalam secara mandiridalambahasa Indonesialisan dan tulisyang dapatdiisidengan kosakatabahasa daerahuntuk membantupenyajian
Indikator
·     Mengidentifikasiteksdeskriptiftentanganggotatubuhdanpancaindra.
·     Mempraktekanisiteksdeskriptiftentanganggotatubuhdanpancaindra.

2.  Mata Pelajaran Matematika
KompetensiDasar
3.12Mengenallambangbilangandan mendeskripsikan kemunculan bilangandenganbahasa yang sederhana
4.6 Membacadan mendeskripsikandatapokok yang ditampilkanpada grafikkonkritdan piktograf
Indikator
·     Menyajikaninformasidalambentuktabel
·     Menuliskanhasilpendapatdalam diagram / grafikgambar
·     Mengidentifikasigrafikberdasarkanlebihbanyakdanlebihsedikit

3. Mata PelajaranPPKn
KompetensiDasar
3.3  Mengenalkeberagamankarakteristikindividu di rumahdan di sekolah
4.4 Mengamatidanmenceritakankebersamaandalamkeberagaman di rumahdansekolah
Indikator
·     Mengidentifikasiperbedaankesukaanindividuterhadapsebuahlagu
·     Menunjukansikapmenghargaiperbedaankarakteristikindividu di sekolah
·     Menceritakanperbedaanantaraduakarakteristikindividusecaralisan

4. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya
KompetensiDasar
3.2 Mengenal pola iramalagubervariasimenggunakan alatmusikritmis
4.7 Menyanyikanlagu anak-anak dan berlatih memahamiisi lagu
Indikator
·     Mengamatipolairamalagu
·     Menceritakanisilagu
·     Menyanyikanlagu

C.    Tujuan Pembelajaran
·       Denganmemperhatikan guru menyanyikanlagu, siswamampumenyanyikanlagu.BurungKakakTua” dengan lancar dan percaya diri.
·       MelaluikegiatanBrainstroming, siswa dapat mengumpulkan informasi lagu kesukaandengan santun.
·       Setelahmengumpulkan informasi, siswa mampu melengkapi grafik gambar datahasil wawancara dengan tertib.
·       Dengan melakukan kegiatan tentang lagu kesukaan dan keras lembut suara, siswadapat menyimpulkan beberapa perbedaan yang mereka pelajari dengan percaya diri.
·       Dengan mendapatkan langsung pengetahuan tentang perbedaan lagu kesukaan,siswa dapat menghargai perbedaan sebagai karunia Tuhan dengan jujur.
·       Dengan mengamati teks lagu, siswa dapat menebalkan syair lagu dengan tertib.
·       Dengan membaca teks, siswa dapat menceritakan isi teks dengan percaya diri.
·       Dengan mengamati gambar pada buku teks, siswa dapat mempraktikkan isi teksdengan percaya diri.
·       Dengan mengamati teks, siswa dapat menuliskan kembaliisi teks dengan tertib.
·       Dengan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi perbedaan suara keras, suara sedang,dan suara lembut dengan percaya diri.
·       Dengan kemampuan mengidentifikasi suara, siswa dapat melengkapi tabel dengan teliti.

D.    Materi Pokok
(terlampir)
·       Mengenal lagu“BurungKakakTua
·       Manalebihbanyakdanlebihsedikit (Grafikgambar / piktograf)
·       Mengidentifikasiperbedaansuara

E.    Alokasi Waktu
4 jp (4 x 35 menit)

F.     Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1)     Model Pembelajaran               : Brainstorming
2)     Pendekatan Pembelajaran        : Keterampilan Sains
3)     Metode                                    : Ceramah, demonstrasi, tanya-jawab, danpemberiantugas

G.   Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.   Guru memberi salam.
2.   Guru melakukanpembiasaandenganmengadakando’asebelumbelajar.
3.   Pengecekan kehadiran siswa.
4.   Siswa bertanyajawab berkaitan dengan tata tertib di sekolah.
5.   Guru melakukanapersepsidenganbertanyakepadasiswakesenangansiswabernyanyi.
6.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari.
10 menit
Kegiatan Inti
1.     Guru membuka pelajaran dengan menanyakan kepadasiswa siapa di antara mereka yang suka bernyanyi.
2.     Guru menyampaikan bahwa setiap orang memilikikelebihan yang berbeda-beda. Ada yang pandai bernyanyi,ada juga yang pandai dalam hal yang lain.
3.     Siswa mengikuti guru membacakan isi teks lagu dengannyaring.
4.     Siswa mengidentifikasi isi lagu dengan bantuan guru.
5.     Siswa menyanyikan lagi “BurungKakakTua” bersama-samadengan bimbingan guru.
6.     Guru membuat tabel dipapan tulis seperti yang tertera di buku.
7.     Guru mengajak siswa untukmenyebutkanlagu-lagu kesukaannyadanmenuliskanpendapat-pendapatsiswa di papantulis.
8.     Guru memilihbeberapapendapatmaksimallimalagu.
9.     Siswa menyalin nama-nama lagu pada tabel di bukusiswa.
10.  Kemudian setiap siswa bertanya kepada 5-10 orang temandi kelasnya tentang lagu kesukaannya dan mencatatnyapada tabel di buku siswa dengan membuat tanda bintanguntuk satu pemilih.
11.  Guru berkeliling untuk mengamati kerja siswa.
12.  Setelah semua siswa selesai, siswa mengamati hasilpekerjaannya.
13.  Guru bertanya, ”Apa lagu yang paling banyak disukaisiswa?”, “Apa lagu yang paling sedikit disukai siswa?”.
14.  Guru menjelaskan bahwa informasi yang dibuat dalambentuk seperti itu disebut dengan piktograf atau grafikgambar.
15.  Selanjutnya siswa menebalkan tulisan yang ada di bukusiswa tentang lagu kesukaan.
16.  Usai mengerjakan latihan di buku, siswa bersama gurumenyanyikan kembali lagu “BurungKakakTua”.
17.  Guru mengarahkansiswa menyanyikan lagudengan tiga jenis suara, pertama-tama menyanyi dengansuara keras, lalu dengan suara sedang dan terakhirdengan suara lembutdenganmembagikelompoksesuaibarisan.
18.  Siswadapat menjelaskan perbedaan antara caramenyanyi yang pertama, kedua dan ketiga. Yang pertamadengan suara keras, yang kedua dengan suara sedang,dan yang ketiga dengan suara pelan/lembut.
19.  Kemudian siswa diminta untuk mendengarkan suara-suaradi sekitar dengan semua siswa diam, suara-suarabuatansepertitepuktangan, pukulanmejasuaraalam yang ada di sekitarsekolah.
20.  Siswa dan guru mendiskusikan suara-suara tersebut,hingga akhirnya guru menjelaskan bahwa suara itu adayang keras, sedang, dan ada yang lembut.
21.  Siswa mengamati teks di buku siswa tentang suara.
22.  Siswa melakukan percobaan seperti yang tertera padateks, yaitu mengamati teman yang bicara berhadap-hadapan,teman yang berbicara dengan berbisik, danteman yang sedang memanggil teman lain yang jauhdari dia.
23.  Setelah melakukan percobaan dan memperhatikan suara-suaradi sekitar, siswa diminta melakukan latihan di bukusiswa memberi tanda √ pada tabel yang tersedia di bukusiswa.
24.  Jika terdengar suara keras, memberi ceklis pada kolom K, memberi tanda ceklispada kolom L, jika terdengar suara pelan/lembut dan S pada kolom sedang.
25.  Dari seluruh data yang ada pada tabel siswa diminta untuk menuliskan suara yangpaling keras dan yang paling lembut.
120 menit
Penutup
1.   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuan hasil belajar selama sehari.
2.   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.   Melakukan penilaian hasil belajar.
4.   Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
5.   Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya)
6.   Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, agar besok kalau berdo’a lebih disempurnakan.
10 menit

H.    Sumber Belajar, danMedia
a.   Sumber Belajar
o  Buku  guru
o  Bukusiswa
o  Bahan ajar yang telah disusun oleh pendidik
o  Lingkungan
b. Media
o   TekslaguBurungKakakTua
o   LKS Menebalkansyairlagu

I.      Penilaian Hasil Belajar
1.     Teknik Penilaian
a. PenilaianSikap
b. Pengetahuan/LKS (terlampir)
c. Keterampilan
2.     BentukInstrumen:
a. PenilaianSikap
No
Nama Siswa
Kriteria
PercayaDiri
Tertib
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM










































b. Pengetahuan (terlampir)
c. Keterampilan
No
Kriteria
Terlihat
BelumTerlihat
1
SiswamampumenyanyikanlaguBurungKakakTua.


2
Siswamampumenampilkaninformasidalamtabel/ piktograf


3
Siswamampumenebalkantulisan




Mengetahui,
Kepala Sekolah,



Bandung, 09 September 2014
Guru Kelas 1,




LampiranMateri
¨     Liriklagupotongbebekangsa
 BurungKakakTua
                                    Cipt:
BurungKakakTua
Hinggap Di Jendela
NenekSudahTua
GiginyaTinggalDua
TekDungTek Dung
La LaLa
BurungKakakTua

Ayo, menebalkan kalimat!
Tebalkan syair di bawah ini!
burung kakak tua
hinggap di jendela
nenek sudah tua
giginya tinggal dua
tekdung tek dung
la la la
burung kakak tua   

¨     Lebihbanyakdanlebihsedikit
Dari data yang dikumpulkanolehanak-anak yang dibuatmenjaditabelgambar, dapatterlihatbahwa:
Anak yang menyukailaguBalonkusayaada 8 orang
Anak yang menyukailaguNaikKepuncakGunungada 15 orang
Anak yang menyukailaguPelangiada 20 orang
·       Penggunaanistilahlebihbanyak:
Dari kalimatdiatasterlihatbahwaanak yang menyukaiPelangilebihbanyakdarianak yang menyukailaguBalonku.
Dan anak yang menyukailaguNaikKepuncakGununglebihbanyakdaripadaanak yang menyukailaguBalonku.
·       Penggunaanistilahlebihsedikit
Dari kalimatdiatasterlihatbahwaanak yang menyukailaguBalonkusayalebihsedikitdarianak yang menyukailaguNaikKepuncakGunung.
Dan anak yang menyukailaguNaikKepuncakGununglebihsedikitdaripadaanak yang menyukailaguPelangi.
¨     Mengidentifikasiperbedaansuara
Saatbernyanyikitamengeluarkansuara.
Ada suaralembutsepertisuara orang berbisik.
Ada suarasedangseperti orang berbicara.
Ada suarakerasseperti orang berteriak.
Begitupundengansuara-suara yang dikeluarkanolehbenda-benda, ada yang kerassedanglembut.


LembarKerjaSiswa
Nama               :                                                          
Ayo, menebalkan kalimat!
Tebalkan syair di bawah ini!

b u r u n g  k a k a k  t u a
hi n g g a p d i j e n d e l a
n e n e k  s u d a h  t u a
gi g i n y a  t i n g g a l  d u a
t e k d u n g t e k d u n g
l a l a l a
b u r u n g k a k a k t u a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar