RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : 2 / 1
Tema / Topik : Tema 1 = Hidup Rukun
Sub Tema :HidupRukun di Masyarakat
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
( 5 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya
2.
Memilikiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun,
peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, dan guru.
3.
Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati
(mendengar, melihat, membaca) danmenanyaberdasarkan rasa
ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang
dijumpainya di rumahdan di sekolah
4.
Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang
jelasdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkananaksehat,
dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia
B. KOMPETENSI DASAR / IDIKATOR
1. Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di
tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan
jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.5 Mengenal teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan
teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan
teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.10 Menjelaskan makna
hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.6 Menemukan peran
permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan.
2. PKN
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih
sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral
Pancasila.
3.4 Memahami arti bersatu dalam
keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu
dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.4.8 Menyebutkan bentuk-bentuk
kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keberagaman suku bangsa.
4.4.13 Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang
berbeda jenis kelamin, kegemaran, suku bangsa, dan sifat.
3. SBDP
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk
mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.1 Mengenal bahan dan alat serta
tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.1 Menggambar ekspresi dengan
mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di
lingkungan sekitar.
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat
karya seni rupa.
4.1.4 Menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk
dan tekstur.
D. TUJUAN
1. Dengantanyajawab, siswadapatmenjelaskanmaknahiduprukundalamkemajemukantemandenganpercayadiri.
2. Denganmembacatekspercakapan,
siswadapatmenemukanperanpermintaanmaafuntukmenjagasikaphiduprukundalamkemajemukandenganteliti.
3. DenganmembacatekskegiatanUdindan Edo,
siswadapatmenyebutkanbentuk-bentukkegiatanbersamateman di
sekitarrumahdalamkeberagamansukubangsadenganpercayadiri.
4. Denganbercerita,
siswadapatberperilakurukundengansetiapteman di sekitarrumah yang
berbedajeniskelamin, kegemaran, sukubangsa, dansifatdenganpercayadiri.
5. Dengantanyajawab,
siswadapatmengidentifikasibahan-bahandalammembuatkaryasenirupadenganteliti.
6. Denganmengamatipotongangambar,
siswadapatmenggambarekspresidenganmengolahbentukdanteksturdenganteliti.
E. MATERI
1. Menjelaskan makna hidup rukun dalam
kemajemukan teman.
2. Menemukan peran permintaan maaf untuk
menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan.
3. Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama
teman.
4. Berperilaku rukun dengan setiap teman di
sekitar rumah.
5. Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat
karya seni rupa.
6. Menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk
dan tekstur.
F. METODE dan
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
Media danAlatPembelajaran
• Gambarberbagipola yang akandigunting.
• Tekspercakapan.
SumberBelajar
BukuTematikTerpaduKelas II Kurikulum 2013
KementerianPendidikandanKebudayaan
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
þ
Mengajaksemuasiswaberdo’amenurutAgamadankeyakinanmasing-masing (untukmengawalikegiatanpembelajaran)
þ
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
þ
MengamatigambartentangHidupRukun
þ
Dilanjutkandenganbertanyajawabtentanggambar.
þ
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “HidupRukun di Masyarakat”
|
10 menit
|
Inti
|
Ø Guru
membimbingsiswauntukmengamatigambartiga
siswa yang sedangmelakukanpercakapandenganteliti
(mengamati).
Ø Siswamengamatigambartigasiswa
yang sedang
melakukanpercakapan (mengamati).
Ø Siswadiarahkanmembacatekspercakapan
yang dilakukan
Udin, Edo, dan Badu (mengumpulkaninformasi).
Ø Siswadiarahkanmenemukanbentukpermintaanmaaf
padatekspercakapan (menalar).
Ø Siswadiarahkanmengajukanpertanyaanberdasarkanteks
percakapanUdindan Edo (menanya).
Ø Masing-masingsiswamenukarkanpertanyaannyadengan
teman di sampingnya (menalar).
Ø Siswamenjawabpertanyaantemannyasesuaipertanyaan
yangdiajukan (menalar).
Ø Masing-masingsiswamenyampaikanjawaban
yang telah
ditulissesuaipertanyaantemannya (mengomunikasikan).
Ø Siswa yang lain
memberikantanggapanterhadapjawaban
temannya (mengomunikasikan).
Ø Guru
membimbingsiswauntukmenceritakankegiatan
Udindan Edo melaluitulisandenganbahasa yang santun
mencoba).
Ø SiswamenceritakankegiatanUdindan
Edo melaluitulisan
mencoba).
Ø Siswamemeriksatulisan
yang telahdibuatnya di bawah
bimbingan guru.
Ø Masing-masingsiswamembacakantulisan
yang telah
dibuatnya (mengomunikasikan).
Ø Siswa yang lain
mengomentariceritatemannya (mengomu-
nikasikan).
Ø Guru membimbingsiswauntukmengguntingdan
menempeldenganpercayadiri.
Ø Siswamengamatigambarpola
yang harusdigunting
(mengamati).
Ø Siswadiajakmengguntinggambarsesuaigaris
yang ada
(mencoba).
Ø Siswakemudianmenempelkanpotongangambar
yang
telahdigunting (mencoba).
Ø Tempelandisesuaikandengankesukaansiswa
(mencoba).
Ø Siswamenggambarekspresidenganmengolahbentukdan
tekstur (mencoba).
Ø Siswadiarahkanuntukmembuatsebuahkalimat
permohonanmaafkepadatemannya di bawahkarya yang
telahditulisnya (mencoba).
Ø Bertanyajawabtentangmateri
yang belumdipahamisiswa
(menanyadanmenalar).
Ø Guru
memberikanpenghargaanterhadapprestasibelajar
siswa, misalnyadenganpenghargaansecara verbal.
Ø Siswadiarahkanmenyimpulkanpelajaran
(mengomunikasikan).
|
150 menit
|
Penutup
|
þ
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama
sehari
|
15 menit
|
þ
Melakukanrefleksidengancarabertanyajawabtentangmateri yang
telahdipelajari
þ
Melakukan penilaian hasil belajar
|
|
|
þ
Mengumpulkanhasilkerjasebagaibahanforto folio
þ
Melaksanakantindaklanjut
þ
Mengajaksemuasiswaberdoamenurut agama dankepercayaanmasing-masing
|
|
|
·
Mengamatisikapsiswadalamberdo’a (sikapduduknya, caramembacanya,
caramelafalkannyadsb)
·
Apabilaadasiswa yang kurangbenardankurangsempurnadalamberdo’a,
makasetelahselesaikegiatanberdo’a, langsungdiberinasehat agar besokkalauberdoalebihdisempurnakan
|
|
I. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilain Sikap
Menggunakan format
pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal
sampai dengan kegiatan akhir
b. PenilaianPengetahuan
( testertulis)
Menggunakaninstrumenpenilaianhasilbelajardengantestulisdanlisan
(terlampir)
c. Penilaianketerampilan
(UnjukKerja)
BENTUK INSTRUMEN
1.
PenilaianSikap
No
|
Nama Siswa
|
PerubahanTingkahLaku
|
|||||||||||
PercayaDiiri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Pengetahuan
Instrumenpenilaian: testertulis
(isian)
TesTertulis: Skor
Bilanganloncat
BanyakSoal: 5 Soal
1.
67 75 . . . .
. . . . . . . .
2.
45 55 65 .
. . . 85
3.
45 56 67 .
. . . . . . .
4.
45 57 69 .
. . . . . . .
5.
57 69 81 .
. . . . . . .
KunciJawaban:
1.
67 75 686970
2.
45 55 65 75 85
3.
45 56 67 7889
4.
45 57 69 81
93.
5.
57 69 81 93 105
3. Keterampilan
a. Penilaian:
unjukkerja
RubrikMenyanyikanlagu “Kita KerjaSama-Sama
Penilaian: UnjukKerja
RubrikMenulisCeritaNarasiSederhana
Penilaian: UnjukKerja
RubrikPenilaianBermainPeran
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Nina Nurhayati, S.Pd.
NIP -
|
|
Cipatat,
2014
Guru Kelas 2
Nina Nurhayati, S.Pd.
NIP -
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar