SEMAPHORE

SEMAPHORE
BELAJAR SEMAPHORE

Kamis, 02 Oktober 2014

RPP KELAS V. TEMA 3 SUB TEMA 1 PB 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN CILENGGANG 2
Kelas                          :  5
Tema / Topik               :  Hidup Rukun
Minggu ke                   :  1
Oval: 3Semester                    :  1   (satu)
Alokasi Waktu             :  Pembelajaran
A.    KOMPETENSI INTI
þ Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
þ Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR KI 1 dan KI 2 TEMA 3. SUB TEMA 1
Bahasa Indonesia
KI 1 dan KI 2
1.1  Meresapi  makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.3 Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4 Memiliki kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

KI3 dan KI 4
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Matematika
KI 1 dan KI 2
2.1 Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam mencari akar bilangan sederhana
2.2 Menghargai pendapat atau gagasan teman tentang usulan memecahkan masalah, penyajian data atau pekerjaan matematika lainnya
2.3 Menunjukkan perilaku adil dalam membuat pola pergeseran tempat duduk secara bergiliran dengan menggunakan gambar denah tempat duduk di kelas
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin dan bertanggung jawab dalam melakukan pengumpulan data, pengolahan data, dan melaporkan hasil pengamatan
2.5 Menunjukkan perilaku jujur dalam mel­aporkan hasil pengamatan/melakukan percobaan menemukan hubungan kelil­ing, luas dan diameter lingkaran dengan apa adanya
2.6 Menunjukkan prilaku disiplin tepat waktu dengan berdasar pada penge­lolaan waktu untuk pergi ke tempat tertentu dengan mempertimbangkan kondisi lalu lintas, jarak, dan kecepatan
2.7 Menunjukkan perilaku cermat dalam mendata jarak dan waktu yang di­perlukan oleh tiap teman sekelas dari rumah masing-masing ke sekolah
2.8 Menunjukkan perilaku cermat dalam mendata jarak dan waktu yang di­perlukan oleh tiap teman sekelas dari rumah masing-masing ke sekolah

KI3 dan KI 4
3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala
4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya
IPA
KI 1 dan KI 2
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok

KI3 dan KI 4
3.4 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Merancang dan membuat rangkaian seri dan parallel menggunakan sumber arus searah
IPS
KI 1 dan KI 2
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.1 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjaja­han dan gerakan kebangsaan dalam menumbuhkan rasa kebangsaan
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3 Menunjukkan perilaku peduli, goton­groyong, tanggungjawab dalam berpar­tisipasi penanggulangan permasalahan lingkungan hidup

KI3 dan KI 4
3.4 Memahami manusia Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia
4.4 Menceritakan secara tertulis pemahaman tentang manusia Indonesia dan aktivitasnya yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia
PPKN
KI 1 dan KI 2
1.1 Menghargai semangat kebhinneka­tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, ba­hasa, rumah adat, makanan khas, upa­cara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
1.2 Menghargai kebersamaan dalam ke­beragaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan ber­masyarakat dan berbangsa
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tang­gung jawab, percaya diri, berani men­gakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam se­mangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945
2.3 Menunjukkan penghargaan terha­dap proses pengambilan keputu­san atas dasar musyawarah mu­fakat
2.4 Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat

KI3 dan KI 4
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
SBdP
KI 1 dan KI 2
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
2.4 Menunjukkan kemampuan bekerja sama dan berinteraksi dengan meng­gunakan bahasa daerah di lingkungan sekitar

KI3 dan KI 4
3.2 Mengenal harmoni musik dan lagu daerah
4.6 Memainkan alat musik ritmis secara berkelompok dengan iringan vokal lagu anak-anak dua suara

INDIKATOR TEMA 3 SUB TEMA 1. HIDUP RUKUN  PB 3
PPKN
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
          Mengelompokkan contoh dan bukan contoh tentang perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di rumah.

4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
                    Memeragakan aktivitas anggota keluarga yang mencerminkan penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan.
BAHASA INDONESIA
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
          Mengidentifikasi unsur-unsur dalam iklan.

4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
          Menjelaskan unsur-unsur dalam iklan.

MATEMATIKA
3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala
          Melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan
          Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan

4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya
          Menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan.
          Menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
          Memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan


MATERI
PPKN
Nilai –nilai persatuan dan kesatuan
BAHASA INDONESIA
Unsur-unsur dalam iklan
MATEMATIKA
Perbandingan


PENDEKATAN & METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi           : Cooperative Learning
Teknik             : Example Non Example
Metode           : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


KEGIATAN  PEMBELAJARAN
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Menanyakan keadaan siswa dan berdoa
Apersepsi , motivasi dan menginformasikan tujuan pembelajaran, serta penilaian yang akan dilakukan

Inti
        Menggali informasi dari teks bacaan dan menceritakan pentingnya menjaga kerukunan
        Mengamati gambar, yang menunjukkan persatuan dan kesatuan di rumah
        Berdasarkan pengalaman dan pengamatan lingkungan sekitar, menyebutkan contoh perilaku yang tidak menunjukkan persatuan dan kesatuan di rumah dengan cermat
        Berhitung, dan dapat melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan.
        Berhitung,dan memecahkan masalah perbandingan
        Berhitung, dan menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
        Berhitung, dan menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
        Berhitung dan memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
        Menggali informasi dari teks bacaan dan mengidentifikasikan unsur-unsur sebuah iklan
        Menggali informasi dari teks bacaan dan menjelaskan unsur-unsur iklan


Penutup
Kesimpulan tentang pembelajaran hari ini
Pemebrian tugas dan kesiapan belajar esok hari
Doa






1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.  Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

2.  Instrumen Penilaian
a.  Penilaian Proses
ü  Penilaian Kinerja
ü  Penilaian Produk

b.  Penilaian Hasil Belajar
ü  Pilihan ganda
ü  Isian singkat
ü  Esai atau uraian

SOAL


1.     Sebutkan unsur-unsur iklan!
2.     Pak Dodi seorang penjual buah. Hari ini Pak Dodi menjual 15kg jeruk dan 20kg melon. Dari 15kg jeruk terjual 10kg. Adapun buah melon terjual 20kg.
a. • Berapakah banyak buah jeruk yang dibawa Pak Dodi?
• Berapakah banyak buah jeruk yang terjual?
• Berapakag perbandingan antara buah jeruk yang dibawa dengan yang
dijual?
b. • Berapakah banyak buah melon yang dibawa Pak Dodi?
• Berapakah banyak buah melon yang terjual?
• Berapakag perbandingan antara buah melon yang dibawa dengan yang dijual?

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

........, ...................... 20....
Guru Kelas V



( ___________________ )
NIP ..................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar