SEMAPHORE

SEMAPHORE
BELAJAR SEMAPHORE

Kamis, 02 Oktober 2014

RPP KELAS 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                     : SD
Tema                        : Hidup Rukun
Kelas/Semester          : II/1
Sub Tema                 : Hidup Rukun dengan Teman Bermain
Pembelajaran            : 1
Alokasi Waktu          : 6 X 35 Menit


A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur ,tanggung jawab, santun,peduli,dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman dan guru
3.      Memahami pengatahuan factual dengan cara mengamati ( mendengar,melihat,membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya ,mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya.
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis , dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat ,d,an dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
       PJOK                                       
1.      1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya
sebagai anugerah Tuhan (KD pada KI-1)
2.      2.1 Berperilaku sportif dalam bermain(KD pada KI-2)
3.      3.1 Mengetahui konsep gerak variasi gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan yang sederhana atau tradisional
4.      3.3 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar manipulatife dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permaianan tradisional
5.        4.1 Mempraktikan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional
6.      4.3 Mempraktikan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau permainan tradisional
     MATEMATIKA
1.      1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya(KD pada KI-3)
2.      2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli,disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.      3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes ,pengelompokan benda-benda di sekitar rumah,sekolah atau tempat bermain
Indikator
3.113      Membaca lambang bilangan sampai 500
3.114      Menulis lambang bilangan sampai 500
4.      4.1 Memprediksi pola-pola sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
Indikator
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan
yang kurang dari 100
     SBDP
1.      1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.      2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.      3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat music ritmis
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat music ritmis
4.      4.7 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna
Indikator
4.7.1        Membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna
4.7.2        Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna


           BAHASA INDONESIA
1.       1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang
dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar ditengah  keberagaman bahasa daerah.
2.      2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun
     dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan
     bahasa daerah.
3.      3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kema-
      jemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indoneia lisan dan tulis yang
      dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
Indikator
        3.5.7 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman
4.      4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam
      Kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan
               dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk mem-
               bantu penyajian.
            Indikator
4.5.4        Membaca teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kema-
jemukan teman
             PPKN
1.      1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang
    Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah 
2.      2.1Menunjukkan perilaku toleransi, kasih saying, jujur, ,disiplin, tanggung
    jawab, santun,peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
    teman dan guru sebagai perwujudan moral pancasila
3.      3.3Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di se-
    kolah
Indikator
       3.3.9Mengidentifikasi keberagaman teman barmain di sekitar rumah berdasar-
              kan kegemaran
4.      4.3Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah
Indikator
 4.3.7Menceritakan perilaku rukun dengan teman bermain di sekitar rumah
Catatan:
KD-1 dan KD-2 dari KI-1 dan KI-2 tidak harus dikembangkan dalam indikator karena keduanya dicapai melalui proses pembelajaran yang tidak langsung. Indikator dikembangkan hanya untuk KD-3 dan KD-4 yang dicapai melalui proses pembelajaran langsung.
C.    Tujuan Pembelajaran
a.      Dengan teks percakapan tentang hidup rukun , siswa dapat membaca teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti,cermat,peduli ,tanggung jawab
b.      Dengan membaca teks percakapan , siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti
c.      Dengan membaca teks percakapan , siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran dengan teliti
d.      Dengan kegiatan menulis cerita tentang hidup rukun , siswa dapat menceritakan perilaku rukun dengan teman bermain di sekitar rumah dengan bahasa yang santun
e.      Dengan memperhatikan demonstrasi guru tentang pola irama lagu , siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis dengan teliti,cermat
f.       Dengan bimbingan guru dan mengamati contoh syair lagu ,siswa dapat membuat lagu anak-anak sederhana menggunakan kata-kata sendiri yang bermakna dengan percaya diri,cermat.
g.      Dengan lagu yang dibuat , siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak sederhana menggunakan kata-kata sendiri yang bermakna dengan percaya diri, cermat,sportif.
h.      Dengan mengamati beberapa lambang bilangan yang ada pada gambar, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan percaya diri
i.       Dengan penugasan, siswa dapat menulis lambang bilangan sampai 500 dengan teliti,jujur.
j.       Dengan mengamati contoh deret bilangan,siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti,jujur.

D.    Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
Hidup Rukun dengan Teman Bermain ( pembelajaran 1)

E.     Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
-tanya jawab,
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media                             :Gambar
2. Alat/Bahan                      :          
3. Sumber Belajar                : Buku guru dan buku siswa hal: 52-62   
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu:
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 15 menit)
                   Salam pembuka dan memulai kegiatan dengan berdoa.
                  Apersepsi:
                   Siswa menirukan tepuk IKROM yang dicontohkan guru.
b. Kegiatan Inti (180 menit)
-siswa mengamati gambar tentang bermain sepeda
-Siswa bertanya jawab dengan guru tentang gambar tersebut
- siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (mengamati)
-Siswa membuat kalimat yang sesuai dengan gambar tersebut
-Guru memberikan contoh percakapan tentang bermain dalam kerukunan
- siswa membaca percakapan tentang bermain dalam kerukunan dengan memperhatikan EYD
- siswa membuat pertanyaan dari teks bacaan teks percakapan
- siswa mengajukan pertanyaan berdasarkan pertanyaan yang dibuat dengan temannya di   depan kelas
- siswa menjawab pertanyaan yang diajukan temannya[menalar]
-siswa kembali mengamati gambar yang mencerminkan hidup rukun dalam keberagaman
[mengamati]
-siswa mengidentifikasi gambar berdasarkan gambar yang diamati[menalar]
-siswa membaca balon percakapan berdasarkan gambar yang diamati
-siswa bertanya jawab tentang balon percakapan yang dibaca [menalar dan mengkomunikasikan]    
-siswa diarahkan menuli isi cerita balon percakapan yang dibaca[mengkomunikasikan]
-guru mengarahkan siswa agar menulis dengan ejaan yang benar
-siswa membaca tulisan yang telah dibuat [mengomunikasikan]
-setelah membaca tulisan yang telah dibuat ,siswa menceritakan pengalamannya tentang kerukunan ketika bermain dengan bahasa yang santun[mengomunikasikan]
-siswa menjawab pertanyaan dari cerita yang didengar[menalar]
-siswa menjelaskan manfaat hidup rukun ketika bermain di sekitar rumah teman[mengomunikasikan]
-siswa menjelaskan akibat tidak bersikap rukun ketika bermain di sekitar rumah[mengomunikasikan]
-siswa menyanyikan lagu “ Di Sini Senang Di Sana Senang” sesuai dengan teks lagu yang dengan memperhatikan tempo dan irama[mencoba]
-guru membimbing siswa agar dapat menyanyi dengan percaya diri dan semangat
-siswa membuat syair lagu tentang kerukunan [mencoba]
-syair lagu adalah kata-kata di dalam lagu
-syair lagu yang dibuat disesuaikan dengan irama lagu “ Di Sini Senang Di Sana Senang”
-apabila siswa mengalami kesulitan ,berilah contoh atau mulailah dengan kalimat yang dibuat oleh guru atau ditambahkan siswa yang lain
-siswa juga dapat hanya dengan mengganti beberapa kata saja sesuai dengan lagunya
-siswa diarahkan mencari pasangan untuk saling bertanya tentang syair yang dibuat
-siswa membuat pertanyaan berdasarkan lagu teman pasangannya (menalar dan mengomunikasikan)
-siswa kemudian saling menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan yang diajukan temannya[menalar dan mengomunikasikan]
-siswa membaca teks bacaan yang memuat nomor rumah (mengamati)
-siswa mengamati gambar dua rumah yang ada nomor rumahnya(mengamati)
-siswa membaca lambang bilangan yang diamati(mengamati)
-siswa menulis lambang bilangan dari soal yang ada pada bukunya( mencoba)
-siswa menulis bacaan lambang bilangan dengan tulisan tegak bersambung pada lembar kerja yang ada di bukunya (mencoba)
-Siswa mengamati pola barisan bilangan [mengamati]
-Siswa membuat pola-pola bilangan sederhana yang ada pada lembar bilangannya[mencoba]
-Siswa diarahkan mengajukan pertanyaan tentang materi yang belum dipahami [menanya]
-Siswa menyimpulkan pelajaran dengan bahasa sendiri.

c. Penutup (15 menit)
 -Siswa membuat kesimpulan dalam bentuk tulisan sederhana
-Siswa membuat kesimpulan dalam bentuk lisan dengan cara bercerita tentang hasil mengamati gambar,identifikasi masalah sampai pengolahan data
H. Penilaian
1.      Jenis/teknik penilaian
a.      Sikap
No.
Nama Siswa
Perubahan
Tingkah
Laku







Percaya
Diri
Teliti

Santun





BT       MT
MB   SM
BT   MT
MB     SM
BT
MT
MB
SM
1









2









3









4









5










b.     Pengetahuan
Membaca lambang bilangan
Tes tertulis        : Skor
Jumlah soal       : 5 soal
Contoh intrumen Matematika:
Bacalah bilangan di bawah ini dengan teliti !
1.      234             4. 274               7. 299
2.      188             5. 173               8. 147
3.      199             6. 123
Menulis lambang bilangan
Tes tulis            : skor
Jumlah soal       : 5 soal
Contoh Instrumen Bahasa Indonesia :
1.      Amatilah gambar anak bermain sepeda!
2.      Buatlah beberapa kalimat sesuai gambar tersebut!
Kunci Jawaban :
1.      Kebijaksanaan guru
2.      -Ada 2 anak sedang bermain sepeda
-mereka menggunakan sepeda kecil dengan bersama-sama
-mereka kelihatan sangat senang sekali
            Contoh Instrumen SBDP :
1.      Nyanyikanlah lagu “ Disini Senang Di Sana Senang” secara berpasangan!
2.      Buatlah pertanyaan dan jawaban sesuai dengan syair lagu “ Disini Senang Di Sana Senang”!
Kunci Jawaban:
1.      Kebijakan Guru
2.      Bagaimana irama lagu “ Disini Senang Di Sana Senang”?  dua perempat
            Contoh Instrumen PPKN:
1.      Sebutkan contoh hidup rukun dengan teman bermain di rumah!
Kunci Jawaban:
1.      -Saling meminjamkan barang milik ke teman
-Saling tolong menolong

c.      Keterampilan
1.      Membuat pertanyaan tentang kerukunan Udin dan Edo
Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Membuat pertanyaan tentang kerukunan Udin dan Edo
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan


4
3
2
1
1
Keesuaian pertanyaan dengan tema
Pertanyaan sesuai dengan tema lebih variatif
Pertanyaan sesuai dengan tema
Pertanyaan kurang sesuai dengan tema
Pertanyaan tidaksesuai dengan tema
2
Penggunaan huruf besar,dan tanda baca
Menggunakan huruf besar(awal kalimat,nama orang,tanda Tanya di akhir kalimat
Terdapat 1 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda tanya
Terdapat 2
kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda tanya
Mengabaikan huruf besar dan tanda tanya

2.      Menulis Cerita Berdasarkan Urutan Gambar
Penilaian : untuk kerja
Rubrik Penilaian Menulis Cerita Berdasarkan Urutan Gambar

No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan


4
3
2
1
1
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik
2
Kesesuaian cerita yang ditulis dengan tema dan urutan gambar
Seluruh isi cerita yang ditulis sesuai tema dan urutan gambar
Setengan atau lebih isi cerita sesuai dengan tema dan urutan gambar
Hamper keseluruhan cerita kurang sesuai dengan tema dan urutan gambar
Cerita tidak sesuai tema dan urutan gambar
3
Penulisan
Penulisan kata yang sudah tepat
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
Seluruh kata belum tepat dalam penulisan
4
Penggunaan kalimat yang efektif
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang efektif
Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif
Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif














3.      Membuat syair lagu tentang kerukunan
Penilain: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Membuat pertanyaan tentang kerukunan Udin dan Edo
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan


4
3
2
1
1
Keesuaian syair dengan tema
Seluruh isi syair sesuai tema
Setengah atau lebih isi syair sesuai tema
Hampir keseluruhan isi syair kurang sesuai tema
syair tidak sesuai tema
2
Kesesuaian syair dengan irama lagu
Seluruh kalimat pada syair sesuai irama lagu
Terdapat 1-2 kalimat pada syair kurang sesuai irama lagu
Lebih dari 2 kalimat pada syair kurang sesuai irama lagu
Seluruh kalimat pada syair kurang sesuai irama lagu

Skor Penilaian = Skor Perolehan     X 100%
                           Skor Maximum

(sumber: Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013: Lampiran IV)


































Tidak ada komentar:

Posting Komentar