RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : ……………………………..
Kelas
/ Semester : II / 1(Satu)
Tema
1 : HIDUP RUKUN
Sub
Tema 2 : Hidup Rukun Dengan Teman Bermain
Alokasi
Waktu : 1 X pertemuan (1 hari)
Pembelajaran
: 2
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3.3 Memahami
makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah. 4.3 Berinteraksi
dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah
Indikator:
v
Mengidentifikasi keberagaman teman bermain di
sekitar rumah berdasarkan ciri-ciri fisik tubuh.
v
Mengidentikasi keberagaman teman bermain di
sekitar rumah berdasarkan suku bangsa.
v Menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.1 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak
dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar
lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional.
3.3 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak
dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar
manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau permainan tradisional.
Indikator:
v Mengidentifikasi pola gerakan dasar
manipulatif dalam berbagai bentuk permainan .
v Melakukan pola gerakan dasar manipulatif
dalam berbagai bentuk permainan.
Matematika
3.1 Mengenal
bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
Indikator:
v
Membaca lambang bilangan sampai 500
v
Membuat pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
Bahasa Indonesia
3.5 Mengenal
teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan
teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan
teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
v Membedakan
contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman.
v Menyimpulkan
isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang
telah dibaca.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati gambar percakapan, siswa
dapat membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan
teman dengan teliti.
2.
Dengan mengamati gambar berbagai gerakan,
siswa dapat mengidentifikasi pola gerakan dasar manipulatif dalam berbagai
bentuk permainan dengan teliti.
3.
Dengan permainan “Meniru Hewan Berjalan”,
siswa dapat melakukan pola gerakan dasar manipulatif dalam berbagai bentuk
permainan dengan percaya diri.
4.
Dengan mengamati gambar anak-anak, siswa
dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan
ciri-ciri fisik tubuh dengan teliti.
5.
Dengan memahami arti keberagaman, siswa
dapat menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah percaya diri.
6.
Dengan mengamati gambar cara membaca
bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
7.
Dengan menggunakan kartu bilangan, siswa
dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang
100 dengan teliti.
8.
Dengan mengamati gambar dan percakapan
kegiatan Udin dan Edo saat menghias sepeda, siswa dapat menyimpulkan isi teks
permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan
percaya diri.
9.
Dengan melengkapi cerita tentang suku
bangsa, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah
berdasarkan suku bangsa dengan teliti.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Keberagaman teman bermain di sekitar rumah
berdasarkan ciri-ciri fisik tubuh.
2.
Menirukan
Gerakan Kucing Berjalan
3. Membuat pola-pola bilangan
sederhana
4.
Membedakan contoh sikap hidup rukun dan
tidak rukun
E.
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Tematik
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi,
Konfirmasi
Metode :
PAIKEM
(Pembelajaran
Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)
F.
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
v
Buku Siswa Tema 1 “Hidup Rukun“ Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013.
v
Buku Guru Tema 1 “Hidup Rukun“ Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013.
v Gambar
percakapan Udin dan Edo
v Gambar
deretan rukun
v
Gambar seri Udin dan Edo pada saat menghias
sepeda
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
a)
Pendahuluan
1.
Berbaris di depan kelas dan menyebutkan
nomor urut dalam barisan
2.
Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah
belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
3.
Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
4.
Bersikap khusuk (menjaga keheningan)
dalam mendengarkan doa
b)
Kegiatan Inti
1. Siswa
mengamati gambar percakapan Udin dan Edo dengan teliti (mengamati).
2. Bertanya
jawab tentang percakapan yang diamati (menanya dan
menalar).
3. Siswa
membaca teks percakapan Udin dan Edo (mengamati).
4. Siswa
diarahkan menemukan makna dari isi teks percakapan yang dibaca.
1.
Siswa membuat pertanyaan dalam bentuk
kartu dari teks percakapan yang telah dibaca (menalar).
2.
Siswa saling menukarkan pertanyaan yang
dibuatnya kepada temannya (menanya).
3.
Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan
temannya (menalar).
4.
Siswa membaca teks bacaan tentang hidup
rukun (mengamati).
5.
Siswa mengidentifikasi keberagaman fisik
teman bermain di sekitar rumah dari teks bacaan yang dibaca (menalar).
