RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : 2 / 1
Tema : 1. Hidup Rukun
Sub Tema :4. HidupRukun di Masyarakat
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
( 5 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya
2.
Memilikiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun,
peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, dan guru.
3.
Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati
(mendengar, melihat, membaca) danmenanyaberdasarkan rasa
ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang
dijumpainya di rumahdan di sekolah
4.
Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang
jelasdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkananaksehat,
dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia
B. KOMPETENSI DASAR / IDIKATOR
1. SBDP
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal
alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda
birama tiga, pola bervariasi, dan pola irama ratadengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi
lagu bertanda birama tiga.
Indikator
3.2.3 Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
3.2.4 Menjelaskan pola irama bervariasi dengan menggunakan alat
musik ritmis.
4.5.1 Menceritakan isi lagu anak-anak.
4.5.2 Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.
2. Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di
tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan
jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.5 Mengenal teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan
teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan
teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.9 Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan
teman.
4.5.7 Menemukan peran permintaan maaf
terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
3. MTK
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan
teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak
mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500
dengan menggunakan blok Dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan
sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
Indikator
3.1.8 Membilang loncat.
4.1.2 Menentukan pola-pola bilangan
sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.
D. TUJUAN
1. Dengantekslagu “Kita KerjaSama-Sama”,
siswadapatmenyanyikanlaguanak-anakdenganpolairama yang bervariasidenganpercayadiri.
2. Denganmengamatitekslagu “Kita
KerjaSama-Sama”, siswadapatmenceritakanisilaguanak-anakdenganpercayadiri.
3. Denganpenjelasan yangdiberikan guru,
siswadapatmenunjukkanpolairamabervariasipadaalatmusikritmisdenganpercayadiri.
4.
Denganmengetahuipolairamabervariasipadaalatmusikritmis, siswadapatmenjelaskanpolairamabervariasidenganmenggunakanalatmusikritmisdengansantun.
5. Denganmemperhatikangambar, siswadapatmengelompokkancontohsikaphiduprukundalamkemajemukantemandenganteliti.
6. Denganmemperhatikangambar,
siswadapatmenemukanperanpermintaanmaafterhadapsikaphiduprukundalamkemajemukantemandengansantun.
7. Denganmenggunakangambarberangka, siswadapatmembilangloncatdenganteliti.
8. Denganmelakukanlatihan,
siswadapatmenentukanpola-polabilangansederhanadenganmenggunakanbilangankurangdari
100 denganteliti.
E. MATERI
1. Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola
irama yang bervariasi.
2. Menceritakan isi lagu anak-anak.
3. Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat
musik ritmis.
4. Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun
dalam kemajemukan teman.
5. Membilang loncat.
6. Menentukan dan menggambar pola-pola
bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.
F. METODE dan
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
Media danAlatPembelajaran
• Tekslagu “Kita KerjaSama-Sama”.
• Gambartentangsikaphiduprukun.
SumberBelajar
BukuTematikTerpaduKelas II Kurikulum 2013
KementerianPendidikandanKebudayaan
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
þ
Mengajaksemuasiswaberdo’amenurutAgamadankeyakinanmasing-masing (untukmengawalikegiatanpembelajaran)
þ
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
þ
MengamatigambartentangHidupRukun
þ
Dilanjutkandenganbertanyajawabtentanggambar.
þ
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “HidupRukun di Masyarakat”
|
10 menit
|
Inti
|
Ø Guru
membimbingsiswauntukmengamatitekslagu “Kita
KerjaSama-Sama” denganteliti (mengamati).
Ø Siswamengamatitekslagu
“Kita KerjaSama-Sama
(mengamati).
Ø Siswamenanyatentangisitekslagu
“Kita KerjaSama
Sama” (menanya).
Ø Siswamenanyatentangiramatekslagu
“Kita KerjaSama
Sama” (menanya).
Ø Guru
membimbingsiswauntukmenyanyikanlagu “Kita
KerjaSama-Sama” denganpolairama yang bervariasi
denganpercayadiri (mencoba).
Ø Siswamenyanyikanlagu
“Kita KerjaSama-Sama” dengan
polairama yang bervariasi (mencoba).
Ø Siswabertepuktangansambilbernyanyi
(mencoba).
Ø Siswamenulisisilagu
“Kita KerjaSama-Sama” (mencoba).
Ø Guru
membimbingsiswauntukmenulisisi yang terdapat
dalamlagu “Kita KerjaSama-Sama” denganbahasa yang
santun.
Ø Siswamenulisisi
yang terdapatdalamlagu “Kita Kerja
Sama-Sama” (menalar).
Ø Siswamengingatlagukesukaannya.
Ø Siswamencobakanbertepuktanganmengikutiiramalagu
kesukaannya (mencoba).
Ø Siswamenjelaskanpolairamabervariasidenganmeng-
gunakanalatmusikritmis (menalar).
Ø Siswamenentukanketukanbiramalagukesukaannya
(menalar).
Ø Siswamembuatlagu
yang iramanyasesuaidenganlagu
kesukaannya (menalar).
Ø Siswamembuatlagutentanghiduprukun
(mencoba).
Ø Siswamenyamakanjumlahsuku
kata yang akandibuat
dengansuku kata lagu yang iasukai (menalar).
Ø Siswamengamatiempatgambarkegiatan
Badu membuang
sampahsembarangan (mengamati).
Ø Siswamenentukangambar
yang menunjukkansikaphidup
rukun di masyarakat (menalar).
Ø Siswamenuliskankalimat
yang akandisampaikanoleh
Badu (mencoba).
Ø Siswamenuliskan
saran untukwargakomplekslakukan
(mencoba).
Ø Guru
membimbingsiswauntukbermainperantentangisi
gambardenganpercayadiri.
Ø Siswamengamatigambarkegiatan
Badu membuang
sampah (mengamati).
Ø Siswamemilihgambar
yang menunjukkansikaphidup
rukun di masyarakat (mencoba).
Ø Siswamembuattekspercakapansesuaidengangambar
(mencoba).
Ø Siswabermainperantentangisigambar
(mengomunika-
sikan).
Ø Siswaselesaibermainperan.
Ø Siswamengamatigambarrumahberangka
yang berarti
nomorrumah (mengamati).
Ø Siswamembilangloncat
(menalar).
Ø Siswamenentukandanmenggambarpola-polabilangan
sederhanadenganmenggunakanbilangankurangdari 100
(menalardanmencoba).
Ø Siswabertanyajawabtentangmateri
yang belumdipahami
(menanyadanmenalar).
Ø Guru
memberikanpenghargaanterhadapprestasibelajar
siswa, misalnyadenganpenghargaansecara verbal.
Ø Siswadiarahkanmenyimpulkanpelajaran
(mengomunikasikan).
|
150 menit
|
Penutup
|
þ
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama
sehari
|
15 menit
|
þ
Melakukanrefleksidengancarabertanyajawabtentangmateri yang
telahdipelajari
þ
Melakukan penilaian hasil belajar
|
|
|
þ
Mengumpulkanhasilkerjasebagaibahanforto folio
þ
Melaksanakantindaklanjut
þ
Mengajaksemuasiswaberdoamenurut agama dankepercayaanmasing-masing
|
|
|
·
Mengamatisikapsiswadalamberdo’a (sikapduduknya, caramembacanya,
caramelafalkannyadsb)
·
Apabilaadasiswa yang kurangbenardankurangsempurnadalamberdo’a,
makasetelahselesaikegiatanberdo’a, langsungdiberinasehat agar
besokkalauberdoalebihdisempurnakan
|
|
I. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilain Sikap
Menggunakan format
pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal
sampai dengan kegiatan akhir
b. PenilaianPengetahuan
( testertulis)
Menggunakaninstrumenpenilaianhasilbelajardengantestulisdanlisan
(terlampir)
c. Penilaianketerampilan
(UnjukKerja)
BENTUK INSTRUMEN
1.
PenilaianSikap
No
|
Nama Siswa
|
PerubahanTingkahLaku
|
|||||||||||
PercayaDiiri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Pengetahuan
Instrumenpenilaian: testertulis
(isian)
TesTertulis: Skor
Bilanganloncat
BanyakSoal: 5 Soal
1.
67 75 . . . .
. . . . . . . .
2.
45 55 65 .
. . . 85
3.
45 56 67 .
. . . . . . .
4.
45 57 69 .
. . . . . . .
5.
57 69 81 .
. . . . . . .
KunciJawaban:
1.
67 75 686970
2.
45 55 65 75 85
3.
45 56 67 7889
4.
45 57 69 81
93.
5.
57 69 81 93 105
3. Keterampilan
a. Penilaian:
unjukkerja
RubrikPenilaianKemampuanMembaca
RubrikMenulisKembaliTeksPercakapankedalamCerita
Penilaian: Pengamatan
VariasiPolaGerakDasarLokomotordan Non-lokomotorSesuaiIrama (Ketukan)
TanpaIringanMusikdalamAktivitasGerakRitmis
HasilPengamatanMelakukanBerbagaiGerakanLokomotordan Non-lokomotor
Penilaian: UnjukKerja
RubrikPenilaianKemampuanBermainBilanganUrut
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Nina Nurhayati, S.Pd.
NIP -
|
|
Cipatat,
2014
Guru Kelas 2
Nina Nurhayati, S.Pd.
NIP -
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar