RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : 2 / 1
Tema / Topik : Tema 1 =
Hidup Rukun
Sub Tema :HidupRukun di Masyarakat
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan ( 5 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerimadanmenjalankanajaran
agama yang dianutnya
2. Memilikiperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, santun, peduli,
danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, dan guru.
3. Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati
(mendengar, melihat, membaca) danmenanyaberdasarkan rasa
ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang
dijumpainya di rumahdan di sekolah
4. Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa
yang jelasdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkananaksehat,
dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia
B. KOMPETENSI
DASAR / IDIKATOR
1. Bahasa Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di
tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam
percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.5
Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5 Menggunakan
teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan
teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.12
Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.6 Menerapkan permintaan maaf demi menjaga
kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan teman.
2. PKN
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih
sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral
Pancasila.
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah dan di sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan di sekolah.
Indikator
3.4.9 Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman di sekitar rumah dalam keragaman sifat.
4.4.13
Berperilaku
rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin,
kegemaran, dan sifat/karakter.
3. SBDP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni
sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan uhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal
alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.2 Mengenal
pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata
dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan
pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
Indikator
3.2.2
Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alatmusik ritmis.
4.8.1 Memainkan
pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
4. MTK
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti,
jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah
menyerah dalam mengerjakan tugas
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok Dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
Indikator
3.1.8 Membilang loncat.
4.1.2 Menentukan pola-pola bilangan sederhana
dengan menggunakan bilangan kurang dari 100
D. TUJUAN
1. Denganmembacadongeng “MarasenanidanMatahari”,
siswadapatmenyebutkanbentuk-bentukkegiatanbersamateman di
sekitarrumahdalamkeragamansifatdenganpercayadiri.
2. Denganmenanyatentangdongeng
“MarasenanidanMatahari”, siswadapatmenerapkanpermintaanmaaf demi
menjagakerukunanhidupdalammenyikapikemajemukantemandenganpercayadiri.
3. Denganmengisikolompesandaridongeng
“MarasenanidanMatahari”,
siswadapatmenjelaskanakibattidakhiduprukundalamkemajemukantemandenganpercayadiri.
4. Denganpenugasan,
siswadapatberperilakurukundengansetiapteman di sekitarrumah yang berbedajeniskelamin,
kegemaran, dansifat (karakter) denganpercayadiri.
5. Denganmenyanyi “Amelia”,
siswadapatmenunjukkanpolairamalagubertandabiramatigapadaalatmusikritmisdenganteliti.
6. Denganmenyanyi “Amelia”,
siswadapatmemainkanpolairamabervariasilagubertandabiramatigadenganpercayadiri.
7. Denganmengamatiberbagaibilangan,
siswadapatmembilangloncatdenganteliti.
8. Denganmengamamatiberbagabilangan,
siswadapatmenentukandanmenggambarpola-polabilangansederhanadenganmenggunakanbilangankurangdari
100 denganteliti.
E. MATERI
1. Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama
teman di sekitar rumah.
2. Menerapkan permintaan maaf demi menjaga
kerukunan hidup.
3. Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam
kemajemukan teman.
4. Berperilaku rukun dengan setiap teman di
sekitar rumah.
5. Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama
tiga pada alat musik ritmis.
6. Memainkan pola irama bervariasi lagu
bertanda birama tiga.
7. Membilang loncat.
8. Menentukan dan menggambar pola-pola
bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.
F. METODE
dan PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
Media danAlatPembelajaran
1. Teksdongeng “MarasenanidanMatahari”.
2. Tekslagu “Amelia”.
SumberBelajar
BukuTematikTerpaduKelas II Kurikulum
2013 KementerianPendidikandanKebudayaan
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
þ
Mengajaksemuasiswaberdo’amenurutAgamadankeyakinanmasing-masing
(untukmengawalikegiatanpembelajaran)
þ
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
þ
MengamatigambartentangHidupRukun
þ
Dilanjutkandenganbertanyajawabtentanggambar.
þ
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang “HidupRukun
di Masyarakat”
|
10 menit
|
Inti
|
Ø
Guru
membimbingsiswauntukmengamatigambar yang
adapadateksdongengberjudul “MarasenanidanMatahari”
denganteliti. (mengamati).
Ø
Siswamengamatigambar yang adapadateksdongeng
berjudul “MasarasenanidanMatahari” (mengamati).
Ø
Siswamenanyatentanggambar yang
terdapatpadadongengberjudul “MarasenanidanMatahari” (menanya).
Ø
Siswa lain
diberikesempatanuntukmenjawabpertanyaan
temannya (menalar).
Ø
Guru membimbingsiswauntukmendengarkandongeng
berjudul “MarasenanidanMatahari” denganteliti.
Ø
Siswamendengarkandongengberjudul
“Marasenanidan
Matahari” (mengamati)
Ø
Bertanyajawabtentangisidongeng
(menanyadan
menalar).
Ø
Siswadiarahkanmengajukanpertanyaansesuaiisidongeng
denganpercayadiri (menanya).
Ø
Siswasalingmenukarkanpertanyaannyadengansiswa
yang lain (menalar).
Ø
Siswamenyampaikanjawaban yang
telahditulisdengan
bahasa yang santun (mengomunikasikan).
Ø
Siswa yang lain
memberikantanggapanterhadapjawaban
siswadenganbahasasendiri (mengomunikasikan).
Ø
Siswadiarahkanmenulispesansesuaiisidongeng
yang
elahdibacadenganteliti (mencoba).
Ø
Membacakantulisan yang
telahditulisdenganlafaldan
ntonasi yang tepat (mengomunikasikan).
Ø
Guru
membimbingsiswauntukmenyanyikanlagu “Amelia”
denganpercayadiri (mencoba).
Ø
Siswamenyanyikanlagu “Amelia”
(mencoba).
Ø
Siswakemudiandiajakmenemukanpolairamaberdasarkan
nyanyi (menalar).
Ø
Guru
memberikanbimbingandanarahantentangpola
iramalagu.
Ø
Guru
membimbingsiswauntukmenceritakanlagu “Amelia”
denganbahasa yang santun.
Ø
Guru memberikanarahan,
bolehdenganbahasadaerah
ketikabercerita.
Ø
Siswamenceritakanlagu “Amelia”
(mengomunikasikan).
Ø
Siswakemudianmenjawabpertanyaandenganbahasa
sendiri (menalar).
Ø
Menyampaikanjawabandenganbahasasendiri
yang
santun (mengomunikasikan).
Ø
Siswa yang lain
memberikantanggapandarijawabansiswa
(mengomunikasikan).
Ø
Siswamengamatiberbagaibilangan
(mengamati).
Ø
Siswadiarahkanuntukmembilangloncatsesuaidengan
polabilangan (mencoba).
Ø
Siswamenyampaikanjawaban yang
telahdibuat
(mengomunikasikan).
Ø
Masing-masingsiswasalingmemeriksajawaban
(menalar).
Ø
Siswamembuatbarisanbilangandenganpolabilangan
yangditentukanolehsiswa (mencoba).
Ø
Bertanyajawabtentangmateri yang
belumdipahami
denganpercayadiri.
Ø
Guru
memberikanpenghargaandanpenguatanterhadap
prestasibelajarsiswa.
Ø
Siswamenyimpulkanpelajarandenganbahasasendiri.
|
150 menit
|
Penutup
|
þ
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
|
15 menit
|
þ
Melakukanrefleksidengancarabertanyajawabtentangmateri
yang telahdipelajari
þ
Melakukan penilaian
hasil belajar
|
|
|
þ
Mengumpulkanhasilkerjasebagaibahanforto folio
þ
Melaksanakantindaklanjut
þ
Mengajaksemuasiswaberdoamenurut agama
dankepercayaanmasing-masing
|
|
|
·
Mengamatisikapsiswadalamberdo’a (sikapduduknya,
caramembacanya, caramelafalkannyadsb)
·
Apabilaadasiswa yang
kurangbenardankurangsempurnadalamberdo’a, makasetelahselesaikegiatanberdo’a,
langsungdiberinasehat agar besokkalauberdoalebihdisempurnakan
|
|
I. PENILAIAN
1. Teknik
Penilaian
a. Penilain
Sikap
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b. PenilaianPengetahuan
( testertulis)
Menggunakaninstrumenpenilaianhasilbelajardengantestulisdanlisan
(terlampir)
c. Penilaianketerampilan
(UnjukKerja)
BENTUK INSTRUMEN
1. PenilaianSikap
No
|
Nama Siswa
|
PerubahanTingkahLaku
|
|||||||||||
PercayaDiiri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Pengetahuan
Penilaianmengajukanpertanyaandengandaftarperiksa
Hasilpenilaianmengajukanpertanyaandengandaftarperiksa
PenilaianMembilangLoncat
Jumlahsoal: 3
Bilanganloncat
7 dimulaidaribilangan 11
11 18
25 . . . . . . . .
. . . . . . . .
Bilanganloncat12 dimulaidaribilangan 11
11 . . . .
. . . . . . . . . . . .
. . . . . . . .
30 . . . .
. . . . . . . . . . . .
. . . .
. .
. . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . .
Kuncijawaban:
1. 11, 18, 25, 32, 39, dan 46 (skor 10)
2. 11, 33, 45, 57, 69, dan 81 (skor 10)
3. Disesuaikandenganjawabansiswa (skor 10)
4. Disesuaikandenganjawabansiswa (skor 10)
3.
Keterampilan
Penilaian: UnjukKerja
RubrikPenilaianMenyanyikanLaguAnak-anak
RubrikPenilaianMenceritakan Isi Lagur
HasilPenilaianMelakukanPolaGerakDasarLokomotor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar