SEMAPHORE

SEMAPHORE
BELAJAR SEMAPHORE

Kamis, 02 Oktober 2014

RPP KELAS 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         :      ……………………………..
Kelas / Semester            :      II / 1(Satu)
Tema 1                            :      HIDUP RUKUN
Sub Tema 2                    :      Hidup Rukun Dengan Teman Bermain
Alokasi Waktu               :      1 X pertemuan (1 hari)
Pembelajaran                 :      2

A.         KOMPETENSI  INTI
1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.         KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
   Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
   3.3     Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.   4.3     Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah
             Indikator:
v  Mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan ciri-ciri fisik tubuh.
v  Mengidentikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan suku bangsa.
v  Menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.1     Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1     Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3     Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3     Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator:
v  Mengidentifikasi pola gerakan dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan .
v  Melakukan pola gerakan dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan.
Matematika
3.1     Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1     Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
Indikator:
v  Membaca lambang bilangan sampai 500
v  Membuat pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
Bahasa Indonesia
         3.5     Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
         4.5     Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
                   Indikator:
v  Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman.
v  Menyimpulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca.     
        
C.         TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Dengan mengamati gambar percakapan, siswa dapat membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
2.       Dengan mengamati gambar berbagai gerakan, siswa dapat mengidentifikasi pola gerakan dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan dengan teliti.
3.       Dengan permainan “Meniru Hewan Berjalan”, siswa dapat melakukan pola gerakan dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan dengan percaya diri.
4.       Dengan mengamati gambar anak-anak, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan ciri-ciri fisik tubuh dengan teliti.
5.       Dengan memahami arti keberagaman, siswa dapat menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah percaya diri.
6.       Dengan mengamati gambar cara membaca bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
7.       Dengan menggunakan kartu bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.
8.       Dengan mengamati gambar dan percakapan kegiatan Udin dan Edo saat menghias sepeda, siswa dapat menyimpulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan percaya diri.
9.       Dengan melengkapi cerita tentang suku bangsa, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan suku bangsa dengan teliti.

D.         MATERI PEMBELAJARAN
1.       Keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan ciri-ciri fisik tubuh.
2.       Menirukan Gerakan Kucing Berjalan
3.       Membuat pola-pola bilangan sederhana
4.       Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun


E.          METODE PEMBELAJARAN
         Pendekatan   :   Tematik
         Model               :           Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
Metode         :   PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)

F.          MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
v  Buku Siswa Tema 1 “Hidup Rukun“ Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
v  Buku Guru Tema 1 “Hidup Rukun“ Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
v  Gambar percakapan Udin dan Edo
v  Gambar deretan rukun
v  Gambar seri Udin dan Edo pada saat menghias sepeda

G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
a)       Pendahuluan
1.       Berbaris di depan kelas dan menyebutkan nomor urut dalam barisan
2.       Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
3.       Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
4.       Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa

b)       Kegiatan Inti
1.       Siswa mengamati gambar percakapan Udin dan Edo dengan teliti (mengamati).
2.       Bertanya jawab tentang percakapan yang diamati (menanya dan menalar).
3.       Siswa membaca teks percakapan Udin dan Edo (mengamati).
4.       Siswa diarahkan menemukan makna dari isi teks percakapan yang dibaca.
1.       Siswa membuat pertanyaan dalam bentuk kartu dari teks percakapan yang telah dibaca (menalar).
2.       Siswa saling menukarkan pertanyaan yang dibuatnya kepada temannya (menanya).
3.       Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan temannya (menalar).
4.       Siswa membaca teks bacaan tentang hidup rukun (mengamati).
5.       Siswa mengidentifikasi keberagaman fisik teman bermain di sekitar rumah dari teks bacaan yang dibaca (menalar).

1.       Siswa mengamati gambar tentang gerakan manipulative (mengamati).
2.       Siswa mengidentifikasi pola gerakan manipulatif yang ada pada gambar (menalar).
3.       Siswa menyimak penjelasan guru melakukan sebuah permainan untuk melakukan pola gerakan dasar manipulative dalam berbagai bentuk permainan (mengkomunikasikan).
4.       Guru menentukan batas lokasi permainan, misalnya membuat batas persegi panjang yang disesuaikan dengan lapangan bermain.
5.       Siswa melakukan gerakan menirukan kucing berjalan sambil mendengarkan aba-aba guru menyebutkan angka. Misalnya, guru menyebutkan angka 2, maka siswa harus berjalan menirukan kucing sambil mencari dua teman.
6.       Jika ada yang tidak berhasil mencari teman sejumlah bilangan yang disebut guru, maka siswa tersebut diminta untuk menyanyi.
7.       Siswa melakukan permainan menirukan kucing berjalan dari petunjuk guru (mencoba).
8.       Siswa mengamati gambar anak-anak dengan keberagaman fisik (mengamati).
9.       Siswa melengkapi tabel identifikasi keberagaman fisik teman bermain di sekitar rumah (mencoba).
1.       Siswa mengamati gambar yang memuat sebuah bilangan (mengamati).
2.       Siswa membaca lambang bilangan yang diamati (mengamati).
3.       Siswa mengamati gambar blok dienes bilangan yang dibaca (mengamati).
4.       Siswa membaca lambang bilangan yang ada pada bukunya (mengamati).
5.       Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan cerita pada teks bacaan (mengamati).
1.       Siswa membuat pola-pola bilangan sederhana pada lembar kerja yang terdapat di bukunya (mencoba).
2.       Siswa memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang dibuat tentang pola-pola bilangan.
3.       Siswa membaca teks tentang pola-pola bilangan (mengamati).
4.       Siswa diarahkan menemukan berbagai pola bilangan berdasarkan soal yang diberikan (menalar).
5.       Siswa menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan pola bilangan melalui permainan yang diberikan (menalar dan mencoba).
1.       Siswa membaca teks bacaan tentang pengamalan bermain di rumah temannya (mengamati).
2.       Siswa mengamati gambar seri (mengamati).
3.       Siswa mengurutkan gambar seri (mencoba).
4.       Bertanya jawab tentang gambar seri (menalar dan mengkomunikasikan).
5.       Siswa menjawab pertanyaan sesuai gambar dan teks bacaan yang dibaca (menalar).
6.       Siswa diarahkan menyimpulkan teks bacaan dengan bahasa sendiri (mengkomunikasikan).
1.       Siswa melengkapi teks cerita rumpang (menalar)
2.       Siswa menceritakan pengalamannya dari cerita rumpang yang dilengkapinya (mencoba).
3.       Siswa diminta menuliskan nama teman di sekitar rumahnya.
4.       Siswa dibimbing jika tidak tahu asal suku bangsanya, misalnya dapat diketahui berdasarkan nama marganya.
5.       Jika data itu belum diketahui, mintalah siswa untuk melengkapinya sebagai tugas rumah agar dapat bertanya kepada orang tua.
6.       Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
7.       Menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri.

c)       Kegiatan Penutup
1.       Guru memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
2.       Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada siswa
3.       Pelajaran ditutup dengan doa bersama

PENGAYAAN
1.       Guru menugaskan siswa ditugaskan melengkapi pola bilangan dari beberapa deret bilangan yang lain.
2.       Guru menugaskan siswa menemukan contoh-contoh hidup rukun dalam keberagaman teman di lingkungan sekitar dan menceritakannya.
3.       Guru juga menugaskan siswa menemukan keberagaman teman di sekitar rumah berdasarkan suku bangsa.
4.       Guru menugaskan siswa melakukan permainan manipulative dalam berbagai permainan yang lain.

REMEDIAL
1.       Guru membimbing siswa yang masih kesulitan melengkapi berbagai pola bilangan.
2.       Guru mengulas kembali tentang contoh-contoh hidup rukun dalam keberagaman teman di sekitar rumah bagi siswa yang belum paham.
3.       Guru mengulas kembali materi tentang menemukan keberagaman teman dalam suku bangsa di sekitar rumah bagi siswa yang belum paham.
4.       Guru membimbing siswa kembali tentang menirukan gerakan binatang bagi siswa yang kaku mengikutinya.

Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua memeriksa kembali tugas membuat cerita yang suda dibuat siswa.
Apabila ada yang kurang, orang tua bisa memberi tahu untuk ditambahkan.

H.         PENILAIAN
1.   Sikap
No.
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1.













2.













3.













4.













5.














2.   Pengetahuan
Tes Tertulis : Skor
a)      Mengisi tabel ciri-ciri setiap anak berdasarkan gambar
Jumlah Soal : 6 Soal
Kunci Jawaban:
                                 Disesuaikan dengan gambar
b)      Membaca lambang bilangan
Jumlah Soal : 5 Soal
Kunci Jawaban:
1.  tiga ratus lima puluh delapan
2.  tiga ratus delapan puluh tujuh
3.  tiga ratus sembilan
4.  empat ratus tiga puluh tujuh
5.  empat ratus tujuh puluh sembilan
c)       Melengkapi pola bilangan
Jumlah Soal : 3 Soal
Kunci Jawaban:
1.  70, 75, 80, 85, 90
2.  85, 90, 95, 100, 105
3.  68, 73, 78, 83, 88
4.  75, 80, 85, 90, 95
5.  84, 89, 94, 99, 104
d)      Membuat Pola Bilangan
Jumlah Soal : 2
Kunci Jawaban:
                                 Jawaban beragam (disesuaikan dengan jawaban siswa).
e)      Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar kegiatan Udin dan Edo
1.  Tidak
2.  Gambar di saat Edo mengeluarkan krayonnya yang baru
3.  Maaf Edo (Udin meminta maaf)
4.  112
5.  Saling memaafkan
3.   Keterampilan
a)   Bermain Menirukan Gerakan Kucing Berjalan
Penilaian : Pengamatan (Observasi)
Lembar Pengamatan Bermain Menirukan Kucing Berjalan
No.
Kriteria
Terlihat (P)
Belum Terlihat (P)
1.
Siswa mampu mengikuti instruksi
. . .
. . .
2.
Siswa terlibat aktif dalam permainan
. . .
. . .
3.
Siswa mampu menirukan gerakan sesuai permainan
. . .
. . .
                   Hasil Pengamatan Menirukan Gerakan Kucing Berjalan
No.
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1.













2.













3.













4.













5.














b)   Menulis Cerita Berdasarkan Urutan Gambar
                    Penilaian: Unjuk Kerja
                    Rubrik Penilaian Menulis Cerita Berdasarkan Urutan Gambar
No.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda
baca

Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat dan
nama orang, serta
menggunakan
tanda titik di akhir
kalimat.
Terdapat 1-2
kesalahan dalam
penggunaan huruf
besar dan tanda
titik.

Terdapat lebih dari
2 kesalahan dalam
penggunaan huruf
besar dan tanda
titik

Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik
2.
Kesesuaian
cerita yang
ditulis
dengan tema
dan urutan
gambar

Seluruh isi cerita
yang ditulis sesuai
tema dan urutan
gambar

Setengah atau
lebih isi cerita
sesuai dengan
tema dan urutan
gambar
Hampir
keseluruhan cerita
kurang sesuai
dengan tema dan
urutan gambar

Cerita tidak sesuai
tema dan urutan
gambar

3.
Penulisan
Penulisan kata
sudah tepat

Terdapat 1-2 kata
yang belum tepat
penulisannya

Terdapat lebih
dari 2 kata yang
belum tepat
penulisannya

Seluruh kata
belum tepat dalam
penulisan.

4.
Penggunaan
kalimat yang
efektif

Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif

Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif

Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif

Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif










Menyetujui,                                                                  .............., ......................20……..                                                                                       
  Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas II




  .......................................                                               ....................................................
  NIP :                                                                             NIP :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar