SEMAPHORE

SEMAPHORE
BELAJAR SEMAPHORE

Kamis, 02 Oktober 2014

KLs 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan           :  SD
Kelas / Semester              :  2 / 1
Tema                                :  1. Hidup Rukun
Sub Tema                         :4. HidupRukun di Masyarakat
Pembelajaran                   :  3
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan  ( 5 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI
1.       Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya
2.       Memilikiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, dan guru.
3.       Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati (mendengar, melihat, membaca) danmenanyaberdasarkan rasa ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumahdan di sekolah
4.       Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang jelasdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia

B.     KOMPETENSI DASAR / IDIKATOR

1. SBDP    
1.1         Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.2         Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.2         Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi, dan pola irama ratadengan alat musik ritmis.
4.8         Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
Indikator
3.2.3      Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
3.2.4      Menjelaskan pola irama bervariasi dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.5.1      Menceritakan isi lagu anak-anak.
4.5.2      Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.

2. Bahasa Indonesia
1.1          Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5         Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.5         Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5         Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.9      Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.7      Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.

3. MTK
1.1         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1         Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1         Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok Dienes (kubus satuan).
4.1         Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
Indikator
3.1.8      Membilang loncat.
4.1.2      Menentukan pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.

D.     TUJUAN
1.  Dengantekslagu “Kita KerjaSama-Sama”, siswadapatmenyanyikanlaguanak-anakdenganpolairama yang bervariasidenganpercayadiri.
2.  Denganmengamatitekslagu “Kita KerjaSama-Sama”, siswadapatmenceritakanisilaguanak-anakdenganpercayadiri.
3.  Denganpenjelasan yangdiberikan guru, siswadapatmenunjukkanpolairamabervariasipadaalatmusikritmisdenganpercayadiri.
4.  Denganmengetahuipolairamabervariasipadaalatmusikritmis, siswadapatmenjelaskanpolairamabervariasidenganmenggunakanalatmusikritmisdengansantun.
5.  Denganmemperhatikangambar, siswadapatmengelompokkancontohsikaphiduprukundalamkemajemukantemandenganteliti.
6.  Denganmemperhatikangambar, siswadapatmenemukanperanpermintaanmaafterhadapsikaphiduprukundalamkemajemukantemandengansantun.
7.  Denganmenggunakangambarberangka, siswadapatmembilangloncatdenganteliti.
8.  Denganmelakukanlatihan, siswadapatmenentukanpola-polabilangansederhanadenganmenggunakanbilangankurangdari 100 denganteliti.

E.     MATERI
1.    Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.
2.    Menceritakan isi lagu anak-anak.
3.    Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
4.    Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
5.    Membilang loncat.
6.    Menentukan dan menggambar pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.

F.         METODE dan PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan         : Scientific
Strategi               : Cooperative Learning
Teknik                : Example Non Example
Metode               : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

Media danAlatPembelajaran
  • Tekslagu “Kita KerjaSama-Sama”.
  • Gambartentangsikaphiduprukun.

SumberBelajar
BukuTematikTerpaduKelas II Kurikulum 2013 KementerianPendidikandanKebudayaan

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ  Mengajaksemuasiswaberdo’amenurutAgamadankeyakinanmasing-masing (untukmengawalikegiatanpembelajaran)
þ  Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ  MengamatigambartentangHidupRukun
þ  Dilanjutkandenganbertanyajawabtentanggambar.
þ  Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang HidupRukun di Masyarakat
10 menit
Inti
Ø  Guru membimbingsiswauntukmengamatitekslagu “Kita
KerjaSama-Sama” denganteliti (mengamati).
Ø  Siswamengamatitekslagu “Kita KerjaSama-Sama
(mengamati).
Ø  Siswamenanyatentangisitekslagu “Kita KerjaSama
Sama” (menanya).
Ø  Siswamenanyatentangiramatekslagu “Kita KerjaSama
Sama” (menanya).
Ø  Guru membimbingsiswauntukmenyanyikanlagu “Kita
KerjaSama-Sama” denganpolairama yang bervariasi
denganpercayadiri (mencoba).
Ø  Siswamenyanyikanlagu “Kita KerjaSama-Sama” dengan
polairama yang bervariasi (mencoba).
Ø  Siswabertepuktangansambilbernyanyi (mencoba).
Ø  Siswamenulisisilagu “Kita KerjaSama-Sama” (mencoba).
Ø  Guru membimbingsiswauntukmenulisisi yang terdapat
dalamlagu “Kita KerjaSama-Sama” denganbahasa yang
santun.
Ø  Siswamenulisisi yang terdapatdalamlagu “Kita Kerja
Sama-Sama” (menalar).
Ø  Siswamengingatlagukesukaannya.
Ø  Siswamencobakanbertepuktanganmengikutiiramalagu
kesukaannya (mencoba).
Ø  Siswamenjelaskanpolairamabervariasidenganmeng-
gunakanalatmusikritmis (menalar).
Ø  Siswamenentukanketukanbiramalagukesukaannya
(menalar).
Ø  Siswamembuatlagu yang iramanyasesuaidenganlagu
kesukaannya (menalar).
Ø  Siswamembuatlagutentanghiduprukun (mencoba).
Ø  Siswamenyamakanjumlahsuku kata yang akandibuat
dengansuku kata lagu yang iasukai (menalar).
Ø  Siswamengamatiempatgambarkegiatan Badu membuang
sampahsembarangan (mengamati).
Ø  Siswamenentukangambar yang menunjukkansikaphidup
rukun di masyarakat (menalar).
Ø  Siswamenuliskankalimat yang akandisampaikanoleh
Badu (mencoba).
Ø  Siswamenuliskan saran untukwargakomplekslakukan
(mencoba).
Ø  Guru membimbingsiswauntukbermainperantentangisi
gambardenganpercayadiri.
Ø  Siswamengamatigambarkegiatan Badu membuang
sampah (mengamati).
Ø  Siswamemilihgambar yang menunjukkansikaphidup
rukun di masyarakat (mencoba).
Ø  Siswamembuattekspercakapansesuaidengangambar
(mencoba).
Ø  Siswabermainperantentangisigambar (mengomunika-
sikan).
Ø  Siswaselesaibermainperan.
Ø  Siswamengamatigambarrumahberangka yang berarti
nomorrumah (mengamati).
Ø  Siswamembilangloncat (menalar).
Ø  Siswamenentukandanmenggambarpola-polabilangan
sederhanadenganmenggunakanbilangankurangdari 100
(menalardanmencoba).
Ø  Siswabertanyajawabtentangmateri yang belumdipahami
(menanyadanmenalar).
Ø  Guru memberikanpenghargaanterhadapprestasibelajar
siswa, misalnyadenganpenghargaansecara verbal.
Ø  Siswadiarahkanmenyimpulkanpelajaran (mengomunikasikan).

150 menit
Penutup
þ  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
15 menit
þ  Melakukanrefleksidengancarabertanyajawabtentangmateri yang telahdipelajari
þ  Melakukan penilaian hasil belajar

þ  Mengumpulkanhasilkerjasebagaibahanforto folio
þ  Melaksanakantindaklanjut
þ  Mengajaksemuasiswaberdoamenurut agama dankepercayaanmasing-masing


·       Mengamatisikapsiswadalamberdo’a (sikapduduknya, caramembacanya, caramelafalkannyadsb)
·       Apabilaadasiswa yang kurangbenardankurangsempurnadalamberdo’a, makasetelahselesaikegiatanberdo’a, langsungdiberinasehat agar besokkalauberdoalebihdisempurnakan




I.       PENILAIAN
1.   Teknik Penilaian
a.   Penilain Sikap
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   PenilaianPengetahuan ( testertulis)
Menggunakaninstrumenpenilaianhasilbelajardengantestulisdanlisan (terlampir)
c.    Penilaianketerampilan (UnjukKerja)

BENTUK INSTRUMEN
1.     PenilaianSikap
No
Nama Siswa
PerubahanTingkahLaku
PercayaDiiri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













2.     Pengetahuan
Instrumenpenilaian: testertulis (isian)
TesTertulis: Skor
Bilanganloncat
BanyakSoal: 5 Soal

1.  67   75   . . . .   . . . .   . . . .
2.  45   55   65   . . . .   85
3.  45   56   67   . . . .   . . . .
4.  45   57   69   . . . .   . . . .
5.  57   69   81   . . . .   . . . .

KunciJawaban: 
1.  67   75   686970
2.  45   55   65   75   85
3.  45   56   67   7889
4.  45   57   69   81 93.
5.  57   69   81   93  105

3. Keterampilan
a. Penilaian: unjukkerja
RubrikPenilaianKemampuanMembaca
RubrikMenulisKembaliTeksPercakapankedalamCerita
Penilaian: Pengamatan
VariasiPolaGerakDasarLokomotordan Non-lokomotorSesuaiIrama (Ketukan) TanpaIringanMusikdalamAktivitasGerakRitmis
HasilPengamatanMelakukanBerbagaiGerakanLokomotordan Non-lokomotor
Penilaian: UnjukKerja
RubrikPenilaianKemampuanBermainBilanganUrut

Mengetahui
Kepala Sekolah,



Nina Nurhayati, S.Pd.
NIP -

Cipatat,      2014
Guru Kelas 2



Nina Nurhayati, S.Pd.
NIP -

                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar