SEMAPHORE

SEMAPHORE
BELAJAR SEMAPHORE

Kamis, 02 Oktober 2014

RRP KELAS 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R P P  )

Satuan Pendidikan
:
SD
Kelas/Semester                   
:
I (SATU) / 1(satu)
Tema
:                
DIRIKU
Sub Tema / Pembelajaran
:
TUBUHKU/3
Alokasi Waktu
:           
1 (SATU ) HARI
A.
Kompetensi INTI                                                                            
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B
Kompetensi Dasar
PKn :
4.2 Melaksanakan tatatertib  dirumah  dan sekolah .
Matematika :
3.1. Mengenalbilanganaslisampa 99 denganmenggunakanbendabenda yang ada di sekitarrumah,sekolah, atautempatbermain

Bahasa Indonesia :
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra,wujud dan sifat benda,serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dantulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
PPKn =  Mengikuti aturan dalam kegiatan disekolah
Bahasa Indonesia =1. Menirukan teks Deskriptif sederhana­ tentang anggota tubuh
                                   2. Membaca teks Deskriptif sederhanatentang anggota tubuh
D.
Tujuanpembelajaran
MengenalBilangan 15:
1.     Setelahmendengarkanpenjelasan guru, siswamampumenunjukkanbanyakbendasesuaidenganlambangbilangan (1—5) dengantepat.
2.     Setelahmendengarkanpenjelasan guru, siswadapatmenuliskanlambangbilangansesuaidenganbanyakbenda.

Tujuanpembelajaran
MembacaTeksDeskriptiftentangAnggotaTubuh
1.     Setelahmendengarkancontoh guru, siswadapatmenirukanmembacanyaringteksdeskriptif.
2.     Setelahmendengarkanbacaan guru, siswadapatmembacanyaringteksdeskriptif.
E.
Materi ajar : BUKU SISWA HALAMAN 41 – 45
B. Indonesia :
1.     Mengenal fungsi bagian tubuh
2.     Berlatih menulis
PPKn :
1. Perilaku Tertib dan TidakTertib
F
Pendekatan dan Metode pembelajaran= Pendekatan Scientific, Strategi Cooperative Learning
Metode Tanya jawab, Diskusi dan Bermain peran

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan : 10 menit
1.     Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.     Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.     Mengajak menyanyi angota tubuh
4.     Menginformasikan tentang anggota tubuh
Kegiatan INTI : 150 menit
Langkah–langkahkegiatan:
1. Siswadiajakmenyanyikanlagu “Nama-Nama Jari”.
2. Guru menjelaskankonsepbilangan 1—5 denganmenggunakanjaritangandananggotatubuhlainnya.
3. Siswasecarabergantianmenunjukkanjaritangansesuaibilangan yang ditentukan (1—5) di bawahbimbingan guru.
4. Siswadimintamencaribenda-benda di kelasatau di luarkelassejumlahbilangantertentu yang sedangdipelajari.
5. Siswadimintamenunjukkanbenda-benda yang merekakumpulkandanmenjelaskanbanyakbenda-bendatersebut.
6. Di akhirkegiatan, guru memintasiswakembalimenyanyikanlagu “Nama-Nama Jari”.
7. Siswamengerjakanlatihan di bukusiswahal. 39
Langkah–langkahkegiatan:
1. Guru menyiapkanteksdeskriptifsederhanatentanganggotatubuh.
Contohteks: (disajikan di bukusiswa)
inii-n-ii-ni
mata m-a-t-a ma-ta
kaki k-a-k-ika-ki
saya s-a-y-a sa-ya
dua d-u-a du-a
2. Siswamenirukan guru membacanyaringteksdeskriptiftersebut
3. Siswasecarabergantianmembacatekssederhana di bawahbimbingan guru.
4. Guru mengajukanpertanyaanuntukmengetahuipemahamansiswaterhadapisibacaan
5. Guru menutuppelajarandenganmemintakembalisiswamembacatekstersebutbersama-sama
 H
Media (Alat) dan  Sumber Belajar
Jaritangandananggotatubuh guru dansiswa.
Benda-benda di kelasatau di luarkelas
I
Prosedur dan Instrumen Penilaian =
a.      Proses =
Instrumen = penilaian unjuk kerja (terlampir)
b.     Hasil Belajar =Tes Tertulis








Lampiran Penilaian








                                                       


















                                                       
LAMPIRAN MATERI













Tidak ada komentar:

Posting Komentar