1.
Siswa mengamati gambar tentang gerakan manipulative
(mengamati).
2.
Siswa mengidentifikasi pola gerakan
manipulatif yang ada pada gambar (menalar).
3.
Siswa menyimak penjelasan guru melakukan
sebuah permainan untuk melakukan pola gerakan dasar manipulative dalam berbagai
bentuk permainan (mengkomunikasikan).
4.
Guru menentukan batas lokasi permainan,
misalnya membuat batas persegi panjang yang disesuaikan dengan lapangan
bermain.
5.
Siswa melakukan gerakan menirukan kucing
berjalan sambil mendengarkan aba-aba guru menyebutkan angka. Misalnya, guru
menyebutkan angka 2, maka siswa harus berjalan menirukan kucing sambil mencari
dua teman.
6.
Jika ada yang tidak berhasil mencari
teman sejumlah bilangan yang disebut guru, maka siswa tersebut diminta untuk
menyanyi.
7.
Siswa melakukan permainan menirukan
kucing berjalan dari petunjuk guru (mencoba).
8.
Siswa mengamati gambar anak-anak dengan
keberagaman fisik (mengamati).
9.
Siswa melengkapi tabel identifikasi
keberagaman fisik teman bermain di sekitar rumah (mencoba).
1.
Siswa mengamati gambar yang memuat
sebuah bilangan (mengamati).
2.
Siswa membaca lambang bilangan yang
diamati (mengamati).
3.
Siswa mengamati gambar blok dienes
bilangan yang dibaca (mengamati).
4.
Siswa membaca lambang bilangan yang ada
pada bukunya (mengamati).
5.
Siswa mengamati barisan bilangan
berdasarkan cerita pada teks bacaan (mengamati).
1.
Siswa membuat pola-pola bilangan
sederhana pada lembar kerja yang terdapat di bukunya (mencoba).
2.
Siswa memeriksa kebenaran pemecahan
masalah yang dibuat tentang pola-pola bilangan.
3.
Siswa membaca teks tentang pola-pola
bilangan (mengamati).
4.
Siswa diarahkan menemukan berbagai pola bilangan
berdasarkan soal yang diberikan (menalar).
5.
Siswa menyelesaikan soal-soal yang
berkaitan dengan pola bilangan melalui permainan yang diberikan (menalar
dan mencoba).
1.
Siswa membaca teks bacaan tentang
pengamalan bermain di rumah temannya (mengamati).
2.
Siswa mengamati gambar seri (mengamati).
3.
Siswa mengurutkan gambar seri (mencoba).
4.
Bertanya jawab tentang gambar seri (menalar
dan mengkomunikasikan).
5.
Siswa menjawab pertanyaan sesuai gambar
dan teks bacaan yang dibaca (menalar).
6.
Siswa diarahkan menyimpulkan teks bacaan
dengan bahasa sendiri (mengkomunikasikan).
1.
Siswa melengkapi teks cerita rumpang (menalar)
2.
Siswa menceritakan pengalamannya dari
cerita rumpang yang dilengkapinya (mencoba).
3.
Siswa diminta menuliskan nama teman di
sekitar rumahnya.
4.
Siswa dibimbing jika tidak tahu asal
suku bangsanya, misalnya dapat diketahui berdasarkan nama marganya.
5.
Jika data itu belum diketahui, mintalah
siswa untuk melengkapinya sebagai tugas rumah agar dapat bertanya kepada orang
tua.
6.
Bertanya jawab tentang materi yang belum
dipahami siswa.
7. Menyimpulkan
pembelajaran dengan bahasa sendiri.
c)
Kegiatan Penutup
1.
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
2.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada siswa
3.
Pelajaran
ditutup dengan doa bersama
PENGAYAAN
1. Guru
menugaskan siswa ditugaskan melengkapi pola bilangan dari beberapa deret
bilangan yang lain.
2. Guru
menugaskan siswa menemukan contoh-contoh hidup rukun dalam keberagaman teman di
lingkungan sekitar dan menceritakannya.
3. Guru
juga menugaskan siswa menemukan keberagaman teman di sekitar rumah berdasarkan
suku bangsa.
4. Guru
menugaskan siswa melakukan permainan manipulative dalam berbagai permainan yang
lain.
REMEDIAL
1. Guru
membimbing siswa yang masih kesulitan melengkapi berbagai pola bilangan.
2. Guru
mengulas kembali tentang contoh-contoh hidup rukun dalam keberagaman teman di
sekitar rumah bagi siswa yang belum paham.
3. Guru
mengulas kembali materi tentang menemukan keberagaman teman dalam suku bangsa
di sekitar rumah bagi siswa yang belum paham.
4. Guru
membimbing siswa kembali tentang menirukan gerakan binatang bagi siswa yang
kaku mengikutinya.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang
tua memeriksa kembali tugas membuat cerita yang suda dibuat siswa.
Apabila
ada yang kurang, orang tua bisa memberi tahu untuk ditambahkan.
H.
PENILAIAN
1. Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Pengetahuan
Tes Tertulis : Skor
a) Mengisi
tabel ciri-ciri setiap anak berdasarkan gambar
Jumlah
Soal : 6 Soal
Kunci Jawaban:
Disesuaikan
dengan gambar
b) Membaca
lambang bilangan
Jumlah
Soal : 5 Soal
Kunci Jawaban:
1. tiga ratus
lima puluh delapan
2. tiga ratus
delapan puluh tujuh
3. tiga ratus
sembilan
4. empat ratus
tiga puluh tujuh
5. empat ratus tujuh puluh sembilan
c) Melengkapi
pola bilangan
Jumlah
Soal : 3 Soal
Kunci Jawaban:
1. 70, 75, 80,
85, 90
2. 85, 90, 95,
100, 105
3. 68, 73, 78,
83, 88
4. 75, 80, 85, 90,
95
5. 84, 89, 94, 99, 104
d) Membuat
Pola Bilangan
Jumlah
Soal : 2
Kunci Jawaban:
Jawaban beragam
(disesuaikan dengan jawaban siswa).
e) Menjawab
pertanyaan berdasarkan gambar kegiatan Udin dan Edo
1. Tidak
2. Gambar di
saat Edo mengeluarkan krayonnya yang baru
3. Maaf Edo
(Udin meminta maaf)
4. 112
5. Saling memaafkan
3.
Keterampilan
a) Bermain
Menirukan Gerakan Kucing Berjalan
Penilaian : Pengamatan (Observasi)
Lembar Pengamatan Bermain Menirukan
Kucing Berjalan
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (P)
|
Belum Terlihat
(P)
|
1.
|
Siswa mampu mengikuti instruksi
|
. . .
|
. . .
|
2.
|
Siswa terlibat aktif dalam permainan
|
. . .
|
. . .
|
3.
|
Siswa mampu menirukan gerakan sesuai permainan
|
. . .
|
. . .
|
Hasil
Pengamatan Menirukan Gerakan Kucing Berjalan
No.
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b)
Menulis Cerita Berdasarkan Urutan Gambar
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Menulis Cerita
Berdasarkan Urutan Gambar
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda
baca
|
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat dan
nama orang, serta
menggunakan
tanda titik di akhir
kalimat.
|
Terdapat 1-2
kesalahan dalam
penggunaan huruf
besar dan tanda
titik.
|
Terdapat lebih dari
2 kesalahan dalam
penggunaan huruf
besar dan tanda
titik
|
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik
|
2.
|
Kesesuaian
cerita yang
ditulis
dengan tema
dan urutan
gambar
|
Seluruh isi cerita
yang ditulis sesuai
tema dan urutan
gambar
|
Setengah atau
lebih isi cerita
sesuai dengan
tema dan urutan
gambar
|
Hampir
keseluruhan cerita
kurang sesuai
dengan tema dan
urutan gambar
|
Cerita tidak sesuai
tema dan urutan
gambar
|
3.
|
Penulisan
|
Penulisan kata
sudah tepat
|
Terdapat 1-2 kata
yang belum tepat
penulisannya
|
Terdapat lebih
dari 2 kata yang
belum tepat
penulisannya
|
Seluruh kata
belum tepat dalam
penulisan.
|
4.
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif
|
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
|
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
|
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif
|
Menyetujui, ..............,
......................20……..
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
....................................... ....................................................
NIP
: NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar