RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : ……………………………..
Kelas
/ Semester : II / 1(Satu)
Tema
1 : HIDUP RUKUN
Sub
Tema 2 : Hidup Rukun Dengan Teman Bermain
Alokasi
Waktu : 1 X pertemuan (1 hari)
Pembelajaran
: 4
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Seni
Budaya Dan Prakarya
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.5 Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama
yang bervariasi.
Indikator:
v Menunjukkan
pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
v Menyanyikan
lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.
Bahasa Indonesia
3.5 Mengenal
teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan
teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan
teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
v Menjelaskan
makna hidup rukun dalam kemajemukan teman.
v Menemukan
makna hidup rukun dalam kegiatan pemungutan suara untuk memilih pendapat
terbanyak.
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
3.3 Memahami
makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi
dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah
Indikator:
v
Mengidentifikasi
keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran.
v
Menerima
keberagaman teman bermain di sekitar rumah.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan memilih judul lagu dari daftar yang
disediakan, siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak dengan percaya diri.
2.
Dengan menyanyikan lagu yang dipilih, siswa
dapat menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis
dengan percaya diri.
3.
Dengan diskusi kelompok, siswa dapat
menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan bahasa yang
santun.
4.
Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan
makna hidup rukun dalam pemungutan suara untuk memilih pendapat terbanyak
dengan teliti.
5.
Dengan membaca isi laporan, siswa dapat
mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran
dengan teliti.
6.
Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat
menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah dengan percaya diri.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola
irama yang bervariasi
2.
Makna hidup rukun dalam kemajemukan teman di
lingkungan sekitar
3.
Contoh sikap hidup
rukun dalam kemajemukan teman di lingkungan sekitar
E.
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Tematik
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi,
Konfirmasi
Metode :
PAIKEM
(Pembelajaran
Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)
F.
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
v
Buku Siswa Tema 1 “Hidup Rukun“ Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013.
v
Buku Guru Tema 1 “Hidup Rukun“ Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013.
v Gambar
gerakan anak-anak menari berpasangan
v
Teks laporan kejadian pemilihan lagu
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
a)
Pendahuluan
1.
Berbaris di depan kelas dan menyebutkan
nomor urut dalam barisan
2.
Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah
belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
3.
Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
4.
Bersikap khusuk (menjaga keheningan)
dalam mendengarkan doa
b)
Kegiatan Inti
1. Siswa
mengamati berbagai judul lagu yang akan dinyanyikan dengan teliti (mengamati).
2. Bertanya
jawab tentang judul lagu yang terdapat dalam tabel (menanya).
1.
Siswa memilih judul lagu yang terdapat
dalam tabel melalui suara terbanyak (menalar).
2.
Siswa membuat syair lagu pilihan
terbanyak dengan tulisan tegak bersambung (mengkomunikasikan).
3.
Siswa menyanyikan lagu pilihannya dengan
gerakan tepuk tangan (mencoba).
4.
Siswa mengamati gambar kegiatan menari
secara berpasangan (mengamati).
5.
Siswa secara berpasangan menari dengan
gerakan yang menarik ketika menyanyikan lagu pilihan (mencoba).
6.
Bertanya jawab tentang perasaan siswa
setelah melakukan tarian secara berpasangan.
7.
Siswa menanggapi berbagai pernyataan
teman yang disampaikan secara lisan (mengkomunikasikan).
1.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
diskusi yang terdiri atas 3 sampai 5 orang siswa.
2.
Siswa menjawab pertanyaan pada bukunya
secara berkelompok (menalar dan mengkomunikasikan).
3.
Guru perlu memberikan tata cara
berdiskusi dengan bahasa yang santun.
4.
Guru membimbing siswa memperoleh
simpulan hasil diskusi dengan cara membantu siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan
yang didiskusikan.
5.
Guru mengarahkan siswa menjelaskan makna
hidup rukun dengan bahasa yang santun (mengkomunikasikan).
6.
Guru selanjutnya mengarahkan siswa
menemukan makna hidup rukun dalam pemungutan suara (menalar).
7.
Siswa membuat kesimpulan hasil
diskusinya (mengkomunikasikan).
1.
Siswa membuat laporan hasil diskusi
dengan petunjuk dan format yang dibimbing guru (mengkomunikasikan).
2.
Siswa melengkapi teks bacaan rumpang
secara mendiri (mencoba).
3.
Setelah melengkapi teks bacaan, siswa
membaca teks dengan bahasa yang santun.
4.
Siswa diarahkan menemukan makna yang
terkandung berdasarkan teks yang dibaca (menalar).
5.
Siswa diarahkan menerima keberagaman
teman berdasarkan makna dari teks yang dibaca.
6.
Bertanya jawab tentang materi yang belum
dipahami siswa.
7. Siswa
menyimpulkan pelajaran dengan bahasa sendiri.
c)
Kegiatan Penutup
1.
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
2.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada siswa
3.
Pelajaran
ditutup dengan doa bersama
PENGAYAAN
1. Guru
menugaskan siswa mengembangkan berbagai gerakan tarian beradasarkan nyanyi dan
gerakan sebelumnya.
2. Guru
menugaskan siswa menemukan berbagai contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman
di lingkungan sekitar.
3.
Guru menugaskan siswa menemukan berbagai
keberagaman teman di lingkungan sekitar.
REMEDIAL
1. Guru
membimbing kembali siswa menyanyikan lagu yang dipilih bagi yang belum dapat menyanyikannya
dengan baik.
2. Guru
mengulas kembali materi tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman di lingkungan
sekitar.
3. Guru
mengulas kembali materi tentang menemukan berbagai keberagaman teman di lingkungan
sekitar bagi siswa yang belum dapat menemukan dengan baik.
Kegiatan Bersama
Orang Tua
Anak
bersama orang tua menyanyikan lagu yang syairnya dibuat oleh anak.
H.
PENILAIAN
1. Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
||||||||
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
BT : Belum Terlihat (apabila siswa belum
memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku).
T : Terlihat (apabila siswa sudah memperlihatkan
perilaku dan mulai konsisten).
M : Menonjol (apabila siswa terus menerus
memperlihatkan perilaku secara konsisten).
Berilah
tanda centang (P) pada
kolom yang sesuai!
|
2.
Pengetahuan
Tes Tertulis : Skor
a)
Menjawab pertanyaan melalui
diskusi kelompok tentang kerukunan
Kunci
Jawaban
1. Sedikit kecewa dan sedih
2. Mengungkapkan rasa senang dengan sewajarnya
dan memberi pengertian kepada
3. Harus berlapang dada menerima kekalahan
4. Rasa saling menghargai dan menghormati
5. Disesuaikan dengan hasil diskusi
b)
Menjawab pertanyaan berdasarkan
diskusi kelompok
Jumlah
Soal : 5 Soal
Kunci
Jawaban
1. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
2. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
3. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
4 Disesuaikan dengan jawaban siswa.
5. Disesuaikan dengan jawaban siswa
c)
Melengkapi teks cerita rumpang
Jumlah
Soal : 3 Soal
Kunci
Jawaban
1. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
2. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
3. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
3. Keterampilan
a) Menulis
Syair Lagu Menggunakan Huruf Tegak Bersambung
Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Syair Lagu
Menggunakan Huruf Tegak Bersambung
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Penulisan
huruf
|
Seluruh syair
telah ditulis
sesuai bentuk
penulisan
huruf tegak
bersambung
yang benar
|
Terdapat 1-2
huruf yang
belum tepat
penulisannya
|
Lebih dari
2 huruf
belum tepat
penulisannya
|
Belum mampu
menulis tegak
bersambung
|
2.
|
Tampilan
|
Tulisan jelas,
rapi, dan
bersih
|
Tulisan jelas,
tetapi kurang
rapi atau bersih
|
Tulisan kurang
jelas
|
Tulisan tidak
bisa dibaca
|
b)
Membuat Laporan Kelompok
tentang Pemilihan Lagu di Kelas
Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Membuat Laporan Kelompok
tentang Pemilihan Lagu di Kelas
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kelengkapan
isi laporan
|
Isi laporan
lengkap
|
Terdapat 1
komponen yang
tidak tertulis
pada laporan
|
Terdapat 2-3
komponen yang
tidak tertulis
pada laporan
|
Lebih dari 3
komponen tidak
tertulis pada
laporan
|
2.
|
Tampilan
|
Tulisan jelas,
rapi, dan bersih
|
Tulisan jelas,
tetapi kurang
rapi atau bersih
|
Tulisan kurang
jelas
|
Tulisan tidak
bisa dibaca
|
Menyetujui, ..............,
......................20……..
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
....................................... ....................................................
NIP
: NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar