RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : 2 / 1
Tema : 1. Hidup Rukun
Sub Tema :4. HidupRukun di Masyarakat
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
( 5 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya
2.
Memilikiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun,
peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, dan guru.
3.
Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati
(mendengar, melihat, membaca) danmenanyaberdasarkan rasa
ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang
dijumpainya di rumahdan di sekolah
4.
Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang
jelasdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkananaksehat,
dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia
B. KOMPETENSI DASAR / IDIKATOR
1. Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di
tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan
jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.5 Mengenal teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan
teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan
teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.8 Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam
kemajemukan teman.
4.5.5 Menyimpulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup
rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca.
2. PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam
keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan
sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi,
kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral
Pancasila
3.4 Memahami arti bersatu dalam
keberagaman di rumah dan di sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu
dalam keberagaman di lingkungan rumah dan di sekolah.
Indikator
3.4.7 Menyebutkan bentuk-bentuk
kegiatan bersama teman-teman di sekitar rumah, baik perempuan maupun laki-laki.
4.4.13 Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang
berbeda jenis kelamin, kegemaran, cita-cita, dan sifat.
3. PJOK
1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh
perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap
keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran..
3.6 Mengetahui konsep penggunaan
variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan penggunaan variasi
pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
Indikator
3.6.1 Mengidentifikasi penggunaan
variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik
dalam aktivitas gerak ritmis.
3.6.3 Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar
non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak
ritmis.
4.6.1 Bergerak bebas mengikuti irama
(ketukan) tanpa iringan musik.
4.6.2 Melangkah ke berbagai arah sesuai irama.
4. MTK
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan
teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak
mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500
dengan menggunakan blok dienes (kubus
satuan)
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan
sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
Indikator
3.1.7 Mengurutkan bilangan sampai 500.
4.1.1 Mengamati dan menyebutkan
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
D. TUJUAN
1. Denganmembacatekspercakapan,
siswadapatmembeda-kancontohsikaphiduprukundantidakrukundalamkemajemukantemandenganteliti.
2. Denganmembacatekspercakapan,
siswadapatberperilakurukundengansetiapteman di sekitarrumah yang
berbedajeniskelamin, kegemaran, cita-cita, dansifatdengansantun.
3. Denganmengamatitekspercakapan,
siswadapatmenuliskesimpulanisitekspermintaanmaaftentangsikaphiduprukundalamkemajemukanteman
yang telahdibacadenganpercayadiri.
4. Denganmengamatigambar,
siswadapatmenyebutkanbentuk-bentukkegiatanbersamateman-teman di sekitarrumah,
baikperempuanmaupunlaki-lakidengansantun.
5. Denganmelakukanpermainan,
siswadapatmengidentifikasipenggunaanvariasipolagerakdasarlokomotorsesuaiirama
(ketukan) tanpairinganmusikdalamaktivitasgerakritmisdenganteliti.
6. Denganmelakukanpermainan,
siswadapatmengidentifikasipenggunaanvariasipolagerakdasar
non-lokomotorsesuaiirama (ketukan)
tanpairinganmusikdalamaktivitasgerakritmisdenganteliti.
7. Denganmelakukanpermainan,
siswadapatbergerakbebasmengikutiirama (ketukan) tanpairinganmusikdenganpercayadiri.
8. Denganmengamatibimbingangerakan
guru, siswadapatmelangkahkeberbagaiarahsesuaiiramadenganpercayadiri.
9. Denganmemperhatikanbukusiswa,
siswadapatmengurutkanbilangansampai 500 denganteliti.
10. Denganmengurutkanbilangan,
siswadapatmengamatidanmenyebutkanpola-polabilangansederhanamenggunakanbilangankurangdari
100 denganteliti.
E. MATERI
1. Membedakan contoh sikap hidup
rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman.
2. Menulis kesimpulan isi teks
permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah
dibaca.
3. Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa
iringan musik.
4. Melangkah ke berbagai arah sesuai irama.
5. Mengurutkan bilangan sampai 500.
6. Mengamati dan menyebutkan
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
F. METODE dan
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
Media danAlatPembelajaran
• TekspercakapanUdin, Badu, Edo, dan Pak RT.
• Gambargerakan..
SumberBelajar
BukuTematikTerpaduKelas II Kurikulum 2013
KementerianPendidikandanKebudayaan
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
þ
Mengajaksemuasiswaberdo’amenurutAgamadankeyakinanmasing-masing (untukmengawalikegiatanpembelajaran)
þ
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
þ
MengamatigambartentangHidupRukun
þ
Dilanjutkandenganbertanyajawabtentanggambar.
þ
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “HidupRukun di Masyarakat”
|
10 menit
|
Inti
|
Ø Guru
membimbingsiswauntukmengamatitekspercakapan
denganteliti (mengamati).
Ø Siswamengamatitekspercakapan
(mengamati).
Ø Siswamenanyatentangtekspercakapan
(menanya).
Ø Siswamenanyatentangsikaphiduprukun
(menanya).
Ø Siswamenanyatentangsikaphiduptidakrukun
(menanya).
Ø Siswamendapatkanperansesuaidenganbimbingan
guru.
Ø Siswamembacatekspercakapandenganintonasi
yang
jelas (mengamati).
Ø Guru
membimbingsiswauntukmenuliskembaliisiteks
percakapanpermintaanmaaftentangsikaphiduprukun
dalamkemajemukanteman yang telahdibacamembentuk
sebuahceritadenganbahasa yang santun.
Ø Siswamenjawabpertanyaantentangisipercakapan
sebagaipanduanmenuliscerita (menalar).
Ø Siswamenuliskembaliisitekspercakapanpermintaanmaaf
tentangsikaphiduprukundalamkemajemukanteman
yangtelahdibacamembentuksebuahcerita (menalar).
Ø Siswamemperhatikangambargerakan
yang akandilakukan
(mengamati).
Ø Siswamenyebutkanbentuk-bentukkegiatanbersama
teman-teman di sekitarrumah, baikperempuanmaupun
laki-laki (menalar).
Ø Siswamengidentifikasipenggunaanvariasipolagerak
dasarlokomotorsesuaiirama (ketukan) tanpairingan
musikdalamaktivitasgerakritmis (menalar).
Ø Siswamengidentifikasipenggunaanvariasipolagerak
dasar non-lokomotorsesuaiirama (ketukan) tanpairingan
musikdalamaktivitasgerakritmis (menalar).
Ø Siswabergerakbebasmengikutiirama
(ketukan) tanpa
iringanmusik (mencoba).
Ø Siswamelangkahkeberbagaiarahsesuaiirama
(mencoba).
Ø Siswamemilihlagukesukaannya
(mengamati).
Ø Siswamendengarkan
aba-aba (mengamati).
Ø Siswaberjalanberkelompoksambilmenyanyikanlagu
(mencoba).
Ø Siswakelompoklaki-lakiberjalan
di salahsatusudut
lapangan (mencoba).
Ø Siswakelompokperempuanberjalan
di sudut yang lain
(mecoba).
Ø Siswamenjawabpertanyaanuntukmemandubercerita.
Ø Siswamenulisceritatentang
yang dirasakansiswasetelah
bermainjalangembira (mengomunikasikan).
Ø Siswamelengkapigarisbilangan
(menalar).
Ø Guru
membimbingsiswauntukmelakukanpermainan
denganpercayadiri.
Ø Siswamembuatbarisanbilangandimulaidari
200 sampai
bilangansebanyaksiswa (mencoba).
Ø Siswamemegangsatukartubilangan
(mencoba).
Ø Siswaberbarissesuaikartubilangan
yang dipegang
(mencoba).
Ø Siswamembuatgarisbilanganberdasarkanurutanbarisan
bilangansiswa (mencoba).
Ø Siswamemberikangambar-gambar
yang menarikpada
garisbilangantersebut (mencoba).
Ø Siswadibentukmenjadibeberapakelompok
yang terdiri
atas 3 sampai 4 siswa (mencoba).
Ø Setiapkelompokmengambilkartubilangansesuaijumlah
siswa.
Ø Setiapsiswadalamkelompokmemegangsatukartu
bilangan (mencoba).
Ø Siswamemulaimembuatbilanganurutdarikartubilangan
tersebut (mencoba).
Ø Guru
membimbingsiswauntukmenulisbilangan yang
adadalamkelompokdenganmenggunakanhuruftegak
bersambungdenganteliti.
Ø Siswamenulisbilangan
yang adadalamkelompokdengan
menggunakanhuruftegakbersambung (mencoba).
|
150 menit
|
Penutup
|
þ
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama
sehari
|
15 menit
|
þ
Melakukanrefleksidengancarabertanyajawabtentangmateri yang
telahdipelajari
þ
Melakukan penilaian hasil belajar
|
|
|
þ
Mengumpulkanhasilkerjasebagaibahanforto folio
þ
Melaksanakantindaklanjut
þ
Mengajaksemuasiswaberdoamenurut agama dankepercayaanmasing-masing
|
|
|
·
Mengamatisikapsiswadalamberdo’a (sikapduduknya, caramembacanya,
caramelafalkannyadsb)
·
Apabilaadasiswa yang kurangbenardankurangsempurnadalamberdo’a,
makasetelahselesaikegiatanberdo’a, langsungdiberinasehat agar
besokkalauberdoalebihdisempurnakan
|
|
I. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilain Sikap
Menggunakan format
pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal
sampai dengan kegiatan akhir
b. PenilaianPengetahuan
( testertulis)
Menggunakaninstrumenpenilaianhasilbelajardengantestulisdanlisan
(terlampir)
c. Penilaianketerampilan
(UnjukKerja)
BENTUK INSTRUMEN
1.
PenilaianSikap
No
|
Nama Siswa
|
PerubahanTingkahLaku
|
|||||||||||
PercayaDiiri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Pengetahuan
Instrumenpenilaian: testertulis
(uraian)
TesTertulis: Skor
Tekspercakapankegiatanbersamadanhiduprukun
BanyakSoal: 5 Soal
Jawablahpertanyaan-pertanyaanberikutsesuaipercakapan
!
1.
Apaartinyabergotongroyong?
2.
Apakahperlubergotongroyong?
3. Menurutmu, siapa
yang menunjukkansikaphiduprukundantidakdalampercakapan di atas?
4.
Kegiatangotongroyongapa yang pernahdilakukan di lingkunganrumahmu?
5.
Apakahkamuikutmembantukegiatangotongroyongtersebut?
KunciJawaban:
1.
Menyelesaikantugaslebihcepatselesai
2.
Perlu
3.
Edo dan Badu
4.
Disesuaikandenganjawabansiswa
5.
Disesuaikandenganjawabansiswa
3. Keterampilan
a. Penilaian:
unjukkerja
RubrikPenilaianKemampuanMembaca
RubrikMenulisKembaliTeksPercakapankedalamCerita
Penilaian: Pengamatan
VariasiPolaGerakDasarLokomotordan Non-lokomotorSesuaiIrama (Ketukan)
TanpaIringanMusikdalamAktivitasGerakRitmis
HasilPengamatanMelakukanBerbagaiGerakanLokomotordan Non-lokomotor
Penilaian: UnjukKerja
RubrikPenilaianKemampuanBermainBilanganUrut
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Nina Nurhayati, S.Pd.
NIP -
|
|
Cipatat,
2014
Guru Kelas 2
Nina Nurhayati, S.Pd.
NIP -
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar