SEMAPHORE

SEMAPHORE
BELAJAR SEMAPHORE

Kamis, 02 Oktober 2014

RPP KLS 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan           :  SD
Kelas / Semester              :  2 / 1
Tema / Topik                   :  Tema 1 = Hidup Rukun
Sub Tema                         :HidupRukun di Masyarakat
Pembelajaran                   :  6
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan  ( 5 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI
1.       Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya
2.       Memilikiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, dan guru.
3.       Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati (mendengar, melihat, membaca) danmenanyaberdasarkan rasa ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumahdan di sekolah
4.       Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang jelasdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia

B.     KOMPETENSI DASAR / IDIKATOR

1. Bahasa Indonesia
1.1          Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5         Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.5          Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5         Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.12 Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.6  Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan teman.

2. PKN
1.2       Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1         Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.4  Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah.
4.4  Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan di sekolah.
Indikator
3.4.9      Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keragaman sifat.
4.4.13    Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat/karakter.

3. SBDP
              1.1  Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan uhan.
2.2  Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.2  Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8  Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
Indikator
3.2.2  Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alatmusik ritmis.
4.8.1  Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

4.       MTK
1.1         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1         Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.1         Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok Dienes (kubus satuan).
4.1         Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
Indikator
3.1.8      Membilang loncat.
4.1.2      Menentukan pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100

D.     TUJUAN
1.  Denganmembacadongeng “MarasenanidanMatahari”, siswadapatmenyebutkanbentuk-bentukkegiatanbersamateman di sekitarrumahdalamkeragamansifatdenganpercayadiri.
2.  Denganmenanyatentangdongeng “MarasenanidanMatahari”, siswadapatmenerapkanpermintaanmaaf demi menjagakerukunanhidupdalammenyikapikemajemukantemandenganpercayadiri.
3.  Denganmengisikolompesandaridongeng “MarasenanidanMatahari”, siswadapatmenjelaskanakibattidakhiduprukundalamkemajemukantemandenganpercayadiri.
4.  Denganpenugasan, siswadapatberperilakurukundengansetiapteman di sekitarrumah yang berbedajeniskelamin, kegemaran, dansifat (karakter) denganpercayadiri.
5.  Denganmenyanyi “Amelia”, siswadapatmenunjukkanpolairamalagubertandabiramatigapadaalatmusikritmisdenganteliti.
6.  Denganmenyanyi “Amelia”, siswadapatmemainkanpolairamabervariasilagubertandabiramatigadenganpercayadiri.
7.  Denganmengamatiberbagaibilangan, siswadapatmembilangloncatdenganteliti.
8.  Denganmengamamatiberbagabilangan, siswadapatmenentukandanmenggambarpola-polabilangansederhanadenganmenggunakanbilangankurangdari 100 denganteliti.

E.     MATERI
1.    Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah.
2.    Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup.
3.    Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.    Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah.
5.    Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
6.    Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
7.    Membilang loncat.
8.    Menentukan dan menggambar pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.

F.         METODE dan PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan        : Scientific
Strategi              : Cooperative Learning
Teknik                : Example Non Example
Metode               : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

Media danAlatPembelajaran
1.  Teksdongeng “MarasenanidanMatahari”.
2.  Tekslagu “Amelia”.

SumberBelajar
BukuTematikTerpaduKelas II Kurikulum 2013 KementerianPendidikandanKebudayaan

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ  Mengajaksemuasiswaberdo’amenurutAgamadankeyakinanmasing-masing (untukmengawalikegiatanpembelajaran)
þ  Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ  MengamatigambartentangHidupRukun
þ  Dilanjutkandenganbertanyajawabtentanggambar.
þ  Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang HidupRukun di Masyarakat
10 menit
Inti
Ø  Guru membimbingsiswauntukmengamatigambar yang
adapadateksdongengberjudul “MarasenanidanMatahari”
denganteliti. (mengamati).
Ø  Siswamengamatigambar yang adapadateksdongeng
berjudul “MasarasenanidanMatahari” (mengamati).
Ø  Siswamenanyatentanggambar yang terdapatpadadongengberjudul “MarasenanidanMatahari” (menanya).
Ø  Siswa lain diberikesempatanuntukmenjawabpertanyaan
temannya (menalar).
Ø  Guru membimbingsiswauntukmendengarkandongeng
berjudul “MarasenanidanMatahari” denganteliti.
Ø  Siswamendengarkandongengberjudul “Marasenanidan
Matahari” (mengamati)
Ø  Bertanyajawabtentangisidongeng (menanyadan
menalar).
Ø  Siswadiarahkanmengajukanpertanyaansesuaiisidongeng
denganpercayadiri (menanya).
Ø  Siswasalingmenukarkanpertanyaannyadengansiswa
yang lain (menalar).
Ø  Siswamenyampaikanjawaban yang telahditulisdengan
bahasa yang santun (mengomunikasikan).
Ø  Siswa yang lain memberikantanggapanterhadapjawaban
siswadenganbahasasendiri (mengomunikasikan).
Ø  Siswadiarahkanmenulispesansesuaiisidongeng yang
elahdibacadenganteliti (mencoba).
Ø  Membacakantulisan yang telahditulisdenganlafaldan
ntonasi yang tepat (mengomunikasikan).
Ø  Guru membimbingsiswauntukmenyanyikanlagu “Amelia”
denganpercayadiri (mencoba).
Ø  Siswamenyanyikanlagu “Amelia” (mencoba).
Ø  Siswakemudiandiajakmenemukanpolairamaberdasarkan
nyanyi (menalar).
Ø  Guru memberikanbimbingandanarahantentangpola
iramalagu.
Ø  Guru membimbingsiswauntukmenceritakanlagu “Amelia”
denganbahasa yang santun.
Ø  Guru memberikanarahan, bolehdenganbahasadaerah
ketikabercerita.
Ø  Siswamenceritakanlagu “Amelia” (mengomunikasikan).
Ø  Siswakemudianmenjawabpertanyaandenganbahasa
sendiri (menalar).
Ø  Menyampaikanjawabandenganbahasasendiri yang
santun (mengomunikasikan).
Ø  Siswa yang lain memberikantanggapandarijawabansiswa
(mengomunikasikan).
Ø  Siswamengamatiberbagaibilangan (mengamati).
Ø  Siswadiarahkanuntukmembilangloncatsesuaidengan
polabilangan (mencoba).
Ø  Siswamenyampaikanjawaban yang telahdibuat
(mengomunikasikan).
Ø  Masing-masingsiswasalingmemeriksajawaban (menalar).
Ø  Siswamembuatbarisanbilangandenganpolabilangan
yangditentukanolehsiswa (mencoba).
Ø  Bertanyajawabtentangmateri yang belumdipahami
denganpercayadiri.
Ø  Guru memberikanpenghargaandanpenguatanterhadap
prestasibelajarsiswa.
Ø  Siswamenyimpulkanpelajarandenganbahasasendiri.
150 menit
Penutup
þ  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
15 menit
þ  Melakukanrefleksidengancarabertanyajawabtentangmateri yang telahdipelajari
þ  Melakukan penilaian hasil belajar

þ  Mengumpulkanhasilkerjasebagaibahanforto folio
þ  Melaksanakantindaklanjut
þ  Mengajaksemuasiswaberdoamenurut agama dankepercayaanmasing-masing


·       Mengamatisikapsiswadalamberdo’a (sikapduduknya, caramembacanya, caramelafalkannyadsb)
·       Apabilaadasiswa yang kurangbenardankurangsempurnadalamberdo’a, makasetelahselesaikegiatanberdo’a, langsungdiberinasehat agar besokkalauberdoalebihdisempurnakan


I.       PENILAIAN
1.   Teknik Penilaian
a.   Penilain Sikap
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   PenilaianPengetahuan ( testertulis)
Menggunakaninstrumenpenilaianhasilbelajardengantestulisdanlisan (terlampir)
c.    Penilaianketerampilan (UnjukKerja)

BENTUK INSTRUMEN
1.     PenilaianSikap
No
Nama Siswa
PerubahanTingkahLaku
PercayaDiiri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













2.     Pengetahuan
Penilaianmengajukanpertanyaandengandaftarperiksa
Hasilpenilaianmengajukanpertanyaandengandaftarperiksa


PenilaianMembilangLoncat
Jumlahsoal: 3

Bilanganloncat 7 dimulaidaribilangan 11
11   18   25   . . . .   . . . .   . . . .   . . . .
Bilanganloncat12  dimulaidaribilangan 11
11   . . . .   . . . .   . . . .   . . . .   . . . .   . . . .
30   . . . .   . . . .   . . . .   . . . .   . . . .
. . . .   . . . .   . . . .   . . . .   . . . .   . . . .

Kuncijawaban:
1.    11, 18, 25, 32, 39, dan 46 (skor 10)
2.    11, 33, 45, 57, 69, dan 81 (skor 10)
3.    Disesuaikandenganjawabansiswa (skor 10)
4.    Disesuaikandenganjawabansiswa (skor 10)

3. Keterampilan
Penilaian: UnjukKerja
RubrikPenilaianMenyanyikanLaguAnak-anak
RubrikPenilaianMenceritakan Isi Lagur
HasilPenilaianMelakukanPolaGerakDasarLokomotor



                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar