SEMAPHORE

SEMAPHORE
BELAJAR SEMAPHORE

Kamis, 02 Oktober 2014

KLS 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan           :  SD
Kelas / Semester              :  2 / 1
Tema / Topik                   :  Tema 1 = Hidup Rukun
Sub Tema                         :HidupRukun di Masyarakat
Pembelajaran                   :  4
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan  ( 5 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI
1.       Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya
2.       Memilikiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, dan guru.
3.       Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati (mendengar, melihat, membaca) danmenanyaberdasarkan rasa ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumahdan di sekolah
4.       Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang jelasdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia

B.     KOMPETENSI DASAR / IDIKATOR

1. Bahasa Indonesia
1.1          Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5         Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.5         Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5         Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.10     Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.6       Menemukan peran permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan.

2. PKN
1.2       Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1       Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.4         Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4         Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.4.8      Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keberagaman suku bangsa.
4.4.13    Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, suku bangsa, dan sifat.

3. SBDP    
1.1         Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.2         Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.1         Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.1         Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
Indikator
3.1.1  Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
4.1.4  Menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan tekstur.


D.     TUJUAN
1.  Dengantanyajawab, siswadapatmenjelaskanmaknahiduprukundalamkemajemukantemandenganpercayadiri.
2.  Denganmembacatekspercakapan, siswadapatmenemukanperanpermintaanmaafuntukmenjagasikaphiduprukundalamkemajemukandenganteliti.
3.  DenganmembacatekskegiatanUdindan Edo, siswadapatmenyebutkanbentuk-bentukkegiatanbersamateman di sekitarrumahdalamkeberagamansukubangsadenganpercayadiri.
4.  Denganbercerita, siswadapatberperilakurukundengansetiapteman di sekitarrumah yang berbedajeniskelamin, kegemaran, sukubangsa, dansifatdenganpercayadiri.
5.  Dengantanyajawab, siswadapatmengidentifikasibahan-bahandalammembuatkaryasenirupadenganteliti.
6.  Denganmengamatipotongangambar, siswadapatmenggambarekspresidenganmengolahbentukdanteksturdenganteliti.

E.     MATERI
1.    Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman.
2.    Menemukan peran permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan.
3.    Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman.
4.    Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah.
5.    Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
6.    Menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan tekstur.

F.         METODE dan PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan         : Scientific
Strategi               : Cooperative Learning
Teknik                : Example Non Example
Metode               : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

Media danAlatPembelajaran
  • Gambarberbagipola yang akandigunting.
  • Tekspercakapan.


SumberBelajar
BukuTematikTerpaduKelas II Kurikulum 2013 KementerianPendidikandanKebudayaan

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ  Mengajaksemuasiswaberdo’amenurutAgamadankeyakinanmasing-masing (untukmengawalikegiatanpembelajaran)
þ  Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ  MengamatigambartentangHidupRukun
þ  Dilanjutkandenganbertanyajawabtentanggambar.
þ  Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang HidupRukun di Masyarakat
10 menit
Inti
Ø  Guru membimbingsiswauntukmengamatigambartiga
siswa yang sedangmelakukanpercakapandenganteliti
(mengamati).
Ø  Siswamengamatigambartigasiswa yang sedang
melakukanpercakapan (mengamati).
Ø  Siswadiarahkanmembacatekspercakapan yang dilakukan
Udin, Edo, dan Badu (mengumpulkaninformasi).
Ø  Siswadiarahkanmenemukanbentukpermintaanmaaf
padatekspercakapan (menalar).
Ø  Siswadiarahkanmengajukanpertanyaanberdasarkanteks
percakapanUdindan Edo (menanya).
Ø  Masing-masingsiswamenukarkanpertanyaannyadengan
teman di sampingnya (menalar).
Ø  Siswamenjawabpertanyaantemannyasesuaipertanyaan
yangdiajukan (menalar).
Ø  Masing-masingsiswamenyampaikanjawaban yang telah
ditulissesuaipertanyaantemannya (mengomunikasikan).
Ø  Siswa yang lain memberikantanggapanterhadapjawaban
temannya (mengomunikasikan).
Ø  Guru membimbingsiswauntukmenceritakankegiatan
Udindan Edo melaluitulisandenganbahasa yang santun
mencoba).
Ø  SiswamenceritakankegiatanUdindan Edo melaluitulisan
mencoba).
Ø  Siswamemeriksatulisan yang telahdibuatnya di bawah
bimbingan guru.
Ø  Masing-masingsiswamembacakantulisan yang telah
dibuatnya (mengomunikasikan).
Ø  Siswa yang lain mengomentariceritatemannya (mengomu-
nikasikan).
Ø  Guru membimbingsiswauntukmengguntingdan
menempeldenganpercayadiri.
Ø  Siswamengamatigambarpola yang harusdigunting
(mengamati).
Ø  Siswadiajakmengguntinggambarsesuaigaris yang ada
(mencoba).
Ø  Siswakemudianmenempelkanpotongangambar yang
telahdigunting (mencoba).
Ø  Tempelandisesuaikandengankesukaansiswa (mencoba).
Ø  Siswamenggambarekspresidenganmengolahbentukdan
tekstur (mencoba).
Ø  Siswadiarahkanuntukmembuatsebuahkalimat
permohonanmaafkepadatemannya di bawahkarya yang
telahditulisnya (mencoba).
Ø  Bertanyajawabtentangmateri yang belumdipahamisiswa
(menanyadanmenalar).
Ø  Guru memberikanpenghargaanterhadapprestasibelajar
siswa, misalnyadenganpenghargaansecara verbal.
Ø  Siswadiarahkanmenyimpulkanpelajaran
(mengomunikasikan).
150 menit
Penutup
þ  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
15 menit
þ  Melakukanrefleksidengancarabertanyajawabtentangmateri yang telahdipelajari
þ  Melakukan penilaian hasil belajar

þ  Mengumpulkanhasilkerjasebagaibahanforto folio
þ  Melaksanakantindaklanjut
þ  Mengajaksemuasiswaberdoamenurut agama dankepercayaanmasing-masing


·       Mengamatisikapsiswadalamberdo’a (sikapduduknya, caramembacanya, caramelafalkannyadsb)
·       Apabilaadasiswa yang kurangbenardankurangsempurnadalamberdo’a, makasetelahselesaikegiatanberdo’a, langsungdiberinasehat agar besokkalauberdoalebihdisempurnakan




I.       PENILAIAN
1.   Teknik Penilaian
a.   Penilain Sikap
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   PenilaianPengetahuan ( testertulis)
Menggunakaninstrumenpenilaianhasilbelajardengantestulisdanlisan (terlampir)
c.    Penilaianketerampilan (UnjukKerja)

BENTUK INSTRUMEN
1.     PenilaianSikap
No
Nama Siswa
PerubahanTingkahLaku
PercayaDiiri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













2.     Pengetahuan
Instrumenpenilaian: testertulis (isian)
TesTertulis: Skor
Bilanganloncat
BanyakSoal: 5 Soal

1.  67   75   . . . .   . . . .   . . . .
2.  45   55   65   . . . .   85
3.  45   56   67   . . . .   . . . .
4.  45   57   69   . . . .   . . . .
5.  57   69   81   . . . .   . . . .

KunciJawaban: 
1.  67   75   686970
2.  45   55   65   75   85
3.  45   56   67   7889
4.  45   57   69   81 93.
5.  57   69   81   93  105



3. Keterampilan
a. Penilaian: unjukkerja
RubrikMenyanyikanlagu “Kita KerjaSama-Sama
Penilaian: UnjukKerja
RubrikMenulisCeritaNarasiSederhana


Penilaian: UnjukKerja
RubrikPenilaianBermainPeran



Mengetahui
Kepala Sekolah,



Nina Nurhayati, S.Pd.
NIP -

Cipatat,      2014
Guru Kelas 2



Nina Nurhayati, S.Pd.
NIP -

                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar