SEMAPHORE

SEMAPHORE
BELAJAR SEMAPHORE

Kamis, 02 Oktober 2014

Kls 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan           :  SD
Kelas / Semester              :  2 / 1
Tema                                :  1. Hidup Rukun
Sub Tema                         :4. HidupRukun di Masyarakat
Pembelajaran                   :  2
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan  ( 5 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI
1.       Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya
2.       Memilikiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, dan guru.
3.       Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati (mendengar, melihat, membaca) danmenanyaberdasarkan rasa ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumahdan di sekolah
4.       Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang jelasdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia

B.     KOMPETENSI DASAR / IDIKATOR
1. Bahasa Indonesia
1.1        Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5       Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.5       Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5       Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
 Indikator
3.5.8    Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.5    Menyimpulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca.

2. PPKn  
1.2       Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1       Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila
3.4       Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah.
4.4       Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan di sekolah.
Indikator
3.4.7    Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman di sekitar rumah, baik perempuan maupun laki-laki.
4.4.13 Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, cita-cita, dan sifat.

3. PJOK
1.1.      Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2       Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran..

3.6       Mengetahui konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6       Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
Indikator
3.6.1    Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmis.
3.6.3    Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmis.
4.6.1    Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik.
4.6.2    Melangkah ke berbagai arah sesuai irama.

4. MTK
1.1       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1       Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1       Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan   menggunakan blok dienes (kubus satuan)
4.1       Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
Indikator
3.1.7    Mengurutkan bilangan sampai 500.
4.1.1    Mengamati dan menyebutkan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.

D.     TUJUAN
1.       Denganmembacatekspercakapan, siswadapatmembeda-kancontohsikaphiduprukundantidakrukundalamkemajemukantemandenganteliti.
2.       Denganmembacatekspercakapan, siswadapatberperilakurukundengansetiapteman di sekitarrumah yang berbedajeniskelamin, kegemaran, cita-cita, dansifatdengansantun.
3.       Denganmengamatitekspercakapan, siswadapatmenuliskesimpulanisitekspermintaanmaaftentangsikaphiduprukundalamkemajemukanteman yang telahdibacadenganpercayadiri.
4.       Denganmengamatigambar, siswadapatmenyebutkanbentuk-bentukkegiatanbersamateman-teman di sekitarrumah, baikperempuanmaupunlaki-lakidengansantun.
5.       Denganmelakukanpermainan, siswadapatmengidentifikasipenggunaanvariasipolagerakdasarlokomotorsesuaiirama (ketukan) tanpairinganmusikdalamaktivitasgerakritmisdenganteliti.
6.       Denganmelakukanpermainan, siswadapatmengidentifikasipenggunaanvariasipolagerakdasar non-lokomotorsesuaiirama (ketukan) tanpairinganmusikdalamaktivitasgerakritmisdenganteliti.
7.       Denganmelakukanpermainan, siswadapatbergerakbebasmengikutiirama (ketukan) tanpairinganmusikdenganpercayadiri.
8.       Denganmengamatibimbingangerakan guru, siswadapatmelangkahkeberbagaiarahsesuaiiramadenganpercayadiri.
9.       Denganmemperhatikanbukusiswa, siswadapatmengurutkanbilangansampai 500 denganteliti.
10.     Denganmengurutkanbilangan, siswadapatmengamatidanmenyebutkanpola-polabilangansederhanamenggunakanbilangankurangdari 100 denganteliti.

E.     MATERI
1.       Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman.
2.       Menulis kesimpulan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca.
3.        Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik.
4.        Melangkah ke berbagai arah sesuai irama.
5.       Mengurutkan bilangan sampai 500.
6.       Mengamati dan menyebutkan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.

F.         METODE dan PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan         : Scientific
Strategi               : Cooperative Learning
Teknik                : Example Non Example
Metode               : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

Media danAlatPembelajaran
  • TekspercakapanUdin, Badu, Edo, dan Pak RT.
  • Gambargerakan..


SumberBelajar
BukuTematikTerpaduKelas II Kurikulum 2013 KementerianPendidikandanKebudayaan

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ  Mengajaksemuasiswaberdo’amenurutAgamadankeyakinanmasing-masing (untukmengawalikegiatanpembelajaran)
þ  Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ  MengamatigambartentangHidupRukun
þ  Dilanjutkandenganbertanyajawabtentanggambar.
þ  Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang HidupRukun di Masyarakat
10 menit
Inti
Ø   Guru membimbingsiswauntukmengamatitekspercakapan
denganteliti (mengamati).
Ø  Siswamengamatitekspercakapan (mengamati).
Ø  Siswamenanyatentangtekspercakapan (menanya).
Ø  Siswamenanyatentangsikaphiduprukun (menanya).
Ø  Siswamenanyatentangsikaphiduptidakrukun (menanya).
Ø  Siswamendapatkanperansesuaidenganbimbingan guru.
Ø  Siswamembacatekspercakapandenganintonasi yang
jelas (mengamati).
Ø  Guru membimbingsiswauntukmenuliskembaliisiteks
percakapanpermintaanmaaftentangsikaphiduprukun
dalamkemajemukanteman yang telahdibacamembentuk
sebuahceritadenganbahasa yang santun.
Ø  Siswamenjawabpertanyaantentangisipercakapan
sebagaipanduanmenuliscerita (menalar).
Ø  Siswamenuliskembaliisitekspercakapanpermintaanmaaf
tentangsikaphiduprukundalamkemajemukanteman
yangtelahdibacamembentuksebuahcerita (menalar).
Ø  Siswamemperhatikangambargerakan yang akandilakukan
(mengamati).
Ø  Siswamenyebutkanbentuk-bentukkegiatanbersama
teman-teman di sekitarrumah, baikperempuanmaupun
laki-laki (menalar).
Ø  Siswamengidentifikasipenggunaanvariasipolagerak
dasarlokomotorsesuaiirama (ketukan) tanpairingan
musikdalamaktivitasgerakritmis (menalar).
Ø  Siswamengidentifikasipenggunaanvariasipolagerak
dasar non-lokomotorsesuaiirama (ketukan) tanpairingan
musikdalamaktivitasgerakritmis (menalar).
Ø  Siswabergerakbebasmengikutiirama (ketukan) tanpa
iringanmusik (mencoba).
Ø  Siswamelangkahkeberbagaiarahsesuaiirama (mencoba).
Ø  Siswamemilihlagukesukaannya (mengamati).
Ø  Siswamendengarkan aba-aba (mengamati).
Ø  Siswaberjalanberkelompoksambilmenyanyikanlagu
(mencoba).
Ø  Siswakelompoklaki-lakiberjalan di salahsatusudut
lapangan (mencoba).
Ø  Siswakelompokperempuanberjalan di sudut yang lain
(mecoba).
Ø  Siswamenjawabpertanyaanuntukmemandubercerita.
Ø  Siswamenulisceritatentang yang dirasakansiswasetelah
bermainjalangembira (mengomunikasikan).
Ø  Siswamelengkapigarisbilangan (menalar).
Ø  Guru membimbingsiswauntukmelakukanpermainan
denganpercayadiri.
Ø  Siswamembuatbarisanbilangandimulaidari 200 sampai
bilangansebanyaksiswa (mencoba).
Ø  Siswamemegangsatukartubilangan (mencoba).
Ø  Siswaberbarissesuaikartubilangan yang dipegang
(mencoba).
Ø  Siswamembuatgarisbilanganberdasarkanurutanbarisan
bilangansiswa (mencoba).
Ø  Siswamemberikangambar-gambar yang menarikpada
garisbilangantersebut (mencoba).
Ø  Siswadibentukmenjadibeberapakelompok yang terdiri
atas 3 sampai 4 siswa (mencoba).
Ø  Setiapkelompokmengambilkartubilangansesuaijumlah
siswa.
Ø  Setiapsiswadalamkelompokmemegangsatukartu
bilangan (mencoba).
Ø  Siswamemulaimembuatbilanganurutdarikartubilangan
tersebut (mencoba).
Ø  Guru membimbingsiswauntukmenulisbilangan yang
adadalamkelompokdenganmenggunakanhuruftegak
bersambungdenganteliti.
Ø  Siswamenulisbilangan yang adadalamkelompokdengan
menggunakanhuruftegakbersambung (mencoba).
150 menit
Penutup
þ  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
15 menit
þ  Melakukanrefleksidengancarabertanyajawabtentangmateri yang telahdipelajari
þ  Melakukan penilaian hasil belajar

þ  Mengumpulkanhasilkerjasebagaibahanforto folio
þ  Melaksanakantindaklanjut
þ  Mengajaksemuasiswaberdoamenurut agama dankepercayaanmasing-masing


·       Mengamatisikapsiswadalamberdo’a (sikapduduknya, caramembacanya, caramelafalkannyadsb)
·       Apabilaadasiswa yang kurangbenardankurangsempurnadalamberdo’a, makasetelahselesaikegiatanberdo’a, langsungdiberinasehat agar besokkalauberdoalebihdisempurnakan


I.       PENILAIAN
1.   Teknik Penilaian
a.   Penilain Sikap
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   PenilaianPengetahuan ( testertulis)
Menggunakaninstrumenpenilaianhasilbelajardengantestulisdanlisan (terlampir)
c.    Penilaianketerampilan (UnjukKerja)

BENTUK INSTRUMEN
1.     PenilaianSikap
No
Nama Siswa
PerubahanTingkahLaku
PercayaDiiri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













2.     Pengetahuan
Instrumenpenilaian: testertulis (uraian)
TesTertulis: Skor
Tekspercakapankegiatanbersamadanhiduprukun
BanyakSoal: 5 Soal

Jawablahpertanyaan-pertanyaanberikutsesuaipercakapan !
1.  Apaartinyabergotongroyong?
2.  Apakahperlubergotongroyong?
3.  Menurutmu, siapa yang menunjukkansikaphiduprukundantidakdalampercakapan di atas?
4.  Kegiatangotongroyongapa yang pernahdilakukan di lingkunganrumahmu?
5.  Apakahkamuikutmembantukegiatangotongroyongtersebut?

KunciJawaban:
1.    Menyelesaikantugaslebihcepatselesai
2.    Perlu
3.    Edo dan Badu
4.    Disesuaikandenganjawabansiswa
5.    Disesuaikandenganjawabansiswa

3. Keterampilan
a. Penilaian: unjukkerja
RubrikPenilaianKemampuanMembaca
RubrikMenulisKembaliTeksPercakapankedalamCerita
Penilaian: Pengamatan
VariasiPolaGerakDasarLokomotordan Non-lokomotorSesuaiIrama (Ketukan) TanpaIringanMusikdalamAktivitasGerakRitmis
HasilPengamatanMelakukanBerbagaiGerakanLokomotordan Non-lokomotor
Penilaian: UnjukKerja
RubrikPenilaianKemampuanBermainBilanganUrut


Mengetahui
Kepala Sekolah,



Nina Nurhayati, S.Pd.
NIP -

Cipatat,      2014
Guru Kelas 2



Nina Nurhayati, S.Pd.
NIP -

                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar