RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan
|
:
|
SD
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
I (SATU) / 1(satu)
|
|
Tema
|
:
|
DIRIKU
|
|
Sub Tema / Pembelajaran
|
:
|
TUBUHKU/3
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 (SATU ) HARI
|
|
A.
|
Kompetensi INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat,
membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan
disekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
||
B
|
Kompetensi Dasar
PKn :
4.2 Melaksanakan tatatertib dirumah
dan sekolah .
Matematika :
3.1. Mengenalbilanganaslisampa 99 denganmenggunakanbendabenda
yang ada di sekitarrumah,sekolah, atautempatbermain
Bahasa Indonesia :
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud
dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang
anggota tubuh dan panca indra,wujud dan sifat benda,serta peristiwa siang dan
malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dantulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
||
C.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi :
PPKn = Mengikuti
aturan dalam kegiatan disekolah
Bahasa
Indonesia =1. Menirukan teks Deskriptif sederhana tentang anggota tubuh
2. Membaca teks Deskriptif sederhanatentang anggota tubuh
|
||
D.
|
Tujuanpembelajaran
MengenalBilangan
1—5:
1.
Setelahmendengarkanpenjelasan guru, siswamampumenunjukkanbanyakbendasesuaidenganlambangbilangan
(1—5) dengantepat.
2.
Setelahmendengarkanpenjelasan guru,
siswadapatmenuliskanlambangbilangansesuaidenganbanyakbenda.
Tujuanpembelajaran
MembacaTeksDeskriptiftentangAnggotaTubuh
1.
Setelahmendengarkancontoh guru,
siswadapatmenirukanmembacanyaringteksdeskriptif.
2.
Setelahmendengarkanbacaan guru,
siswadapatmembacanyaringteksdeskriptif.
|
||
E.
|
Materi ajar : BUKU SISWA HALAMAN 41 – 45
B. Indonesia :
1. Mengenal
fungsi bagian tubuh
2. Berlatih
menulis
PPKn :
1. Perilaku Tertib dan TidakTertib
|
||
F
|
Pendekatan dan Metode pembelajaran= Pendekatan Scientific, Strategi Cooperative
Learning
Metode Tanya jawab, Diskusi dan Bermain peran
|
||
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan : 10 menit
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing
(untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.
Mengajak menyanyi angota tubuh
4.
Menginformasikan tentang anggota tubuh
Kegiatan INTI : 150 menit
Langkah–langkahkegiatan:
1. Siswadiajakmenyanyikanlagu
“Nama-Nama Jari”.
2. Guru menjelaskankonsepbilangan
1—5 denganmenggunakanjaritangandananggotatubuhlainnya.
3.
Siswasecarabergantianmenunjukkanjaritangansesuaibilangan yang ditentukan
(1—5) di bawahbimbingan guru.
4. Siswadimintamencaribenda-benda di
kelasatau di luarkelassejumlahbilangantertentu yang sedangdipelajari.
5.
Siswadimintamenunjukkanbenda-benda yang
merekakumpulkandanmenjelaskanbanyakbenda-bendatersebut.
6. Di akhirkegiatan, guru
memintasiswakembalimenyanyikanlagu “Nama-Nama Jari”.
7. Siswamengerjakanlatihan di
bukusiswahal. 39
Langkah–langkahkegiatan:
1. Guru
menyiapkanteksdeskriptifsederhanatentanganggotatubuh.
Contohteks: (disajikan di bukusiswa)
inii-n-ii-ni
mata m-a-t-a ma-ta
kaki k-a-k-ika-ki
saya s-a-y-a sa-ya
dua d-u-a du-a
2. Siswamenirukan guru
membacanyaringteksdeskriptiftersebut
3.
Siswasecarabergantianmembacatekssederhana di bawahbimbingan guru.
4. Guru
mengajukanpertanyaanuntukmengetahuipemahamansiswaterhadapisibacaan
5. Guru
menutuppelajarandenganmemintakembalisiswamembacatekstersebutbersama-sama
|
|||
H
|
Media (Alat) dan
Sumber Belajar
Jaritangandananggotatubuh guru
dansiswa.
Benda-benda di kelasatau di
luarkelas
|
||
Prosedur dan Instrumen Penilaian =
a. Proses =
Instrumen =
penilaian unjuk kerja (terlampir)
b.
Hasil Belajar =Tes Tertulis
|
|||
|
Lampiran Penilaian
LAMPIRAN MATERI
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar