SEMAPHORE

SEMAPHORE
BELAJAR SEMAPHORE

Kamis, 02 Oktober 2014

RPP KELAS 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         :      ……………………………..
Kelas / Semester            :      II / 1(Satu)
Tema 1                            :      HIDUP RUKUN
Sub Tema 2                    :      Hidup Rukun Dengan Teman Bermain
Alokasi Waktu               :      1 X pertemuan (1 hari)
Pembelajaran                 :      4

A.         KOMPETENSI  INTI
1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.         KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Seni Budaya Dan Prakarya
3.2     Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.5     Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.
Indikator:
v  Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
v  Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.
Bahasa Indonesia
         3.5     Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
         4.5     Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
                   Indikator:
v  Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman.
v  Menemukan makna hidup rukun dalam kegiatan pemungutan suara untuk memilih pendapat terbanyak.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3.3     Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3     Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah
Indikator:
v  Mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran.
v  Menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah.
        
C.         TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Dengan memilih judul lagu dari daftar yang disediakan, siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak dengan percaya diri.
2.       Dengan menyanyikan lagu yang dipilih, siswa dapat menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis dengan percaya diri.
3.       Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan bahasa yang santun.
4.       Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan makna hidup rukun dalam pemungutan suara untuk memilih pendapat terbanyak dengan teliti.
5.       Dengan membaca isi laporan, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran dengan teliti.
6.       Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah dengan percaya diri.

D.         MATERI PEMBELAJARAN
1.       Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi
2.       Makna hidup rukun dalam kemajemukan teman di lingkungan sekitar
3.       Contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman di lingkungan sekitar

E.          METODE PEMBELAJARAN
         Pendekatan   :   Tematik
         Model               :           Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
Metode         :   PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)

F.          MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
v  Buku Siswa Tema 1 “Hidup Rukun“ Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
v  Buku Guru Tema 1 “Hidup Rukun“ Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
v  Gambar gerakan anak-anak menari berpasangan
v  Teks laporan kejadian pemilihan lagu

G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
a)       Pendahuluan
1.       Berbaris di depan kelas dan menyebutkan nomor urut dalam barisan
2.       Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
3.       Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
4.       Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa

b)       Kegiatan Inti
1.       Siswa mengamati berbagai judul lagu yang akan dinyanyikan dengan teliti (mengamati).
2.       Bertanya jawab tentang judul lagu yang terdapat dalam tabel (menanya).
1.       Siswa memilih judul lagu yang terdapat dalam tabel melalui suara terbanyak (menalar).
2.       Siswa membuat syair lagu pilihan terbanyak dengan tulisan tegak bersambung (mengkomunikasikan).
3.       Siswa menyanyikan lagu pilihannya dengan gerakan tepuk tangan (mencoba).
4.       Siswa mengamati gambar kegiatan menari secara berpasangan (mengamati).
5.       Siswa secara berpasangan menari dengan gerakan yang menarik ketika menyanyikan lagu pilihan (mencoba).
6.       Bertanya jawab tentang perasaan siswa setelah melakukan tarian secara berpasangan.
7.       Siswa menanggapi berbagai pernyataan teman yang disampaikan secara lisan (mengkomunikasikan).
1.       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi yang terdiri atas 3 sampai 5 orang siswa.
2.       Siswa menjawab pertanyaan pada bukunya secara berkelompok (menalar dan mengkomunikasikan).
3.       Guru perlu memberikan tata cara berdiskusi dengan bahasa yang santun.
4.       Guru membimbing siswa memperoleh simpulan hasil diskusi dengan cara membantu siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang didiskusikan.
5.       Guru mengarahkan siswa menjelaskan makna hidup rukun dengan bahasa yang santun (mengkomunikasikan).
6.       Guru selanjutnya mengarahkan siswa menemukan makna hidup rukun dalam pemungutan suara (menalar).
7.       Siswa membuat kesimpulan hasil diskusinya (mengkomunikasikan).
1.       Siswa membuat laporan hasil diskusi dengan petunjuk dan format yang dibimbing guru (mengkomunikasikan).
2.       Siswa melengkapi teks bacaan rumpang secara mendiri (mencoba).
3.       Setelah melengkapi teks bacaan, siswa membaca teks dengan bahasa yang santun.
4.       Siswa diarahkan menemukan makna yang terkandung berdasarkan teks yang dibaca (menalar).
5.       Siswa diarahkan menerima keberagaman teman berdasarkan makna dari teks yang dibaca.
6.       Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
7.       Siswa menyimpulkan pelajaran dengan bahasa sendiri.

c)       Kegiatan Penutup
1.       Guru memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
2.       Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada siswa
3.       Pelajaran ditutup dengan doa bersama

PENGAYAAN
1.       Guru menugaskan siswa mengembangkan berbagai gerakan tarian beradasarkan nyanyi dan gerakan sebelumnya.
2.       Guru menugaskan siswa menemukan berbagai contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman di lingkungan sekitar.
3.       Guru menugaskan siswa menemukan berbagai keberagaman teman di lingkungan sekitar.

REMEDIAL
1.       Guru membimbing kembali siswa menyanyikan lagu yang dipilih bagi yang belum dapat menyanyikannya dengan baik.
2.       Guru mengulas kembali materi tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman di lingkungan sekitar.
3.       Guru mengulas kembali materi tentang menemukan berbagai keberagaman teman di lingkungan sekitar bagi siswa yang belum dapat menemukan dengan baik.

Kegiatan Bersama Orang Tua
Anak bersama orang tua menyanyikan lagu yang syairnya dibuat oleh anak.

H.         PENILAIAN
1.   Sikap
No.
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M
1.










2.










3.










4.










5.










Keterangan :
BT :    Belum Terlihat (apabila siswa belum memperlihatkan tanda-tanda awal    perilaku).
T    :    Terlihat (apabila siswa sudah memperlihatkan perilaku dan mulai konsisten).
M   :    Menonjol (apabila siswa terus menerus memperlihatkan perilaku secara konsisten).
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai!

2.   Pengetahuan
Tes Tertulis : Skor
a)      Menjawab pertanyaan melalui diskusi kelompok tentang kerukunan
Kunci Jawaban
1.   Sedikit kecewa dan sedih
2.   Mengungkapkan rasa senang dengan sewajarnya dan memberi pengertian kepada
3.   Harus berlapang dada menerima kekalahan
4.   Rasa saling menghargai dan menghormati
5.   Disesuaikan dengan hasil diskusi

b)      Menjawab pertanyaan berdasarkan diskusi kelompok
Jumlah Soal : 5 Soal
Kunci Jawaban
1.   Disesuaikan dengan jawaban siswa.
2.   Disesuaikan dengan jawaban siswa.
3.   Disesuaikan dengan jawaban siswa.
4    Disesuaikan dengan jawaban siswa.
5.   Disesuaikan dengan jawaban siswa
c)       Melengkapi teks cerita rumpang
Jumlah Soal : 3 Soal
Kunci Jawaban
1.   Disesuaikan dengan jawaban siswa.
2.   Disesuaikan dengan jawaban siswa.
3.   Disesuaikan dengan jawaban siswa.

3.   Keterampilan
a)   Menulis Syair Lagu Menggunakan Huruf Tegak Bersambung
Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Syair Lagu Menggunakan Huruf Tegak Bersambung
No.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Penulisan
huruf

Seluruh syair
telah ditulis
sesuai bentuk
penulisan
huruf tegak
bersambung
yang benar

Terdapat 1-2
huruf yang
belum tepat
penulisannya

Lebih dari
2 huruf
belum tepat
penulisannya

Belum mampu
menulis tegak
bersambung

2.
Tampilan
Tulisan jelas,
rapi, dan bersih

Tulisan jelas,
tetapi kurang
rapi atau bersih

Tulisan kurang
jelas

Tulisan tidak
bisa dibaca



b)   Membuat Laporan Kelompok tentang Pemilihan Lagu di Kelas
Penilaian   : Unjuk Kerja
Rubrik Membuat Laporan Kelompok tentang Pemilihan Lagu di Kelas
No.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Kelengkapan
isi laporan

Isi laporan
lengkap

Terdapat 1
komponen yang
tidak tertulis
pada laporan

Terdapat 2-3
komponen yang
tidak tertulis
pada laporan
Lebih dari 3
komponen tidak
tertulis pada
laporan

2.
Tampilan
Tulisan jelas,
rapi, dan bersih
Tulisan jelas,
tetapi kurang
rapi atau bersih

Tulisan kurang
jelas

Tulisan tidak
bisa dibaca










Menyetujui,                                                                  .............., ......................20……..                                                                                       
  Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas II



  .......................................                                               ....................................................
  NIP :                                                                             NIP :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar